iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » » Puluhan Kades di Bulukumba Belum Buat LPj ADD


Pedoman Karya 5:47 AM 0


LPJ ADD. Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto, memberikan sambutan pada Rapat Evaluasi Pelaksanaan APBDesa Semester I, di Ruang Pola Kantor Bupati Bulukumba, Kamis, 03 Agustus 2017. (ist)






------------
Kamis, 03 Agustus 2017


Puluhan Kades di Bulukumba Belum Buat LPj ADD


BULUKUMBA, (PEDOMAN KARYA). Puluhan Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Bulukumba belum membuat Laporan Pertanggungjawaban (LPj) Anggaran Dana Desa (ADD) semester I tahun anggaran 2017. Dari 109 pemerintahan desa yang ada, baru 30 Kades yang menyampaikan LPj ADD-nya.
Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Andi Uke Indah Permatasari,  pada Rapat Evaluasi Pelaksanaan APBDesa Semester I, di Ruang Pola Kantor Bupati Bulukumba, Kamis, 03 Agustus 2017.
Dalam tahun anggaran 2017 ini, katanya, sebanyak 109 pemerintah desa se-Kabupaten Bulukumba mendapatkan pendapatan dari transfer Alokasi Dana Desa (ADD) sebanyak Rp76,5 miliar, Bantuan Dana Desa (BDD) Rp86,9 milyar, dan Bagi hasil pajak daerah Rp 4,8 miliar.
“Total keseluruhan sebesar Rp168 miliar lebih. Dari jumlah tersebut rata-rata mendapatkan Rp1,5 miliar per desa,” ungkap Andi Uke.
Dia mengatakan, dari total ADD sebesar Rp76,5 miliar tersebut, yang telah disalurkan dari Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) ke Rekening Kas Desa (RKD) dalam tujuh bulan ini sebesar Rp44,6 milyar.
“Tapi dari total pencairan ADD tersebut, baru 30 desa yang telah menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban ADD-nya,” kata Andi Uke.
Terkait pencairan Bantuan Dana Desa (BDD), Andi Uke menjelaskan penyaluran BDD tersebut dari RKUD ke RKD dilakukan dalam dua tahap. Tahap I sebesar 60 persen, dan tahap II sebesar 40 persen.
“Dari pagu BDD sebesar Rp86,9 miliar, jumlah yang telah tersalurkan sebesar Rp52,1 miliar lebih. Namun dari total pencairan dana desa tersebut, belum ada satu pun kepala desa yang menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban penggunaan Dana Desa-nya untuk tahap pertama 60 persen tersebut,” papar Andi Uke.
Pada kesempatan itu, Pemerintah Kabupaten, P3MD, dan Kepala Desa juga menandatangani Rencana Tahapan Pelaksanaan Anggaran Desa Tahun 2018.
“Penetapan tahapan rencana tersebut sebagai upaya untuk mensistemasi pelaksanaan APBDesa. Pelaksanaan tahun 2018 sudah harus jelas perencanaannya di tahun 2017 ini,” Plt Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Andi Kurniady.

Rapat Evaluasi Pelaksanaan APBDesa Semester I turut dihadiri Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto, serta Koordinator Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD), Iwan Salassa. (win)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply