Puluhan Calon Guru Penggerak Luwu Ikuti Lokakarya dan Tampilkan Hasil Karyanya

GURU PENGGERAK. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Luwu, Andi Palanggi, memberikan sambutan pada pembukaan Lokakarya 7 Program Pendidikan Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 9 Kabupaten Luwu, di Aula Kementerian Agama Kabupaten Luwu, Sabtu, 27 April 2024.

 


------

Senin, 29 April 2024

 

Puluhan Calon Guru Penggerak Luwu Ikuti Lokakarya dan Tampilkan Hasil Karyanya

 

BELOPA, LUWU, (PEDOMAN KARYA). Sebanyak 32 Calon Guru Penggerak mengikuti Lokakarya ke-7 Program Pendidikan Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 9 Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, di Aula Kementerian Agama Kabupaten Luwu, Sabtu, 27 April 2024.

Lokakarya dibuka oleh Bupati Luwu diwakili Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Andi Palanggi, dan turut dihadiri Kepala Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Sulawesi Selatan diwakili Amirullah SKom, 32 kepala sekolah, pengawas sekolah, pengajar praktik, dan lima komunitas terkait.

Pada lokakarya tersebut, para calon guru penggerak menampilkan hasil karya mereka selama enam bulan mengikuti pembelajaran. Ada tujuh stand pameran yang menampilkan beragam karya mereka.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Luwu Andi Palanggi pada kesempatan itu juga mengukuhkan Sugianto Mursal sebagai Koordinator Guru Penggerak Angkatan 9 Kabupaten Luwu.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Luwu Andi Palanggi ketika membuka kegiatan tersebut mengaku sangat bahagia dengan capaian calon guru penggerak selama enam bulan pembelajaran.

“Kita patut bersyukur atas raihan yang ditampilkan dalam lokakarya ketujuh panen hasil calon guru penggerak angkatan 9 Kabupaten Luwu,” kata Andi Palanggi.

Di era digital yang berkembang pesat ini, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan berharap guru penggerak di Luwu menjadi pelopor di sekolah masing-masing.

“Guru menghadapi menghadapi tantangan luar biasa dalam mengembang tugas di masa dating,” kata Andi Palanggi.

Usai pembukaan Kadis Dikbud Luwu mengunjungi stand Panen Hasil Belajar Calon Guru Penggerak dan berdialog dengan para calon guru penggerak di stand masing-masing.

Lokakarya Panen Hasil Program Guru Penggerak (PGP) Angkatan 9 berlangsung serentak di hari yang sama pada 23 kabupaten dan kota se-Sulawesi Selatan.

Program Guru Penggerak Angkatan 9 ini diikuti 1.613 Calon Guru Penggerak se-Sulawesi Selatan dari jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB.

Dalam prosesnya, Program Pendidikan Guru Penggerak memberikan pendidikan kepada calon guru penggerak melalui pembelajaran daring dengan sistem LSM (Learning Management System) dan pembelajarn luring dengan pendampingan individu dan kelompok.

BBGP Sulsel sebagai unit pelaksana teknis pusat pada Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek diberi amanah mengawal program PGP Angkatan 9 di Sulawesi Selatan.

Program PGP menjadi program prioritas Kemendikburistek yang bertujuan memberikan kompentensi guru penggerak kepada para guru.

Lokakarya ketujuh bertema Panen Hasil Belajar Calon Guru Penggerak ini merupakan rangkaian terakhir Pendidikan Guru Penggerak angkatan ke-9, sehingga tidak lama lagi akan lahir guru penggerak yang akan menjadi penggerak transformasi dan kemajuan pendidikan di setiap satuan pendidikan.

Melalui kegiatan itu juga, BBGP Sulawesi Selatan akan menyerahkan pembinaan lebih lanjut Calon Guru Penggerak yang telah mengikuti proses pendidikan selama enam bulan kepada Pemerintah Daerah masing-masing. (re)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama