Gagah di Dunia Maya, Gagal di Dunia Nyata


DUNIA NYATA. Minat baca orang Indonesia indeksnya hanya 0,001, atau menduduki urutan ke-60 dari 61 negara di dunia. Kontras dengan itu, 132 juta (52,5%) warga Indonesia sudah melek internet. Maka, jadilah sosok yang "gagah" di dunia maya, tetapi gagal di dunia nyata.





-------
PEDOMAN KARYA
Selasa, 03 Januari 2017


Surat Pembaca:

Gagah di Dunia Maya, Gagal di Dunia Nyata


Saya terkesima membaca paparan Unesco (2012), bahwa minat baca orang Indonesia indeksnya hanya 0,001, atau menduduki urutan ke-60 dari 61 negara di dunia, atau di atas dikit dari Botswana. Artinya, tingkat literasi atau minat baca orang Indonesia sangatlah rendah.
Kontras dengan itu, 52,5% warga Indonesia sudah melek internet, atau 132 juta dari keseluruhan jumlah penduduknya sudah menjadi pengguna internet. Dan lebih 60 juta penduduknya punya smartphone, negara ke-5 terbanyak di dunia dalam kepemilikan smartphone. Pertanyaannya, apakah pemiliknya juga smart?
Menurut Karlina Supeli, Indonesia nomor 5 paling cerewet di dunia. Bahkan, Jakarta adalah kota paling cerewet. Lima (5) twit per detik. Bayangkan tidak suka membaca, tapi supercerewet?
Apa hasilnya sekarang? Berita ujaran kebencina tumbuh subur, hoax berserak tanpa tabayyun, caci-makian berlipat ganda, sumbu pendek bertebar, dst..dst.
Maka, jadilah sosok yang "gagah" di dunia maya, gagal di dunia nyata. Implikasinya, muncullah manusia-manusia yang tidak mau bertanggung-jawab. Manusia kerdil. Entah bagaimna nasib bangsa kita ke depan jika mainstreamnya seperti ini???

Mukhaer Pakkanna

(Warga Jakarta)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama