Aisyah Tertinggal dari Rombongan Pasukan, Abdullah Bin Ubay Sebarkan Fitnah

Pada saat aku sedang mencari-cari kalung, datanglah orang-orang yang bertugas melayani unta tungganganku. Mereka sudah siap segala-galanya, mereka menduga aku telah berada di dalam haudaj (rumah kecil yang terpasang di punggung unta), sebagaimana dalam perjalanan. Oleh sebab itu haudaj mereka angkat, kemudian diikatkan pada punggung unta. Mereka sama sekali tidak menduga bahwa aku tidak berada di dalam haudaj, karena itu mereka segera memegang tali kekang lalu mulai berangkat!


 

-------

PEDOMAN KARYA

Sabtu, 02 April 2022

 

Kisah Nabi Muhammad SAW (109):

 

 

Aisyah Tertinggal dari Rombongan Pasukan, Abdullah Bin Ubay Sebarkan Fitnah

 

 

Penulis: Abdul Hasan Ali Al-Hasani An-Nadwi

 

Sesampainya di Madinah, putra Abdullah bin Ubay yang juga bernama Abdullah, menemui Rasulullah ï·º.

“Ya, Rasulullah. Saya dengar tuan ingin membunuh ayahku. Jika benar tuan ingin melakukannya, perintahkanlah aku. Aku bersedia membawa kepalanya di hadapanmu. Demi Allah, tidak ada orang dari suku Khazraj yang dikenal lebih baik sikapnya kepada orangtuanya daripada aku. Aku takut engkau akan memerintahkan orang selain aku untuk membunuhnya, sehingga jiwaku tidak tahan melihat pembunuh ayahku berjalan di tengah masyarakat, lalu aku membunuhnya pula. Ini berarti aku membunuh seorang mukmin karena seorang kafir sehingga aku menjadi penghuni neraka,” kata Abdullah.

Akan tetapi, Rasulullah ï·º bersabda, “Bahkan kita akan bertindak lemah lembut dan berlaku baik kepadanya selama dia masih tinggal bersama kita.”

Justru setelah itu, sempitlah ruang gerak Abdullah bin Ubay. Setiap kali ia mengemukakan pendapat, seketika itu pula kaumnya menentang dan mengencamnya.

Melihat keadaan itu, Rasulullah ï·º bertanya sambil tersenyum kepada Umar bin Khattab, “Bagaimana pandanganmu sekarang, wahai Umar? Demi Allah, seandainya engkau membunuhnya pada hari kau katakan kepadaku, 'Bunuhlah dia', niscaya orang-orang akan ribut. Namun, seandainya aku perintahkan kamu untuk membunuhnya sekarang, apakah kamu akan membunuhnya juga?” 

Rasulullah ï·º bertanya demikian karena saat itu lidah bercabang Abdullah bin Ubay sudah habis kekuatannya. Tidak usah dibunuh pun ia sudah sama sekali tidak berdaya.

Umar Bin Khattab pun mengakui pandangan jauh Rasulullah ï·º, “Demi Allah, aku telah mengetahui bahwa keputusan Rasulullah ï·º lebih besar berkahnya daripada pendapatku.”

 

Bunda Aisyah Kehilangan Kalung

 

Dalam perjalanan pulang ke Madinah setelah melawan Bani Musthaliq inilah, terjadi suatu peristiwa yang mengganggu ketentraman hati Rasulullah ï·º. Kejadian ini mengenai istri Rasulullah ï·º yang ikut dalam peperangan kali ini, yaitu Aisyah.

 

Penuturan Aisyah

 

“Kejadian ini, setelah selesai peperangan, Rasulullah ï·º bergegas pulang dan memerintahkan orang-orang agar segera berangkat pada malam hari. Pada saat semua orang sedang berkemas-kemas hendak berangkat aku keluar untuk membuang hajat, kemudian aku kembali hendak bergabung dengan rombongan. Pada saat itu kuraba raba  kalung di leherku, ternyata sudah tak ada lagi. Kemudian aku kembali lagi ke tempat aku mau buang hajat tadi, untuk mencari-cari kalung hingga dapat kutemukan kembali.

Pada saat aku sedang mencari-cari kalung, datanglah orang-orang yang bertugas melayani unta tungganganku. Mereka sudah siap segala-galanya, mereka menduga aku telah berada di dalam haudaj (rumah kecil yang terpasang di punggung unta), sebagaimana dalam perjalanan.

Oleh sebab itu haudaj mereka angkat, kemudian diikatkan pada punggung unta. Mereka sama sekali tidak menduga bahwa aku tidak berada di dalam haudaj, karena itu mereka segera memegang tali kekang lalu mulai berangkat!

Ketika aku kembali ke tempat perkemahan tidak kujumpai seorang pun yang masih tinggal. Semua telah berangkat.

Dengan berselimutkan jilbab, aku berbaring di tempat itu. Aku berpikir pada saat mereka mencari-cari aku tentu mereka akan kembali ke tempatku.

Demi Allah pada saat aku sedang berbaring tiba-tiba Shafwan bin Mu'atthal lewat. Agaknya ia bertugas di belakang pasukan. Dari kejauhan, ia melihat bayang-bayangku. Ia mendekat lalu berdiri di depanku. Ia sudah melihat dan mengenalku sebelum kaum wanita dikenakan wajib berhijab.

Ketika melihatku, Ia berucap, Innalillahi wa innailaihi raji’un! Istri Rasulullah? Aku pun terbangun oleh ucapannya itu. Aku tetap menutup diriku dengan jilbabku.

“Demi Allah, saya tidak mengucapkan satu kalimat pun dan aku tidak mendengar ucapan darinya kecuali ucapan innalillahi wa innailaihi raji’un itu. Kemudian dia merendahkan untanya lalu aku menaiki unta itu ia berangkat menuntun unta kendaraan yang aku naiki sampai kami tiba di Nahri Adh Dhahirah tempat pasukan turun beristirahat.”

Di sinilah mulai tersiar fitnah tentang diriku. Fitnah ini bersumber dari mulut Abdullah bin Ubay bin Salul.”

 

Aisyah Jatuh Sakit

 

“Lihat, mengapa istri Rasulullah shallallahu alaihi wasallam berjalan bersama orang yang bukan muhrimnya? Mungkinkah mereka ternyata saling menyukai? ” seru Abdullah bin Ubay.

Beberapa orang muslim termakan oleh hasutan ini, sehingga berita bohong itu tersiar dengan cepat. Kali ini, bukan saja oleh Abdullah bin Ubay, tetapi juga diperkuat oleh orang-orang lain. Aisyah sendiri tidak mengetahui adanya berita bohong itu karena beliau jatuh sakit begitu tiba di Madinah.

Aisyah menuturkan, “Setibanya di Madinah, kesehatanku terganggu selama sebulan. Saat itu rupanya orang-orang sudah banyak mendesas-desuskan berita bohong itu, sedangkan aku belum mendengar sesuatu mengenainya. Hanya saja, aku tidak melihat kelembutan dari Rasulullah ï·º yang biasa kurasakan ketika aku sakit. Beliau hanya masuk lalu mengucapkan salam dan bertanya, Bagaimana keadaanmu?

Setelah agak sehat, aku keluar pada suatu malam bersama ummy Masthah untuk membuang hajat. Waktu itu kami belum membuat kakus. Pada saat kami pulang tiba-tiba kaki ummu Masthah terantuk hingga kesakitan dan terlontar ucapan dari mulutnya, Celaka si Masthah!

Ia pun ku tegur, Alangkah buruknya ucapanmu itu mengenai seseorang dari kaum Muhajirin yang turut serta dalam Perang Badar!

Ummu Masthah bertanya, Apakah Anda tidak mendengar apa yang dikatakannya?

Ia kemudian menceritakan kepadaku berita bohong yang tersiar sehingga sakitku bertambah parah. Malam itu aku menangis hingga pagi. Air mataku terus menetes dan aku tak dapat tidur.”

Rasulullah ï·º meminta pendapat para sahabatnya tentang Aisyah.

“Wahai Rasulullah, para istrimu adalah keluargamu, kami tidak mengetahui tentang mereka kecuali kebaikan,” jawab para sahabat.

Rasulullah ï·º memanggil Bariroh, pelayan perempuan bunda Aisyah. Rasulullah ï·º Alaihi Wasallam bertanya, “Apakah kamu melihat sesuatu yang mencurigakan dari Aisyah?”

Barirah berkata, bahwa ia tidak mengetahui Aisyah kecuali bahwa Aisyah adalah orang yang sangat baik, akhirnya Rasulullah ï·º berdiri di atas mimbar. (bersambung)


-----

Kisah sebelumnya:

Hujan Panah Pasukan Muslim Membuat Pasukan Quraisy Kocar-kacir

Allah Turunkan Rasa Takut, Pasukan Ghatafan Lari Pontang-panting

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama