iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » Mahasiswa Asing Unismuh Juara Lomba Penulisan Jurnal Bahasa Indonesia


Pedoman Karya 1:43 AM 0


JUARA. Mahasiswa asal Polandia yang kini kuliah di Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Maciej Stachowlak, berhasil keluar sebagai juara nasional Lomba Penulisan Jurnal Ilmiah Bahasa Indonesia, di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jawa Timur, 8–11 Mei 2017. (ist)






------
Rabu, 10 Mei 2017


Mahasiswa Asing Unismuh Juara Lomba Penulisan Jurnal Bahasa Indonesia


MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Mahasiswa asal Polandia yang kini kuliah di Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Maciej Stachowlak, berhasil keluar sebagai juara Lomba Penulisan Jurnal Bahasa Indonesia Kemendikbud RI, di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jawa Timur, 8–11 Mei 2017.
Lomba tersebut diikuti 540 mahasiswa asing dari 78 negara dan kuliah selama satu tahun pada sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta se-Indonesia melalui Program Darmasiswa Kemendikbud RI.
Lomba Penulisan Jurnal Bahasa Indonesia menjadi kompetisi paling bergengsi dan berhadiah paling besar, dari beberapa nomor yang diperlombakan pada kegiatan International Gathering selama tiga hari. Lomba lain yang diadakan yaitu lomba video blog (vlog), serta beberapa jenis lomba permainan tradisional.
Pada Lomba Penulisan Jurnal Bahasa Indonesia, mahasiswa Program Darmasiswa diwajibkan menuliskan jurnal dalam bahasa Indonesia dengan tema besar “Catatan Darmasiswa: Hidup dan Kehidupan”. Mereka diminta menuliskan tentang pengalaman hidup selama satu tahun di Indonesia dan kesan selama mempelajari bahasa, seni, serta budaya Indonesia.
Dimas Arif Prassetyo, Panitia International Gathering mengatakan, lomba yang diadakan bersifat edukatif, gunanya untuk mengevaluasi hasil pendidikan bahasa, seni, dan budaya Indonesia yang dipelajari para mahasiswa asing peserta Program Darmasiswa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud RI).
“Dikemas dengan perlombaan, kita berharap dapat mengevaluasi hasil belajar dengan cara yang lebih menyenangkan,” ujar Dimas, seperti dirilis www.umm.ac.id, laman resmi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Selasa, 09 Mei 2017.
Khusus kepada para juara, kata Dimas, mahasiswa asing tersebut akan mendapat hadiah tiket pulang ke negara asal secara gratis, perpanjangan waktu untuk mendalami tentang Indonesia lebih lama lagi, serta sebanyak 21 pemenang dalam Lomba Penulisan Jurnal Bahasa Indonesia, akan diajak mengeksplor keindahan Indonesia di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.

Tidak Menyangka

Maciej Stachowlak yang keluar sebagai juara pertama Lomba Penulisan Jurnal Bahasa Indonesia, mengaku tidak menyangka dirinya akan keluar sebagai juara pertama.
“Saya tidak menyangka bisa menjadi juara satu pada lomba ini. Terima kasih kepada guru-guru (dosen, red) yang telah mengajarkan saya Bahasa Indonesia di kampus Unismuh Makassar,” kata Maciej.
Maciej merupakan salah satu mahasiswa yang belajar Bahasa Indonesia selama 1 tahun melalui program Darmasiswa RI di Unismuh Makassar, juga satu-satunya perwakilan mahasiswa Darmasiswa dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) se-Indonesia yang berhasil menjuarai salah satu item lomba.
Prestasi yang ia raih, katanya, tidak terlepas dari bimbingan para dosen yang mengajarnya dan terkhusus kepada Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) Unismuh Makassar Erwin Akib, beserta para staf KUI yang selalu memberi arahan dan motivasi dalam membuat Jurnal Ilmiah Bahasa Indonesia.
Menanggapi keberhasilan Maciej Stachowlak tersebut, Kepala KUI Unismuh Makassar, Erwin Akib, mengatakan, pemuda asal Polandia tersebut memang sudah cukup mahir berbahasa Indonesia dan cukuo mudah bergaul.

“Saya kira ini prestasi yang luar biasa yang dicapai oleh saudara Maciej, karena setahu saya, Maceij ini punya skill berbahasa Indonesia yang cukup bagus,” kata Erwin yang sehari-hari juga menjabat Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unismuh Makassar. (zak)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply