Takalar Juara Umum III MTQ Sulsel 2022

JUARA UMUM III. Bupati Takalar Syamsari Kitta (duduk, keempat dari kanan) bersama istri Dr Irma Andriani (duduk, keempat dari kiri) foto bersama anggota kafilah MTQ Takalar yang berhasil meraih juara, seusai acara penutupan MTQ, di Stadion Lapatau, Kabupaten Bone. Kamis malam, 30 Juni 2022. (ist)



---- 

Jumat, 01 Juli 2022

 

 

Takalar Juara Umum III MTQ Sulsel 2022

 

 

BONE, (PEDOMAN KARYA). Kafilah Kabupaten Takalar berhasil menjadi juara umum ketiga dalam perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXXII Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, di Bone, 24-30 Juni 2022.

Juara Umum I MTQ ditempati tuan rumah Kabupaten Bone, sedangkan Juara Umum II diraih Kafilah Kota Makassar.

Piala Juara Umum III yang diterima langsung oleh Bupati Takalar Syamsari Kitta yang didampingi Kepala Kantor Kemenag Takalar Muhammad, dan Sekda Takalar Muhammad Hasbi, pada acara penutupan MTQ, di Stadion Lapatau, Kabupaten Bone. Kamis malam, 30 Juni 2022.

“Saya mengapresiasi kafilah yang telah mengantar Takalar masuk menjadi tiga besar melalui perolehan medali yang signifikan. Ini perolehan tertinggi sejak Takalar berdiri. Kita berdoa semoga tahun-tahun mendatang Takalar mendapatkan posisi yang lebih tinggi dari raihan saat ini,” kata Syamsari kepada wartawan seusai penerimaan piala dan hadiah kepada para juara.

Syamsari juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung perolehan ini, baik eksekutif, legislatif, unsur Forkopimda, Kemenag Takalar, Ormas dan seluruh komponen masyarakat Takalar.

“Terkhusus kepada pelatih, pendamping dan seluruh peserta lomba yang telah mengharumkan nama Takalar, semoga Allah SWT membalas semua jerih payah dengan pahala berlipat ganda, amin,” kata Syamsari.

Ketua LPTQ sekaligus Sekda Takalar Muhammad Hasbi menjelaskan, kafilah yang diikutkan dalam MTQ Sulsel tahun ini telah lama dipersiapkan untuk mengikuti lomba.

“Mereka didominasi oleh putra putri lokal. Adapun beberapa warga luar yang kebetulan mondok di pesantren Takalar juga kita ikutkan berlomba. Mereka dikarantina dan dilatih khusus oleh pelatih profesional,” ungkap Hasbi yang juga merupakan Ketua Kontingen MTQ Kabupaten Takalar.

Cabang lomba yang berhasil dimenangkan oleh peserta yang mewakili kabupaten Takalar yakni, Tartil, hafalan 1 juz putra, 10 juz putri, tafsir inggris, 30 juz putra, dan MSQ putra.

Untuk diketahui, Kabupaten Takalar mengirim 45 kafilah untuk bertanding pada sejumlah cabang lomba. Sebelas peserta berhasil lolos masuk dalam final, yakni cabang lomba Tartil Putra, tafsir bahasa Indonesia Putri, Tafsir bahasa Inggris putri, Tafsir Inggris Putra, hafalan 10 juz putri, Qoriah Remaja putri, hafalan 1 juz putra, MSQ putra, hafalan 20 juz putra, hafalan 30 juz putra, dan Khat Dekorasi Putri.

Prestasi ini menambah deretan penghargaan Kabupaten Takalar dalam ajang MTQ tingkat provinsi maupun STQH, antara lain Juara 1 Qoriah dewasa tahun 1999 di Kabupaten Majene, Juara 2 Hifdzil 20 juz STQH tahun 2017 di Pare-Pare, serta Juara 3 Hifdzil 5 juz dan tilawah MTQ tingkat provinsi di Kabupaten Sidrap tahun 2020. (Hasdar Sikki)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama