Unhas Sosialisasi Penerimaan Maba TA 2022/2023

SOSIALISASI PENERIMAAN MABA. Unhas Makassar menggelar Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Jalur Mandiri, pada 24 Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan, secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting, Senin dan Selasa, 17-18 Januari 2022.


 


-----

Rabu, 19 Januari 2022

 

 

Unhas Sosialisasi Penerimaan Maba TA 2022/2023

 

 

Muhammad Restu: Setiap Calon Pendaftar Harus Memiliki Akun LTMPT

Penerimaan Maba Lewat Jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Mandiri

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar menggelar Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Jalur Mandiri, pada 24 Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan, secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting, Senin dan Selasa, 17-18 Januari 2022.

Sosialisasi SNMPTN dan SBMPTN terbagi dalam beberapa sesi. Pada hari pertama, Senin, 17 Januari 2022, kegiatan sosialisasi diikuti oleh hampir 2.000 peserta dari 16 kabupaten dan kota se-Sulsel, yang terdiri atas kepala sekolah, guru, teknisi dan operator IT sekolah hingga siswa-siswa yang dipilih oleh masing-masing sekolah.

Pada hari kedua, Selasa, 18 Januari 2022, pelaksanaan sosialisasi diikuti peserta dari delapan kabupaten dan kota, terbagi menjadi dua sesi yakni sesi pagi dan sesi siang.

“Sosialisasi ini dimaksudkan untuk memastikan agar pihak sekolah dan siswa memahami proses pada masing-masing tahapan dan jalur masuk,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas, Prof Muhammad Restu.

Sebagaimana tahun sebelumnya, proses seleksi masuk perguruan tinggi diawali dengan pembuatan akun LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi).

“Setiap calon pendaftar, baik Jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Mandiri di Unhas, harus memiliki akun LTMPT ini,” kata Muhammad Restu.

Masa pembuatan akun LTMPT bagi siswa yang akan mengikuti SNMPTN adalah tanggal 10 Januari hingga 15 Februari 2022, sedangkan masa pembuatan akun LTMPT bagi siswa yang akan mengikuti SBMPTN adalah tanggal 14 Februari hingga 17 Maret 2022.

Bagi siswa yang akan mengikuti seleksi melalui Jalur Mandiri di Unhas, wajib mempunyai akun LTMPT ini, sebab siswa bersangkutan terlebih dahulu harus mengikuti SBMPTN atau mempunyai nilai UTBK.

“Lulusan SMA yang dapat mendaftar adalah lulusan tiga tahun terakhir, yaitu 2020, 2021, dan 2022,” rinci Restu.

Para calon pendaftar dan pihak sekolah juga diimbau agar selalu merujuk pada informasi resmi yang berasal dari LTMPT atau universitas negeri penyelenggara seleksi masuk.

“Kita ingin memastikan pihak-pihak yang terkait, terutama pihak sekolah dan siswa calon pendaftar, memahami prosesnya. Ini penting sehingga dapat meminimalkan kegagalan akibat ketidaktahuan proses, terutama pembuatan akun LTMPT. Mudah-mudahan tahun ini para calon pendaftar dimudahkan untuk melalui berbagai proses seleksi dan bisa menjadi bagian dari Unhas,” kata Restu. (kiya)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama