Ratusan JCH Ikuti Senam Haji di Lapangan Pemuda Bulukumba

 



Senin, 29 April 2024

 

Ratusan JCH Ikuti Senam Haji di Lapangan Pemuda Bulukumba

 

BULUKUMBA, (PEDOMAN KARYA). Sebanyak 435 Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, mengikuti Senam Haji Indonesia, di Lapangan Pemuda Bulukumba, Ahad, 28 April 2024, yang juga diluncurkan secara resmi dan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia pada hari yang sama.

Senam Haji Indonesia di Lapangan Pemuda Bulukumba turut dihadiri Wakil Bupati Bulukumba Andi Edy Manaf, Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Bulukumba H Misbah, Kepala Dinas Kesehatan Bulukumba Dokter Amrullah, dan Kadis Kominfo Bulukumba HM Daud Kahal.

Wabup Andi Edy Manaf dalam sambutannya menyampaikan bahwa peluncuran Senam Haji Indonesia merupakan momentum berharga karena ini yang pertama kalinya digelar dalam proses pemberangkatan haji.

Dia menyampaikan bahwa kegiatan tersebut digelar sebagai upaya memastikan jamaah calon haji memiliki kondisi tubuh yang sehat dan bugar.

“Kalau jamaah haji dalam kondisi sehat dan memiliki ketahanan fisik yang kuat, maka proses ibadahnya juga akan lebih baik dan lebih fokus menjalankan seluruh ritual-ritual ibadah sehingga insya Allah menjadi haji mabrur,” kata Edy.

Andi Edy juga menyampaikan perasaan bahagianya karena dalam waktu dekat terdapat 435 warga Bulukumba yang akan berangkat haji tahun ini.

Kepala Kemenag Bulukumba, H Misbah, menyampaikan bahwa seluruh tahapan proses persiapan dan pemberangkatan haji sudah dimulai, termasuk memastikan jamaah calon haji memiliki kondisi tubuh yang sehat dan bugar.

“Gerakan senam haji ini sudah disusun berdasarkan kajian dari para pakar kesehatan agar bisa diterapkan untuk semua jemaah haji Indonesia dari berbagai kalangan usia muda maupun usia tua,” kata Misbah.

Dia mengingatkan kepada seluruh jamaah calon haji untuk senantiasa memelihara kebersamaan dan kepedulian di antara para jamaah.

JCH Bulukumba tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) Embarkasi Makassar akan masuk Asrama Haji Sudiang Makassar pada 23 Mei 2024, dan berangkat ke Mekkah pada 24 Mei 2024.

Pada Kamis, 18 April 2024, JCH Bulukumba telah mengikuti bimbingan manasik haji reguler tingkat kabupaten di Islamic Center Dato’ Tiro (ICDT) Bulukumba. Bimbingan manasik haji akan dilaksanakan sebanyak 10 kali, termasuk dua kali di ICDT dan delapan kali di kecamatan yang telah ditunjuk. (dar)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama