Allah Menerima Taubat Adam

Fa talaqqaa aadamu mir rabbihii kalimaatin fa taaba 'alaīh, innahụ huwat-tawwaabur-raḥiim

 

Kemudian Adam menerima beberapa kalimat dari Tuhannya, maka Allah menerima taubatnya. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang. (Surah Al-Baqarah, Ayat 37)

 

 


-----

PEDOMAN KARYA

Ahad, 04 September 2022

 

Surah Al-Baqarah, Ayat 37:

 

 

Allah Menerima Taubat Adam

 

 

Kemudian Adam menerima beberapa kalimat dari Tuhannya, maka Allah menerima taubatnya. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang. (Surah Al-Baqarah, Ayat 37)

 

----- 

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

 

Kemudian Adam menerima beberapa kalimat yang diilhamkan Allah kepadanya untuk bertaubat dan memohon ampunan kepada Nya, yaitu firman Allah :

 

قَالَا رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

 

"Keduanya berkata: "Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi." [QS Al-A'raaf ayat 23]

Maka Allah menerima Taubat Adam dan mengampuni dosanya. dan sesungguhnya Dia Maha Penerima Taubat orang yang bertobat dari para hamba-Nya lagi maha penyayang kepada mereka.


----- 

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

 

Lalu Allah mengilhamkan kepada Adam kalimat yang dia ucapkan yaitu (Rabbana Zhalamna Anfusana Wa In Lam Taghfir Lana Wa Tarhamna Lanakunanna Minal Khasirin){Ya Tuhan Kami, Kami telah menzhalimi diri kami sendiri, bila engka tidak mengampuni kami, tidak mengasihi kami, sungguh kami termasuk orang-orang yang merugi} [QS Al-A’raf/23] Kemudian Allah menerima taubatnya. Maha Suci Allah, Dzat yang Maha menerima taubat dan Maha mengasihi hamba-hambanya yang bertaubat.


----- 

Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

 

Makna kata :

فَتَلَقَّىٰٓ ءَادَمُ Fa talaqqo Adam : Adam ‘alaihissalam mengambil apa yang Allah berikan berupa kalimat-kalimat taubat.

كَلِمَٰتٖ Kalimaatin : Yang dimaksud dengan kalimat-kalimat taubat di sini adalah firman Allah Ta’ala

فَتَابَ عَلَيۡهِۚ Fa taaba ‘alaihi : Allah memberikan taufikNya kepada Adam untuk bertaubat, maka kemudian dia bertaubat dan Allah menerima taubatnya. Karena Allah Ta’ala Maha menerima taubat lagi Maha penyayang.

Makna ayat :

Pada ayat 37 Allah Ta’ala mengabarkan bahwa Adam menerima beberapa kalimat taubat dari Rabbnya, yaitu firman Allah;

“Ya tuhan kami, kami telah mendzalimi diri-diri kami, jika engkau tidak mengampuni dosa kami dan merahmati kami niscaya kami termasuk orang-orang yang merugi.”

Maka Adam dan Hawa mengucapkan kalimat taubat itu dan Allah Ta’ala mengampuni mereka, karena Allah yang Maha menerima taubat lagi Maha Penyayang.

Pelajaran dari ayat :

Kewajiban untuk bertaubat dari dosa-dosa, dengan cara memohon ampunan setelah mengakui perbuatan dosa dan meninggalkannya, serta menyesal karena telah melakukan perbuatan dosa itu.

Referensi : https://www.tafsirweb.com/304-surat-al-baqarah-ayat-37.html


-----

Ayat sebelumnya:

Adam dan Hawa Dikeluarkan dari Surga

Diamilah Surga Ini, Janganlah Kamu Dekati Pohon Ini

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama