Empat SD di Makassar Raih Adiwiyata

Empat Sekolah Dasar (SD) di Kota Makassar berhasil meraih Piala Adiwiyata Mandiri dan Piagam Adiwiyata Nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI yakni SDN Unggulan Mongisidi I, SDI Antang I, SDI Perumnas Antang III, dan SDN Borong.

Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Kepala Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup (DPLH) Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Hasbi, di Gedung Bappelitbangda Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis, 31 Maret 2022.

 

-----

Senin, 04 April 2022

 

 

Empat SD di Makassar Raih Adiwiyata

 

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Empat Sekolah Dasar (SD) di Kota Makassar berhasil meraih Piala Adiwiyata Mandiri dan Piagam Adiwiyata Nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

Keempat sekolah tersebut yaitu SDN Unggulan Mongisidi I dan SDI Antang I yang meraih titel sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri, serta SDI Perumnas Antang III dan SDN Borong sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional.

Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Kepala Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup (DPLH) Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Hasbi, di Gedung Bappelitbangda Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis, 31 Maret 2022.

Penghargaan diterima langsung masing-masing kepala sekolah dan Ketua Tim Adiwiyata, yang didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, H. Muhyiddin, SE, MM.

SDN Unggulan Mongisidi I diwakili oleh Dra Hj Ajawati, yang menjabat sebagai kepala sekolah saat data penilaian dimasukkan. Dia ditemani Ketua Tim Adiwiyata, Baso Darmawan, S.Pd.

Piagam Adiwiyata Mandiri lainnya diserahkan kepada Hj Rosmiati SPd MPd, Kepala SDI Antang I, dan Ketua Tim Adiwiyata, Sahidal Saharuddin SPdGr.

Piagam Adiwiyata Nasional diberikan kepada Kepala SDI Perumnas Antang III, Andi Asriani SPd MPd, dan Ketua Tim Adiwiyata, Erit Trianto SPd, Kepala SDN Borong, Dra Hj Hendriati Sabir MPd, dan Ketua Tim Adiwiyata, Rosmiati SPdI.

“Berkat kerja sama seluruh elemen sekolah, alhamdulillah membuahkan hasil,” ujar Hj Ajawati, di sela-sela sesi foto bersama.

Secara pribadi, dia mengaku senang karena memiliki rekor dua kali mampu meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri. Pertama di tahun 2013, saat masih menjadi Kepala SDI Manccini Baru, dan yang kedua di tahun 2021 bersama SDN Unggulan Mongisidi I.

Ungkapan penuh syukur juga disampaikan Hj Rosmiati. Sebagai peraih Adiwiyata Mandiri, dia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah berkontribusi sehingga SDI Antang I bisa mencetak prestasi.

Untuk itu, dia persembahkan penghargaan yang diterima kepada semua pihak, yang sudah membawa nama baik sekolah dan kota Makassar ke tingkat Kementerian.

“Semoga kerja ini kita rawat terus untuk menjadikannya sebagai perilaku ramah lingkungan demi menjaga bumi kita,” harap Bu Ros, sapaan akrab Rosmiati.

Kepala SDN Borong dan SDI Perumnas Antang III, optimis dapat mengikuti jejak dua sekolah yang baru saja meraih Adiwiyata Mandiri. Hj Hendriati Sabir, mengatakan bahwa sekolahnya terus termotivasi untuk mengukir prestasi dalam hal yang positif.

Begitupun dengan Andi Asriani, yang dengan semangat bergelora menyatakan bahwa pada masa yang akan datang sekolahnya mampu meraih Adiwiyata Mandiri seperti SDN Unggulan Mongisidi I dan SDI Antang I.

“Semoga dengan bantuan kepsek lain, kami berdua dengan SDN Borong akan menjadi sekolah Adiwiyata Mandiri di 2023,” kata Andi Asriani.

Selepas prosesi pemberian penghargaan, Piala Adiwiyata Mandiri dijadikan sebagai objek foto oleh sekolah lain yang hadir dalam acara itu.

Piala Adiwiyata Mandiri dan Piagam Adiwiyata Nasional tentu menjadi kebanggaan bagi Dinas Pendidikan Kota Makassar, dan Kota Makassar pada umumnya. Karena kembali mampu mengirim utusan menjadi peraih titel tertinggi pada program ini. Hal ini bisa menjadi modal dalam penilaian Adipura bagi Kota Makassar.

Secara keseluruhan, Sulawesi Selatan menempatkan 14 sekolah sebagai peraih Adiwiyata di tahun 2021. Rinciannya, 12 sekolah Adiwiyata Nasional dan dua sekolah Adiwiyata Mandiri.

Penghargaan sekolah Adiwiyata Nasional dan Mandiri itu telah diberikan secara virtual kepada seluruh sekolah se-Indonesia, yang dihadiri Menteri KLHK RI, Siti Nurbaya Bakar, pada 24 Desember 2021 lalu. (rt)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama