Banyak Sekali Orang Yang Tidak Takut Makan Uang Haram

"Pejabat yang korupsi, itu kan uang haram. Pejabat meminta fee proyek dari kontraktor, itu kan uang haram. Kontraktor menyogok pejabat, itu kan uang haram. Polisi melakukan pungli kepada masyarakat, itu kan uang haram," kata Daeng Tompo'.


------
PEDOMAN KARYA

Selasa, 30 Mei 2023

 

Obrolan Daeng Tompo’ dan Daeng Nappa’:

 

 

Banyak Sekali Orang Yang Tidak Takut Makan Uang Haram

 

 

“Sekarang ini banyak sekali orang yang tidak takut makan uang haram,” kata Daeng Tompo’ kepada Daeng Nappa’ saat ngopi malam di teras rumah Daeng Nappa’.

“Bagaimana maksudnya?” tanya Daeng Nappa’.

“Pejabat yang korupsi, itu kan uang haram. Pejabat meminta fee proyek dari kontraktor, itu kan uang haram. Kontraktor menyogok pejabat, itu kan uang haram. Polisi melakukan pungli kepada masyarakat, itu kan uang haram,” kata Daeng Tompo’.

“Bahayanya itu di’?” kata Daeng Nappa’.

“Saya pernah kasi tahu seorang polisi, kebetulan teman. Saya bilang, saudaraku, janganki’ makan uang haram. Janganki’ manfaatkan profesi ta’ untuk melakukan pungli. Ada juga teman pejabat saya kasi tahu begitu. Saya bilang, saudaraku berdosa karena menyusahkan orang, dan saudaraku memberi makan istri dan anak dari uang haram,” tutur Daeng Tompo’.

“Kita’ bilang begitu?” tanya Daeng Nappa’.

“Saya bilang, kalau kita mencari uang haram dengan cara haram, pasti akan banyak masalah kita hadapi, baik langsung maupun tidak langsung. Tidak berkah hidup ta’. Kita’ atau istri, atau anak ta’, bisa saja akan sakit-sakitan, atau anak ta’ sering bermasalah, atau istri ta’ yang bermasalah. Pokoknya akan banyak masalah kita hadapi. Itu baru di dunia, apalagi di akhirat nanti,” kata Daeng Tompo’.

“Jadi apaji nabilang teman ta’ yang polisi dan yang pejabat?” tanya Daeng Nappa’.

“Mereka tertunduk. Saya bilang, hidup di dunia ini sebentar sekali ji. Tidak lama. Kita gembira makan uang haram, tapi itu hanya sesaat. Setelah itu, kita akan menderita dalam waktu lama, baik di dunia, dan lebih-lebih di akhirat nanti. Di dunia, kita bisa sakit-sakitan, hidup tidak tenang, bahkan banyak yang masuk penjara, karena mereka korupsi. Dan hukuman itu mungkin saja masih akan berlanjut di akhirat,” kata Daeng Tompo’.

“Untungnya kita’ bukanjaki’ orang yang berpeluang melakukan korupsi atau pungli,” kata Daeng Nappa’ sambil tersenyum. (asnawin)

 

Selasa, 30 Mei 2023

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama