Lomba Tadarrus, FGD Museum, Pasar Murah, Senam Massal dan Jalan Santai HUT ke-63 Takalar

Puncak acara HUT ke-63 tahun 2023 dilaksanakan secara terbuka di Lapangan Makkatang Dg. Sibali, Jumat, 10 Februari 2023, yang ditandai dengan pemberian dana sebesar Rp25 milyar dari Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, serta disemarakkan berbagai kegiatan lainnya. 





-----

Jumat, 17 Februari 2023

 

 

Lomba Tadarrus, FGD Museum, Pasar Murah, Senam Massal dan Jalan Santai HUT ke-63 Takalar

 

 

TAKALAR, (PEDOMAN KARYA). Setelah tiga tahun “agak redup” akibat pandemik Covid-19, Hari Ulang Tahun (HUT) Takalar akhirnya dirayakan secara terbuka dengan penuh keceriaan dan melibatkan banyak orang.

Selama tiga tahun berturut-turut, HUT ke-60 tahun 2020, HUT ke-61 tahun 2021, dan HUT ke-62 tahun 2022, puncak acaranya dilaksanakan di Gedung DPRD Sulsel.

Dalam tiga kali acara ulang tahun tersebut, semuanya dihadiri Andi Sudirman Sulaiman dalam kapasitasnya sebagai Wakil Gubernur Sulsel.

Pada HUT ke-63 tahun 2023, puncak acara ulang tahun Kabupaten Takalar akhirnya dilaksanakan secara terbuka di Lapangan Makkatang Dg. Sibali, dan juga dihadiri Andi Sudirman Sulaiman, tapi kali ini dalam kapasitasnya sebagai Gubernur Sulsel.

Dan pada HUT ke-63 ini, Andi Sudirman tidak lagi bersama Bupati Syamsari Kitta dan Wakil Bupati H Achmad Dg Se’re alias Haji De’de, tetapi bersama-sama dengan Setiawan Aswad selaku Pj Bupati Takalar.

Masa jabatan Syamsari Kitta sebagai Bupati Takalar, dan Haji De’de sebagai Wakil Bupati Takalar telah berakhir pada Desember 2022.

Sebelum puncak acara ulang tahun ke-63 tanggal 10 Februari 2023, ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan Pemkab Takalar dan juga oleh beberapa instansi dan organisasi guna meramaikan HUT Takalar.

 

Lomba Tadarrus Al-Qur’an

 

Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Takalar menggelar Lomba Tadarus Al-Qur’an Tingkat SD, SMP, SMA / SMK dan Guru Pendidikan Agama Islam pada sekolah umum se-Kabupaten Takalar.

Lomba Tadarus Al-Qur'an yang digelar oleh Kemenag Takalar kerjasama bekerjasama Dinas Pendidikan Kabupaten Takalar, di Masjid Agung Takalar, Senin, 30 Januari 2023, sampai Kamis, 02 Februari 2023, dibuka secara resmi oleh Pj Bupati Takalar Ade Setiawan dan diikuti 184 peserta.

 

Geopark dan Museum “Balla Appaka Sulapa”

 

Kegiatan lain yang dilaksanakan yaitu Forum Grup Discusion (FGD) tentang pengembangan geopark dan museum di Balla Lompoa Kabupaten Takalar, Rabu, 08 Februari 2023.

Diskusi bertajuk “Pengembangan Geopark dan Museum Kabupaten Takalar Menuju Pariwisata Berbasis Konservasi Alam dan Warisan Budaya”, menghadirkan beberapa narasumber.

Para narasumber yaitu Prof Dr Eng Asri Jaya ST MT IPM (Guru Besar Teknik Geologi Universitas Hasanuddin, dengan materi “Inisiasi Pengembangan Geopark Kabupaten Takalar”, Deddy Irfan Bachri ST GM (Geopark Maros-Pangkep, dengan materi “Timeline Geopark Nasional Maros-Pangkep menuju Unesco Global Geopark”).

Dr Yadi Mulyadi SS MA (dengan materi “Pengembangan Pariwisata Berbasis Geopark”), Drs Leonara (dengan materi “Peraturan Pemerintah No. 66 Tahun 2015”, tentang Museum), serta Prof Dr Aminuddin Salle SH MH (dengan materi “Pengembangan Kabupaten Takalar menjadi Destinasi Budaya Berdimensi Empat”).

Dalam FGD tersebut disepakati nama museum untuk Kabupaten Takalar, yaitu Museum Balla Appaka Sulapa. Nama ini menggabungkan empat lembaga adat yang ada di Kabupaten Takalar, yaitu Lembaga Adat ri Galesong, Sanrobone, Laikang, dan Polongbangkeng.

FGD dihadiri Dandim 1426 Takalar, Sekda Takalar, Pimpinan OPD Kabupaten Takalar, para camat, lurah, dan kepala desa, Ketua Pemangku Adat Kelembagaan dan Kerajaan Sulsel, penggiat seni dan budaya, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, serta guru seni dan budaya.

 

Pasar Murah

 

Pemerintah Kabupaten Takalar juga memanjakan masyarakat dengan mengadakan Pasar Murah yang digelar pada hari Jumat, 10 Februari 2023, di Lapangan Makkatang Dg. Sibali.

Pasar Murah dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah dan Dinas Perdagangan Kabupaten Takalar bekerja sama dengan Perum Bulog Cabang Makassar.

Masyarakat tentu saja antusias menghadiri kegiatan Pasar Murah, karena harga barang-barang yang dijual umumnya jauh di bawah harga normal, dan kegiatan tersebut dihadiri langsung Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, bersama Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sulsel Andi Arwin Azis, Pj Bupati Takalar Setiawan Aswad, Kadis Perdagangan Takalar Nasruddin, Pimpinan Cabang Bulog Makassar diwakili Kepala Gudang Bulog Takalar Haji Nurdin T.

Kepala Gudang Bulog Takalar yang mewakili Pimpinan cabang Makassar, Haji Nurdin T, mengungkapkan Pasar Murah sangat semarak yang terbukti dengan banyaknya warga yang datang berbondong-bondong membeli kebutuhan pokok yang disiapkan antara lain minyak goreng, gula, terigu, dan beras bulog.

“Dari tiga ribu liter minyak goreng yang dipasarkan, semuanya ludes terjual, bahkan masih banyak masyarakat yang belum dapat,” ungkap Nurdin.

 

Baksos Pemeriksaan Gigi-Gusi Anak

 

Tim Penggerak PKK Kabupaten Takalar juga ikut menyemarakkan HUT ke-63 Kabupaten Takalar dengan mengadakan Bakti Sosial Pemeriksaan Gigi dan Gusi Anak, serta skrining celah mulut dan langit-langit, pada tiga lokasi berbeda, Rabu, 08 Februari 2023.

Pj Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus Bunda PAUD Takalar, Sri Astuti Thamrin Setiawan, didampingi Ketua Darmawanita Takalar Suwainah Hasbi, Pokja 4 TP PKK Provinsi Sulsel, dan Pengurus TP PKK Takalar, bersama-sama menyaksikan baksos yang digelar pada tiga titik tersebut.

Sri Astuti Thamrin Setiawan mengatakan baksos ini sangat penting karena berkaitan dengan masa depan anak-anak di Takalar. Kegiatan ini bertujuan menjaga kesehatan gigi dan mulut anak-anak PAUD sehingga tumbuh menjadi anak yang sehat dan ceria.

“Dengan memeriksakan gigi anak-anak kita, maka kita membantu tumbuh kembang mereka menjadi anak yang sehat dan berakhlak mulia, jika gigi anak-anak kita sakit, maka kita tidak dapat menanamkan hal-hal yang baik dimasa usia emas mereka,” kata Sri Astuti.

Orang tua, Lanjut Bunda Paud juga harus memperkenalkan lingkungan sekitarnya dan potensi alam yang dimiliki, serta memberikan edukasi kepada anak PAUD, seperti belajar bertani atau menanam tumbuhan sehingga dapat melanjutkan usaha orang tua sebagai petani dengan konsep milenial.

PAUD yang Holistik Integratif menjadi poin penting dalam sambutan Bunda PAUD Takalar. Ia berharap dari seluruh desa dan kelurahan di Takalar memiliki sedikitnya satu atau dua PAUD HI.

“Bunda PAUD Provinsi Sulsel menitip pesan agar Takalar menjadi Kabupaten dimana semua PAUD yang ada bisa dijadikan PAUD Holistik Integrasi (HI). Untuk menjadikan PAUD kita menjadi PAUD HI dengan adanya Posyandu dan telah bekerjasama dengan PPKBP2A dalam melakukan bina keluarga balita dan bina keluarga lansia,” tutur Sri Astuti.

 

Senam Massal 

 

HUT ke-63 Kabupaten Takalar juga disemarakkan dengan kegiatan Senam Massal dan Gerak Jalan Santai di Halaman Kantor Camat Galesong Utara, Rabu, 08 Februari 2023.

Kegiatan gerak jalan santai ini dilepas oleh Pj. Bupati Takalar yang diwakili Asisten I Andi Rijal dan didampingi Kapolsek Galut, Danramil, Camat Galesong Utara, Kapala KUA, Kepala Uptd Disdik, Kepala RS Zaenab, Kepala Puskesmas dan Para Kepala Desa, Lurah yang ada di Kecamatan Galesong Utara.

Asisten 1 Pemkab Takalar, Andi Rijal menyampaikan apresiasi Pemerintahan Kecamatan Galut dan menjadi satu-satunya yang menyelenggarakan kegiatan Senam Massal dan Gerak Jalan Santai.

“Ada seribu lebih masyarakat memadati halaman Kantor Camat Gelesong Utara,” ujar Rijal.

Sementara itu, Camat Galesong Utara Sumarlin mungucapkan terima kasih ke Pj Bupati Takalar yang di wakili Asisten 1 hadir Senam Massal dan melepas secara langsung kegiatan Gerak Jalan Santai ini,

“Kegiatan ini dapat dilaksanakan karena rasa kepedulian para tokoh-tokoh kita dan juga para pemangku Kepentingan yang ada di Kecamatan Galesong Utara,” kata Sumarlin.


Jalan Santai

 

Kegiatan jalan santai turut menyemarakkan HUT ke-63 Kabupaten Takalar. Jalan santai digelar pada hari Sabtu, 11 Februari 2023, dan peserta jalan santai dilepas langsung oleh Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

Ribuan warga mengikuti jalan santai yang menyediakan ratusan hadiah door prize, termasuk hadiah umrah sebagai hadiah utama.

Pj Bupati Takalar Setiawan Aswad mengatakan, hadiah umrah disumbang oleh Ketua Ketua DPC Apdesi Takalar, Wahyudin Mapparenta.

“Hadiah Umroh di HUT Takalar ini merupakan sumbangan dari Ketua Apdesi Takalar. Tentu kami atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih atas keikhlasan Ketua Apdesi berkonstribusi pada hari jadi Takalar ini,” kata Setiawan Aswad.


Kucuran Dana Rp25 Milyar

 

Puncak peringatan Hari Jadi ke-63 Kabuaten Talalar dirayakan dalam upacara di Lapangan Makkatang Dg. Sibali, Jumat, 10 Februari 2023, yang dipimpin langsung Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

Hadir dalam puncak acara HUT ke-63 Kabupaten Takalar yaitu beberapa Kepala Dinas Tingkat Provinsi Sulsel, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulsel, beberapa Anggota DPRD Sulsel, Ketua dan Anggota DPRD Takalar, Sekretaris Daerah Kabupaten Takalar, Forkopinda Takalar, TP PKK Kabupaten Takalar, Para pimpinan OPD, Dama Wanita, Para Kepala bagian setda takalar, camat, lurah dan kepala desa, kepala sekolah ean guru, tokoh agama, pemuda dan masyarakat.

“Tahun ini Kabupaten Takalar diberi bantuan keuangan sebanyak Rp25 milyar untuk pembangunan talud penahanan abrasi, pembangunan wisata Pulau Sanrobengi dan subsidi Trans Andalan. Dengan support Pemprov Sulsel, kita berharap pembangunan di Takalar dapat berjalan lancar sehingga dapat meningkatkan perekonomian Takalar,” kata Andi Sudirman.

Gubernur juga mengapresiasi inovasi sekaligus melaunching secara resmi literasi Al-Quran terjemahan Bahasa Makassar dalam ejaan lontara yang diharapkan menambah semangat masyarakat Kabupaten Takalar dan Sulsel untuk lebih dekat dan memuliakan Al-Qur’an serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pj Bupati Takalar Setiawan Aswad, menyampaikan tema Hari Jadi ke-63 Kabupaten Takalar, yaitu “Ekonomi Kolaboratif untuk Takalar Tangguh.”

Makna tema ini mencerminkan Pemerintah Kabupaten Takalar terus bergerak maju untuk mensejahterakan masyarakat, karena Pemerintah Kabupaten Takalar sedang menggalakkan ekonomi kolaboratif, ekonomi yang menggerakkan peran banyak pihak, sehingga Takalar tumbuh dan berkembang dan pemerintahan akan mampu menyesuaikan diri dan berusaha menjadi yang terbaik.

“Pencapaian pembangunan terus membaik, baik dari pertumbuhan ekonomi, tingkat kemiskinan dan pengangguran menurun. IPM yang terus tumbuh sesuai data capaian tersebut tentu akan kami pertahankan,” kata Setiawan.

Dalam peringatan Hari Jadi ke-63 takalar juga diserahkan bantuan CSR Bank Sulselbar dengan menata ruang terbuka hijau di depan rumah jabatan bupati.

Selain itu Pemkab Takalar memberikan batuan sembako kepada warga yang terdampak bencana alam, demikian juga perbaikan dan pembangunan kios UMKM Pasar Sentral dilanjutkan.

Selain peluncuran literasi Al-Qur'an dan terjemahan Bahasa Makassar dalam ejaan lontara, Gubernur Sulsel juga menandatangani prasati pembangunan/rehabilitasi TPI Beba di Galesong Utara Takalar. (Hasdar Sikki)

 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama