Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » Buatlah Satu Surah Yang Sepertinya


Pedoman Karya 5:52 PM 0

Wa ing kuntum fī raibim mimmā nazzalnā 'alā 'abdinā fa`tụ bisụratim mim miṡlihī wad'ụ syuhadā`akum min dụnillāhi ing kuntum ṣādiqīn

Dan jika kalian (tetap) dalam keraguan tentang apa yang Kami turunkan (Al-Qur'an) kepada hamba Kami (Muhammad), maka datangkanlah/buatlah satu surah yang sepertinya dan ajaklah penolong-penolong kalian selain Allah, jika kalian orang-orang yang benar. (QS 2 / Al-Baqarah, ayat 23)
 



-----

PEDOMAN KARYA

Rabu, 10 Agustus 2022

 

 

Surah Al-Baqarah, Ayat 23:

 

 

Buatlah Satu Surah Yang Sepertinya

 

 

Dan jika kalian (tetap) dalam keraguan tentang apa yang Kami turunkan (Al-Qur'an) kepada hamba Kami (Muhammad), maka datangkanlah/buatlah satu surah yang sepertinya dan ajaklah penolong-penolong kalian selain Allah, jika kalian orang-orang yang benar. (QS 2 / Al-Baqarah, ayat 23) 


----- 

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

 

Dan jika kalian -wahai orang-orang kafir yang membangkang- masih dalam keraguan terhadap Alquran yang telah kami turunkan kepada hamba kami Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam dan kalian beranggapan ia bukan dari sisi Allah, maka datangkanlah satu surat yang menyerupai satu surat al-quran dan Mintalah bantuan kepada siapa saja yang dapat kalian jumpai dari para penolong kalian, jika kalian benar dalam  klaim kalian.

 

-----

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

 

23. Dan jika kalian –wahai manusia- meragukan kebenaran Al-Qur`ān yang diturunkan kepada hamba Kami, Muhammad -ṣallallāhu 'alaihi wa sallam-, maka Kami menantang kalian untuk menandinginya dengan cara membuat satu surah saja yang mirip dengannya, meskipun hanya menandingi surah yang terpendek dari Al-Qur`ān. Silakan kalian panggil bala bantuan yang bisa menolong (dalam membuat surah itu) jika tuduhan kalian itu benar.

 

-----

Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

 

23. Kemudian Allah menekankan masalah pengesaan-Nya dalam peribadatan dengan menujukan firman-Nya bagi orang-orang musyrik Makkah yang mendustakan Rasulullah, Allah menantang mereka yang diantara mereka adalah orang-orang yang fasih dan ahli dalam bahasa arab karena mereka meragukan kebenaran Rasulullah dalam hal al-Qur'an yang diturunkan kepadanya. Hendaklah mereka buat semisal al-Qur'an meski hanya satu surat, dan hendaklah mereka meminta tolong tuhan-tuhan selain Allah yang mereka klaim untuk melakukan itu jika mereka benar-benar dalam kebenaran. Dan itu mustahil mereka lakukan karena Allah mengetahui hasilnya bahwa mereka tidak akan berhasil melakukannya meskipun telah mengerahkan segala usaha dan kemampuan mereka.

Kemudian Allah memperingatkan mereka dari balasab atas kejahatan besar mereka berupa neraka yang terbentuk dari batu dan potongan daging dan lemak orang-orang kafir yang mengalirkan minyak, apinya akan dinyalakan dan mengeluarkan asap yang mengepul.


-----

Referensi : https://www.tafsirweb.com/261-surat-al-baqarah-ayat-23.html


-----

Ayat sebelumnya:

Janganlah Mengadakan Sekutu-sekutu Bagi Allah

Sembahlah Tuhan-mu Yang Menciptakanmu 


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply