Dilanda Angin Topan, Pasukan Quraisy Tinggalkan Arena Perang Ahzab

Abu Sufyan berkata, “Wahai orang-orang Quraisy! Demi Allah, sesungguhnya kalian tidak tinggal di tempat yang layak. Kuda unta dan ternak kita banyak yang mati. Bani Quraizhah telah mengkhianati janjinya kepada kita. Badai ini membuat peralatan dapur kita kocar-kacir, tidak dapat menyalakan api, dan tidak satu tenda pun yang berdiri tegak. Oleh karena itu, pulanglah kalian. Aku sendiri juga akan pulang.”
 


------

PEDOMAN KARYA

Jumat, 22 April 2022

 

Kisah Nabi Muhammad SAW (116):

 

 

Dilanda Angin Topan, Pasukan Quraisy Tinggalkan Arena Perang Ahzab

 

 

Penulis: Abdul Hasan Ali Al-Hasani An-Nadwi

 

Angin Topan

 

Selama Perang Ahzab yang mencekam itu, tak henti-hentinya Rasulullah ﷺ berdo’a siang dan malam merendahkan diri kepada Allah memohon agar pasukan Ahzab dikalahkan dan diguncangkan.

Pada suatu malam, angin topan mengamuk melanda Madinah dan sekitarnya. Kaum muslimin segera berlindung di balik pagar pertahanan. Rasa dingin begitu menusuk tulang.

Pada saat itu, Rasulullah ﷺ berseru mengalahkan deru angin, “Adakah orang yang bersedia mencari berita musuh dan melaporkannya kepadaku, mudah-mudahan Allah menjadikannya bersamaku pada hari kiamat!”

Semua sahabat terdiam. Rasulullah ﷺ mengulangi seruannya sampai tiga kali, namun semua sahabat dicekam dahsyatnya topan.

Rasulullah ﷺ pun berseru, “Bangkitlah wahai Hudzaifah, carilah berita dan laporkan kepadaku!”

Hudzaifah bangkit dan mendengarkan pesan Rasulullah ﷺ, “Berangkatlah mencari berita musuh dan janganlah engkau melakukan tindakan apa pun.”

Hudzaifah berangkat dengan membawa panah. Ia berjalan dengan susah payah melawan angin.

Hudzaifah menuturkan sendiri pengalamannya, “Aku berjalan seperti orang yang sedang dicengkeram kematian, hingga tiba di markas musuh.

Kulihat Abu Sufyan sedang menghangatkan punggungnya di perapian. Aku segera memasang anak panah pada busurku, namun aku teringat pesan Rasulullah ﷺ, ‘Janganlah engkau melakukan tindakan apapun!’ Kalau aku panah pasti akan kena pahanya. 

Pada saat itu, angin dan tentara Allah sudah mengobrak-abrik musuh, menerbangkan kuali, memadamkan api, dan menumbangkan perkemahan.

Abu Sufyan bangkit dan berkata, “Wahai kaum Quraisy, setiap orang hendaknya melihat siapa teman duduknya.”

Aku segera memegang tangan orang yang berada di sampingku lalu bertanya, “Siapakah Anda?” Dia menjawab, “Fulan bin Fulan”

Selanjutnya Abu Sufyan berkata, “Wahai orang-orang Quraisy! Demi Allah, sesungguhnya kalian tidak tinggal di tempat yang layak. Kuda unta dan ternak kita banyak yang mati. Bani Quraizhah telah mengkhianati janjinya kepada kita. Badai ini membuat peralatan dapur kita kocar-kacir, tidak dapat menyalakan api, dan tidak satu tenda pun yang berdiri tegak. Oleh karena itu, pulanglah kalian. Aku sendiri juga akan pulang.”

 

Bergerak ke Bani Quraizhah

 

Hudzaifah pulang dengan bersusah payah dan melaporkan apa yang dilihatnya kepada Rasulullah ﷺ. Beliau menyelimuti Hudzaifah dengan kain yang biasa digunakan untuk shalat. Hudzaifah pun tertidur sampai pagi.

Kemudian, sambil bergurau. Rasulullah ﷺ membangunkan Hudzaifah, “Bangun, wahai tukang tidur!”

Kaum muslimin memandang tempat yang baru saja beberapa jam lalu dipenuhi ribuan musuh bersenjata lengkap itu, kini kosong, kecuali serpihan tenda dan peralatan lain yang berserakan di sana-sini. Berakhirlah Perang Khandaq pada tahun kelima Hijriah.

Ketika semuanya telah terpana. Rasulullah ﷺ bersabda, “Segala puji bagi Allah. Dialah yang telah menolong hamba-Nya dan memberi kekuatan kepada tentara-Nya. Dialah yang mengalahkan pasukan Ahzab dengan dirinya sendiri. Orang-orang Quraisy, tidak akan pernah lagi menyerang ke sini. Sebaliknya, kita yang akan memerangi mereka. Kalian yang akan memasuki Mekah, lalu menghancurkan patung-patung berhalannya.”

Kaum muslimin bertakbir. Mereka kembali ke rumah masing-masing dengan diliputi rasa syukur dan bangga dengan kemenangan ini. Mereka telah melewati cobaan yang teramat berat. Sejak saat itu mereka yakin dakwah mereka akan menjadi ajaran baru yang dihormati dan ditunggu-tunggu kedatangannya.

Namun masih ada persoalan yang menggantung dengan Bani Quraizhah. Rasulullah ﷺ memerintahkan kaum muslimin melakukan shalat Ashar di depan perkampungan Bani Quraizhah. Dengan ketaatan yang mengagumkan, kaum muslimin yang sudah sangat lelah dalam Perang Ahzab itu mengikuti perintah tersebut.

Rasulullah ﷺ memberikan bendera kepada Ali bin Abi Thalib, namun, begitu Ali tiba di depan benteng Bani Quraizhah, ia mendengar orang-orang Yahudi mencaci-maki Nabi Muhammad ﷺ dan hendak mencemarkan nama istri-istri beliau.

Rasulullah ﷺ segera menampakkan diri dan mendadak semua cacian itu berhenti.

“Wahai golongan kera, Allah sudah menghinakan kamu, bukan? Allah sudah menurunkan murka-Nya kepada kamu sekalian bukan?” demikian seru Rasulullah ﷺ.

Kaum muslimin mengepung Bani Quraizhah selama 25 hari terus menerus. (bersambung)


-----

Kisah sebelumnya:

Nu’aim bin Mas’ud Pecah Belah Pasukan Quraisy dan Pasukan Bani Quraizhah 

Pasukan Kafir Quraisy Putus Asa Hadapi Pasukan Muslim

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama