Bertemu Kadir Ansari, Teringat Drama Kematian Odisus

Kadir Ansari (kiri) dan HM Dahlan Abubakar.

 


--------

PEDOMAN KARYA

Senin, 17 April 2023

 

 

Bertemu Kadir Ansari, Teringat Drama Kematian Odisus

 

 

Pria bersama saya ini mengingatkan kenangan tak terlupakan pada tahun 1974. Pada tahun itu, Fakultas Sastra Unhas mementaskan drama berjudul Kematian Odisus (The Death of Idysseus) di panggung terbuka Benteng Fort Rotterdam, Makassar.

Menjelang pementasan, para pemeran lakon pentas yang disutradarai mendiang Jacob Marala, yang merangkap sebagai pemeran Odisus, harus dimake-up, dirias sesuai perwatakan dan perannya.

Saya yang berperan sebagai.disertir, tentara yang meninggalkan pasukannya, pun dirias. Biar terkesan sudah lama meninggalkan pasukan, rambut saya yang gondrong tetap dipertahankan. Namun lelaki ini, Kadir Ansari, mengatakan, wajah saya perlu dibuat sedikit seram.

Caranya cambang saya harus lebat. Kadir Ansari membabat sebagian kecil dan seperlunya rambut saya untuk ditempelkan pada pipi kiri kanan saya agar terlihat bercambang lebat.

Kadir Ansari pun memoles kedua pipi saya dengan lem, tempat potong rambut saya akan melekat, sehingga menyerupai cambang tulen. Saya juga tidak tahu jenis lem yang disapukan pada kedua pipi saya itu. Yang pasti satu minggu setelah pementasan, pada bekas sapuan lem itu, tampak tumbuh cambang baru yang jika dibiarkan tentu akan kian lebat dan panjang.

“Dir, lem apa yang Anda pakai waktu merias saya dulu, karena seminggu kemudian, cambang itu tumbuh tidak terkendali,” kata saya pada saat jumpa pertama pascapementasan.

“Ha..ha...ya lem,” jawab Kadir Ansari sambil tertawa dan membuat jenis lem itu hingga kini tetap menjadi sebuah misteri.

Foto ini dibuat saat ada diskusi dan Dialog Kebangsaan Bersama Anggota DPD RI Dapil Sulsel, Dr H Ajiep Padindang, di Kafe Kanrejawa, Jl Aroepala, Makassar, Ahad, 16 April 2023, yang dirangkaikan dengan buka puasa bersama. Sekitar 50 komunitas wartawan lanjut umur yang menyebut diri Wartawan Glamur, komunitas kebudayaan, dan wartawan lainnya, hadir dalam dialog tersebut. (HM Dahlan Abubakar)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama