iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » Cita-cita Jadi Polwan, Nurhidayat Lolos Masuk SMPN 1 Bantaeng


Pedoman Karya 1:31 AM 0


PENERIMAAN SISWA BARU. SMP Negeri 1 Bantaeng menerima 192 siswa baru pada pada penerimaan siswa baru tahun pelajaran 2017/2018. Inzet: Kepala SMP Negeri 1 Bantaeng, Santosa. 






---------
Jumat, 16 Juni 2017


Cita-cita Jadi Polwan, Nurhidayat Lolos Masuk SMPN 1 Bantaeng


MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Nurhidayat, salah seorang tamatan sekolah dasar (SD) dari Kecamatan Pajjukukang, Kabupaten Bantaeng, mengatakan dirinya bercita-cita menjadi polisi wanita (Polwan). Untuk itulah, ia memilih mendaftar masuk pada sekolah unggulan yakni di SMP Negeri 1 Bantaeng.
Setelah mengikuti tes tertulis pada Senin, 12 Juni 2017, Nurhidayat ternyata lolos bersama 191 calon siswa baru lainnya, yang diumumkan pada Rabu, 13 Juni 2017. Nurhidayat adalah pendaftar ke-197 atau pendaftar terakhir pada penerimaan siswa baru tahun pelajaran 2017/2018.
“Saya senang bisa diterima disini,” kata Nurhidayat, kepada “Pedoman Karya”, di Bantaeng, Jumat, 16 Juni 2017.
Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Bantaeng, Santosa SPd MM, yang ditemui di ruang kerjanya, Senin, 12 Juni 2017, mengatakan, sekolahnya tahun ini hanya menerima 192 siswa baru, yang akan ditempatkan pada enam kelas, terdiri atas 32 siswa per kelas.
“Sesuai ketentuan, sekolah ini hanya dapat menerima maksimal 192 siswa untuk enam kelas, dengan asumsi 32 siswa setiap kelas,” jelas Santosa.
Dia mengatakan, pendaftaran calon siswa baru dan pengumuman hasil tes dilakukan dengan sistem daring (dalam jaringan/online) di website resmi SMP Negeri 1 Bantaeng (www.smpn1bantaeng.sch.id), sementara tes tertulis menggunakan sistem komputerisasi.
“Kami menggunakan sistem online untuk pendaftaran dan pengumuman hasil tes, supaya peserta didik terbiasa dengan teknologi sejak dini,” kata Satosa.
Tentang predikat “sekolah unggulan” yang disematkan pada sekolah yang dipimpinnya, dia mengatakan, mempertahankan predikat tersebut bukanlah sesuatu yang mudah.
“Sebutan sekolah unggulan itu ada (diberikan, red) di masa Pak Amin Syam menjabat Gubernur Sulsel (2003-2008), tetapi oleh masyarakat, sebutan sekolah unggulan tetap melekat sampai saat ini,” ungkap Santosa.

Nilai Minimal

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum yang juga Ketua Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Negeri 1 Bantaeng, Muhammad As'ad SPd, yang dihubungi terpisah mengatakan, tes tertulis yang diberikan kepada calon siswa baru, terdiri atas matematika, IPA, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), serta Pendidikan Agama dan Budi Pekerti.
“Masing masing 20 nomor untuk setiap bidang studi, yang dibagi atas 15 soal pilihan ganda dan lima soal essai,” ungkap As’ad.
Tentang adanya persyaratan minimal nilai ijazah atau nilai rata-rata  rapor bagi calon siswa baru yang menyebabkan minimnya jumlah pendaftar, dia mengatakan, panitia tidak menetapkan syarat minimal nilai ijazah maupun nilai rata-rata rapor.

“Tidak ada itu. Kita buka pendaftaran secara terbuka melalui internet dan tidak ada persyaratan minimal nilai ijazah atau nilai rapor,” tegas As’ad. (Akhmad Marmin)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply