Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » » » » » Desa Oro Gading Bulukumba Punya Pasar Baru dan Objek Wisata Bukit Emas


Pedoman Karya 11:35 PM 0


PASAR DESA ORO GADING. Bupati Bulukumba, Muchtar Ali Yusuf, dan rombongan disambut secara adat dengan tarian tunggal A'ngaru, sebelum peresmian Pasar Desa Oro Gading, Kecamaan Kindang, Kabupaten Bulukumba, Selasa, 28 Desember 2021. (ist)
-------





------

Rabu, 29 Desember 2021

 

 

Desa Oro Gading Bulukumba Punya Pasar Baru dan Objek Wisata Bukit Emas

 

 

HM Nasir: Hari Pasar Setiap Rabu dan Sabtu

 

BULUKUMBA, (PEDOMAN KARYA). Warga Desa Oro Gading, Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba, boleh berbahagia dan berbangga karena mereka kini mempunya pasar baru yang diberi nama Pasar Oro Gading.

Selain pasar baru, Desa Oro Gading juga memiliki obyek wisata baru yang diberi nama Bukit Emas Pattoengan. Obyek wisata baru ini berupa wisata alam dengan pemandangan bukit dan air terjun, serta fasilitas kolam renang.

Pasar Desa Oro Gading yang terletak di Dusun Bajiminasa, diresmikan oleh Bupati Bulukumba, Muchtar Ali Yusuf, Selasa, 28 Desember 2021, dan dihadiri sejumlah pejabat serta ratusan warga setempat.

Pejabat yang hadir antara lain Anggota DPRD Bulukumba, M Asri Jaya, dan Kepala Dinas Penanaman Modal Daerah (PMD), Amry, Plt Camat Kindang, Nurdin, dan Kepala Desa Oro Gading, HM Nasir.

Sedangkan masyarakat yang hadir antara lain unsur organisasi pemuda, mahasiswa yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN), pendamping desa, maupun dari para kepala desa tetangga. Juga hadir sejumlah wartawan yang meliput acara tersebut.

Kepala Desa Oro Gading, HM Nasir, melaporkan, pembangunan Pasar Oro Gading menggunakan Dana Desa Oro Gading, dan dilaksanakan dalam tiga tahap.

Tahap pertama tahun 2018 untuk pengadaan lahan, tahap kedua tahun 2019 untuk penataan lokasi, dan tahap ketiga tahun 2021 untuk pembangunan kios. Tahun 2020 tidak ada pekerjaan karena anggarannya teralihkan untuk penanganan pandemic Covid-19.

“Pasar ini menghabiskan anggaran sebesar Rp469 juta, dengan jumlah kios permanen 24 unit, dan akan kita tambah kios semi permanen sebanyak 24 unit juga,” kata Nasir.

Untuk pelaksanaan operasional pasar, pihak Pemerintaan Desa telah berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Perindag) Bulukumba untuk meminta jadwal hari operasi pasar untuk Pasar Oro Gading. 

“Hasilnya telah ditetapkan hari Pasar Oro Gading dua kali seminggu yaitu hari Rabu dan Sabtu,” kata Nasir disambut tepuk tangan oleh warga yang hadir.

 

Obyek Wisata Bukit Emas Pattoengan

 

Setelah meresmikan Pasar Oro Gading, Bupati Muchtar Ali Yusuf, bersama para pejabat dan undangan, menyempatkan diri meninjau Obyek Wisata Bukit Emas Pattoengan.

Obyek wisaya tersebut dirintis secara swadaya oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Oro Gading, yang rata-rata anggotanya adalah para pemuda remaja Desa Oro Gading.

Obyek wisata yang diberi nama Bukit Emas Pattoengan tersebut berupa wisata alam dengan pemandangan bukit dan air terjun. Saat Bupati Bulukumba berkunjung, Pokdarwis sementara membangun fasilitas kolam renang di lokasi wisata tersebut. (dar)


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply