Mahasiswa Kedokteran Unhas Fikki Dermawan Dilaporkan Hilang

Mahasiswa semester dua Prodi Kedokteran Hewan, Fakultas Kedokteran Unhas, Makassar, Fikki Dermawan, dilaporkan hilang sejak pertengahan Mei 2023. 

 

----------

Sabtu, 27 Mei 2023

 

 

Mahasiswa Kedokteran Unhas Fikki Dermawan Dilaporkan Hilang

 


Keluarga Khawatir Fikki Ikut Jaringan Radikal

Aktif di Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM)

 


MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Mahasiswa semester dua Prodi Kedokteran Hewan, Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Hasanuddin (Unhas), Fikki Dermawan, dilaporkan hilang sejak pertengahan Mei 2023, dan oleh teman-temannya, Fikki disebut sudah sekitar satu bulan tidak pernah mengikuti perkuliahan di kampus.

Keluarganya menduga Fikki hilang ada kaitannya dengan organisasi dan dikhawatirkan ikut jaringan radikal.

Fikki sebulan lalu meminta izin kepada keluarganya pergi ke Yogyakarta untuk studi banding kegiatan kampus, tapi setelah kembali dari Yogyakarta sudah tidak ada kabar.

Pihak keluarga pun telah menyampaikan hilangnya Fikki kepada pihak kampus Unhas, dan pihak kampus Unhas sudah turut berupaya melakukan pencarian. Keluarganya menyebut Fikki memiliki tinggi badan 173 cm.

Ketua Program Studi Kedokteran Hewan FK Unhas, Dr drh Dwi Kesuma Sari APVet, menyatakan Fikki Dermawan merupakan salah seorang mahasiswa yang cerdas di angkatannya.

“Dari analisa kami sih, tidak ada masalah dengan kampus. Anaknya aktif berorganisasi dan memiliki prestasi akademik cemerlang dengan IPK 3,78,” ungkap Dwi Kesuma.

Sejak menginjakkan kaki di Kampus Merah tahun 2022 pada Prodi Kedokteran Hewan melalui jalur undangan (prestasi), Fikki sudah memperlihatkan sikap-sikap yang menonjol di antara teman-temannya.

“Waktu penerimaan mahasiswa baru di Auditorium AP Pettarani, Fikki itulah satu-satunya mahasiswa baru yang bertanya ke Gubernur,” kata Dr drh Fika Yuliza Purba MSc, dosen penasehat akademik (PA) Fikki.

Di bidang organisasi, Fikki juga termasuk menonjol. Fikki masih semester 2, tapi sudah diikutkan oleh lembaga mahasiswanya untuk ikut pada pertemuan Ikatan Mahasiswa Kedokteran Hewan se-Indonesia (IMAKAHI) di Yogyakarta 15-16 April 2023.

“Dan pada pertemuan tersebut, beberapa kali dia menjadi moderator,” ungkap Fika.

Organisasi lain yang aktif diikuti adalah Ikatan Pelajar Muhammadiah (IPM), dimana Fikki di organisasi ini sudah menjadi senior, dan telah sering menjadi pemateri.

Fika mengakui jika Fikki saat ini memang memiliki masalah. Menurut Fika, Fikki sempat men-chat ibunya yang di Kendari menyatakan mau pergi jauh dan lagi stress.

“Dan chat Fikki itu di forward ibunya ke saya,” ungkap Fika.

Alamsyah, salah seorang teman dekat Fikki menyampaikan Fikki juga sudah dinyatakan lulus seleksi pengurus IMAKAHI Pusat dan menjadi salah seorang pengurus di IMAKAHI di bagian SDM.

“Pada rapat pengurus 14 Mei lalu juga Fikki masih hadir,” kata Alamsyah.

Senin, 22 Mei 2023, melalui IG-nya Fikki sempat menghubungi Alamsyah menanyakan alat-alat dan bahan yang mesti di bawah untuk mengikuti salah satu praktikum mata kuliah.

Fikki menamatkan SMA di SMA Negeri 17 Makassar, namun sebelumnya ia bersekolah di SMAN 1 Kendari, Sulawesi Tenggara. Ketika sekolah, Fiiki beberapa kali mewakili sekolahnya mengikuti berbagai macam lomba, antara lain Olimpiade Sains.

Setelah tamat SMA, Fikki lolos masuk Prodi Kedokteran Hewan Unhas melalui jalur undangan atau jalur prestasi. (kia)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama