Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » Kabar Gembira kepada Mereka yang Beriman dan Berbuat Baik


Pedoman Karya 6:34 AM 0


Wa basysyirillażīna āmanụ wa 'amiluṣ-ṣāliḥāti anna lahum jannātin tajrī min taḥtihal-an-hār, kullamā ruziqụ min-hā min ṡamaratir rizqang qālụ hāżallażī ruziqnā ming qablu wa utụ bihī mutasyābihā, wa lahum fīhā azwājum muṭahharatuw wa hum fīhā khālidụn

Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezeki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan: “Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu”. Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada isteri-isteri yang suci dan mereka kekal di dalamnya. (QS 2 / Al-Baqarah, Ayat 25)



-----

PEDOMAN KARYA

Senin, 15 Agustus 2022

 

 

Surah Al-Baqarah, Ayat 25:

 

 

Kabar Gembira kepada Mereka yang Beriman dan Berbuat Baik

 

 

Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya.

Setiap mereka diberi rezeki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan: “Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu.”

Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada isteri-isteri yang suci dan mereka kekal di dalamnya. (QS 2 / Al-Baqarah, Ayat 25)


----

Tafsir Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

 

25. وَبَشِّرِ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا (Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman)

Makna dari (التبشير) adalah memberi kabar gembira yang menjadikan wajah orang yang diberi kabar terlihat berseri-seri.

 

الصّٰلِحٰتِ (amalan-amalan kebaikan)

Yakni amal-amal yang diwajibkan dan disunnahkan kepada mereka yang dikerjakan secara istiqamah. Dan surga dapat diraih dengan keimanan dan amal shaleh.

 

جَنّٰتٍ (surga-surga)

Yakni taman-taman. Dan (الجنة) merupakan nama dari tempat pembalasan (orang-orang mukmin) yang terdiri atas taman-taman yang banyak.

 

تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُ (yang mengalir sungai-sungai di dalamnya)

Yakni mengalir dibawah pohon-pohon surga dan istana-istana.

 

كُلَّمَا رُزِقُوْا مِنْهَا مِنْ ثَمَرَةٍ (Setiap mereka diberi rezeki buah-buahan)

Yakni salah satu jenis buah dari berbagai jenisnya.

 

قَالُوْا هٰذَا الَّذِيْ رُزِقْنَا مِنْ قَبْلُ (mereka mengatakan: “Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu”)

Yakni buah ini mirip dengan buah yang sebelumnya mereka makan, dengan warna yang sama namun ukuran, rasa, dan aromanya berbeda. Sehingga ketika mereka memakannya mereka mendapati rasa buah ini berbeda dari buah sebelumnya.

 

مُتَشَابِهًا (yang serupa)

Yakni serupa dari sisi kualitas yang tidak ada kekurangannya.

 

وَلَهُمْ فِيْهَآ اَزْوَاجٌ مُّطَهَّرَةٌ (dan untuk mereka di dalamnya ada isteri-isteri yang suci)

Maksud dari istri-istri yang suci adalah mereka tidak mengalami yang biasa dialami para wanita seperti haid, nifas, dan kotoran yang lain.

Sedangkan maksud dari kekal adalah kekekalan abadi yang terputus.

 

----

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

 

Wahai Muhammad! Kabarkanlah berita gembira kepada orang-orang mukmin yang melakukan amal shalih yang diwajibkan dan hal-hal yang diperintahkan atas mereka dengan kebun-kebun hijau yang di bawah pohon-pohon dan rumah-rumahnya mengalir sungai-sungai. Setiap kali, mereka diberi rejeki buah-buahan yang masak mereka berkata: “Ini serupa dengan rejeki (kami) di dunia dalam kualitas dan kebaikannya. Bagi mereka, rejeki tersebut telah mereka terima sebelumnya dan saling menyerupai satu sama lain dalam warna, ukuran, bentuk, rasa dan baunya. Akan tetapi ketika memakannya, mereka menyadari bahwa rasa buah itu berbeda dengan buah sebelumnya. Dan bagi mereka di dalam surga ada istri-istri yang disucikan dari semua kotoran hati dan moral seperti sesuatu yang keji. Dan mereka bermukim dalam kenikmatan abadi yang tidak ada batasnya

Referensi : https://www.tafsirweb.com/277-surat-al-baqarah-ayat-25.html


----

Ayat sebelumnya:

Kamu Pasti Tidak Akan Dapat Membuatnya

Buatlah Satu Surah Yang Sepertinya

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply