Pasukan Quraisy Kerahkan 3000 Orang untuk Perangi Rasulullah

Setelah semua persiapan matang, pasukan Quraisy pun berangkat. Mereka terdiri atas 3000 orang dengan 3000 unta. Sebanyak 200 di antaranya menunggang kuda dan 700 orang berbaju besi. Di barisan belakang para wanita Mekah dan budak-budak perempuan yang cantik berjalan mengiringi.
 





-------

PEDOMAN KARYA

Ahad, 13 Februari 2022

 

Kisah Nabi Muhammad SAW (92):

 

 

Pasukan Quraisy Kerahkan 3000 Orang untuk Perangi Rasulullah

 

 

Penulis: Abdul Hasan Ali Al-Hasani An-Nadwi

 

Kesedihan Umar

 

Setelah perang Badar, beberapa wanita menjadi janda karena suaminya gugur. Rasulullah ï·º berusaha meringankan beban para wanita itu dengan memberikan santunan dari hasil rampasan perang. Bagi wanita yang masih muda, Rasulullah ï·º berusaha menikahkan mereka dengan sahabat lain yang mampu.

Hafshah putri Umar Bin Khattab, adalah salah seorang wanita muda yang ditinggal suaminya yang telah syahid. Umar tentu sangat sedih memikirkan nasib putrinya. Maka, ia pun pergi menemui Utsman bin Affan dan bertanya apakah Utsman bersedia menikahi Hafshah?

“Maaf, saya sedang tidak bersedia untuk menikah lagi,” demikian jawab Utsman.

Umar kemudian mendatangi Abu Bakar dan bertanya apakah Abu Bakar bersedia menikahi Hafshah. Namun, Abu Bakar diam saja. Dengan sedih, Umar Bin Khattab menemui Rasulullah ï·º dan mengadukan nasib Hafshah serta penolakan kedua sahabatnya itu.

Rasulullah ï·º tersenyum menghibur, “Hafshah akan menikah dengan orang yang lebih baik dari pada Abu Bakar dan Utsman.”

Umar Bin Khattab menatap Rasulullah tidak mengerti. Siapakah yang lebih baik daripada Abu Bakar dan Utsman?

Ternyata, Rasulullah sendiri yang melamar Hafshah.

Subhanallah, saat itu juga, perasaan Umar Bin Khattab meluap dengan kegembiraan yang tidak terlukiskan. Di tengah perjalanan pulang, ia bertemu Abu Bakar dan menyampaikan berita gembira itu.

Abu Bakat berkata: “Memang, Rasulullah sudah pernah membicarakan hal itu kepadaku. Karena itu, aku tidak ingin membuka rahasianya. Andaikata saja beliau tidak meminang Hafshah, sudah tentu akulah yang akan memperistrinya.”

Setelah Hafshah menjadi istri Rasulullah ï·º, maka saat itu Ibu kaum muslimin pun menjadi tiga orang:

Saudah, Aisyah, dan Hafshah. Rasulullah ï·º menetap di tempat ketiganya secara bergantian.

Pada pagi hari, mereka semua berkumpul untuk mendengar nasihat Rasulullah ï·º. Pada Sore harinya, mereka kembali berkumpul dan menceritakan semua yang mereka alami hari itu. Hal demikian menambah indah suasana rumah Rasulullah ï·º.

Sejak saat itu Umar Bin Khattab dengan gencar menganjurkan para sahabat yang lain agar mau menikahi para janda syuhada.

 

Persiapan Perang Quraisy

 

Rasa geram dan gelisah terus menghantui perasaan orang-orang Quraisy di Mekah sejak kekalahan Badar. Akhirnya para pembesar mereka berkumpul di Darun Nadwah.

“Kafilah dagang yang tersisa lebih baik kita jual! Sebagian keuntungannya kita sisihkan untuk menyiapkan Angkatan Perang agar kita bisa memukul Muhammad!” demikianlah usul seorang pembesar.

Usul itu pun diterima dengan suara bulat. Rapat-rapat perang terus diadakan. Ada yang berpendapat supaya kaum wanita diajak ikut.

“Biar kaum wanita bertugas membakar kemarahan dan mengingatkan kepada korban-korban Badar. Kita adalah masyarakat yang sudah bertekad mati tidak akan pulang sebelum sempat melihat mangsa kita atau kita sendiri mati untuk itu!” kata yang lain.

“Saudara-saudara Quraisy,” demikian sahut yang lain, “melepaskan wanita-wanita kita ke hadapan musuh bukanlah suatu pendapat yang baik, Apabila kalian mengalami kekalahan wanita-wanita kita pun akan tertawan.”

Tiba-tiba Hindun bin Utbah Istri Abu Sufyan berteriak, “Kamu yang selamat dari Perang Badar bisa kembali bertemu istrimu, itu sebabnya kamu tidak berjuang mati-matian. Ya, kami kaum wanita akan berangkat dan ikut menyaksikan peperangan. Jangan ada orang yang menyerukan pulang seperti gadis-gadis kita dulu dalam perjalanan ke Badar. Mereka disuruh pulang ketika sudah sampai di Juhfah. Akibatnya orang-orang kesayangan kita terbunuh karena tidak ada orang yang dapat memberikan semangat kepada mereka!”

Demikianlah, akhirnya kaum wanita Quraisy diizinkan ikut dalam peperangan. Maka Hindun memanggil Wahsyi, seorang budak hitam dari Habasyah. Wahsyi terkenal sebagai pelempar tombak yang lihai.

“Kau akan kuberikan banyak harta jika berhasil membunuh Hamzah,” demikian kata Hindun.

Majikan Wahsyi Jubair bin Mut’im juga berkata, “Kau juga akan kubebaskan jika berhasil membunuh Hamzah. Pamanku telah dibunuh orang itu dalam Perang Badar.”

 

Pasukan Quraisy Berangkat

 

Setelah semua persiapan matang, pasukan Quraisy pun berangkat. Mereka terdiri atas 3000 orang dengan 3000 unta. Sebanyak 200 di antaranya menunggang kuda dan 700 orang berbaju besi. Di barisan belakang para wanita Mekah dan budak-budak perempuan yang cantik berjalan mengiringi.

Mereka memakai perhiasan-perhiasan indah dengan wewangian semerbak. Di tengah-tengah barisan wanita itu, berjalan Hindun binti Utbah, dialah yang memegang komando dari barisan wanita untuk menabuh rebana dan menyanyi.

“Kalian tidak boleh mendekati kami wahai kaum laki-laki,” teriak Hindun.

Sorot matanya memancarkan kobaran api, “Kami bersumpah bahwa kaum laki-laki tidak boleh mendekati kami sebelum mereka menumpas Muhammad dengan semua pasukannya, sehingga kami dapat pulang sambil menjinjing kepala Hamzah!” (bersambung)


-----

Kisah sebelumnya:

Abdullah bin Ubay Sebarkan Desas-desus Buruk Tentang Rasulullah

Pasukan Zain bin Kharitsah Sergap Kafilah Quraisy di Daerah Najad

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama