Diberitakan “Doyan” Check-in di Hotel, Pejabat Eselon II Takalar Somasi Media Daring

Kantor Bupati Takalar. (int)

 


---------

Sabtu, 27 Mei 2023

 

 

Diberitakan “Doyan” Check-in di Hotel, Pejabat Eselon II Takalar Somasi Media Daring

 

 

TAKALAR, (PEDOMAN KARYA). Sebuah media daring merilis sebuah berita dengan judul “Oknum Pejabat Eselon II Takalar Dikabarkan "Doyan" Check-in di Hotel Berbintang”, Senin, 22 Mei 2023.

Berita tersebut membuat gerah para pejabat eselon dua di Kabupaten Takalar, karena berita tersebut tidak menyebutkan oknum pejabat dimaksud dan juga tidak disebutkan narasumbernya.

Sejumlah pejabat eselon II Takalar kemudian melakukan pertemuan dan rapat bersama menyikapi pemberitaan tersebut, dan memutuskan akan mensomasi media daring tersebut, serta akan melaporkannya ke Dewan Pers.

“Semua pejabat eselon II di Takalar sangat merasa terganggu, karena media daring hanya memberitakan dan menyebut oknum tanpa menyebut identitasnya. Seharusnya langsung saja sebut identitas eselon II yang dimaksudkan agar semua jelas dan tidak saling menuding yang akan menimbulkan fitnah,” kata Konsultan Hukum Pemda Takalar, Baso DN, kepada media di Takalar.

Dengan tidak menyebutkan nama pejabat eselon dimaksud dan juga tidak jelas narasumbernya, maka pemberitaan media daring tersebut telah menimbulkan asumsi dan persepsi, serta mengarah pada opini belaka.

Atas dasar itulah, seluruh pejabat eselon II Takalar merasa keberatan dan menyatakan sikap tidak menerima pemberitaan media daring tersebut serta menyerahkan persoalan tersebut kepada Konsultan Hukum Pemda Takalar untuk mengambil langkah-langkah, baik menyampaikan somasi, hak jawab, hingga pengaduan ke Dewan Pers terkait pemberitaan tersebut yang sangat tendensius.

“Kami akan melayangkan somasi ke media online hingga pengaduan ke Dewan Pers, agar lebih profesional dalam menjalankan tugas dan profesinya selaku jurnalis, serta akan menempuh upaya hukum kepada pihak-pihak yang telah menyebarkan fitnah dan berita hoax dengan penerapan Undang-Undang ITE,” tegas Baso DN. (Hasdar Sikki)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama