iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » » Pemuda Keturunan Bugis Juara Hafidz Quran di Arab Saudi


Pedoman Karya 3:58 AM 0


KETURUNAN BUGIS. Zainal Dalle (penulis, keempat dari kiri) foto bersama Ammar Bin Salahuddin Al-Bugisi (ketiga dari kiri), serta beberapa orang Arab, di Arab Saudi. (Foto diambil dari Akun Facebook Zainal Dalle)







--------
Selasa, 25 Oktober 2016


Pemuda Keturunan Bugis Juara Hafidz Quran di Arab Saudi


Oleh: Zainal Dalle
(Anggota DPRD Maros)

Prestasi orang-orang keturunan Indonesia yang kini menjadi warga negara Arab Saudi patut diacungi jempol. Salah satunya adalah Ammar Bin Salahuddin Al Bugisi. Ia menjadi juara Hafiz Quran, di negaranya, Arab Saudi.
Beberapa tahun lalu, ia mewakili Arab Saudi dalam perlombaan Hafidz Quran dunia, di Dubai, dan berhasil menjadi juara kedua dalam perlombaan yang sangat bergengsi itu.
Ammar merupakan anak dari Salahuddin bin Usman Baharuddin, yang kini bekerja di bagian teknik komunikasi, di Masjidil Haram. Kakeknya, Usman Baharuddin, dan Neneknya, Salma, yang merupakan orang Bugis dari Segeri, Pangkep, Sulsel, datang dan menetap di Saudi sekitar tahun 1940-an.
Mereka memiliki dua anak yang lahir di Arab Saudi dan kemudian menjadi warga negara Saudi, yaitu Salahuddin, dan Yasser. Yasser bekerja sebagai guru di madrasah dan mempunyai bisnis jual beli tanah di Mekah.
Atas prestasinya sebagai juara Hafidz Quran, Ammar diberikan banyak hadiah termasuk mobil, dan kini dipersiapkan untuk menjadi Qadi atau hakim di Saudi.
Saya mengenal keluarga ini dari sahabat saya Ustadz Ramli, yang masih kerabat dengan Ammar. Saat keluarga Salahuddin dan Yasser liburan ke Makassar saya sempat mengajaknya ke lokasi objek wisata air terjun Bantimurung.
Mereka sangat takjub melihat air terjun yang tak pernah dilihatnya di Saudi.
“Surga yang diturunkan ke bumi,” kata Salahuddin.
Dari perkenalan itu, setiap saya melaksanakan haji atau umrah ke Mekah, keluarga ini selalu mengajak silaturahmi ke rumahnya dan menghidangkan berbagai macam makanan, dan memberi berbagai macam hadiah.

Aamiinnn. Rawatlah persahabatan sampai lintas negara. 

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply