Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » Mereka Yakin Akan Menemui Tuhan-nya


Pedoman Karya 6:00 AM 0

Allażīna yaẓunnụna annahum mulaaqụ rabbihim wa annahum ilaihi raaji’ụn

Artinya: (yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Tuhan-nya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya. (QS 2 / Al-Baqarah, ayat 46)


 



-----

PEDOMAN KARYA

Ahad, 16 Oktober 2022

 

Surah Al-Baqarah, Ayat 46:

 

 

Mereka Yakin Akan Menemui Tuhan-nya

 

 

Allażīna yaẓunnụna annahum mulaaqụ rabbihim wa annahum ilaihi raaji’ụn

 

Artinya: (yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Tuhan-nya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya. (QS 2 / Al-Baqarah, ayat 46)

 

------

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Yaitu orang  yang takut kepada Allah dan mengharapkan apa-apa yang ada di sisi-Nya, serta meyakini bahwa mereka benar-benar akan berjumpa dengan Tuhan mereka setelah  kematian, dan bahwasanya mereka akan kembali kepadanya pada hari kiamat untuk menghadapi perhitungan dan pembalasan amal perbuatan mereka.

 

-----

Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

Selalu ingat pertemuan hamba dengan Allah dan keagungan balasan-Nya kepada orang-orang yang taat kepada perintah-Nya, adalah merupakan hal paling berpengaruh untuk meringankan ibadah-ibadah, dan sabar atas maksiat, serta menjadi penghibur ketika musibah menimpa.

 

Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

“Yaitu orang-orang yang meyakini, yakni yang yakin serta percaya, bahwa mereka akan menemui Rabb-nya, lalu Dia akan membalas perbuatan-perbuatan mereka, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya.

Inilah yang meringankan mereka dalam beribadah, yang mewajibkan bagi mereka untuk berhibur diri dalam segala musibah, berlapang dada dalam segala kesulitan, dan mencegah mereka dari berbuat keburukan.

Maka mereka itulah orang-orang yang mendapatkkan kenikmatan yang abadi dalam ruangan-ruangan yang tinggi. Adapun orang yang tidak beriman kepada pertemuan dengan Rabb-nya, maka shalat dan ibadah-ibadah lainnya adalah suatu hal yang paling sulit bagi mereka.

Referensi : https://tafsirweb.com/390-surat-al-baqarah-ayat-46.html


-----

Ayat sebelumnya:

Jadikanlah Sabar dan Shalat Sebagai Penolongmu 

Padahal Kamu Membaca Kitab Taurat 

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply