iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » Pendiri Fakultas Kedokteran Unismuh Terima Penghargaan


Pedoman Karya 4:20 AM 0


PENGHARGAAN. Dekan Fakultas Kedokteran Unismuh Makassar dr H Mahmud Ghaznawie PhD (ketiga dari kiri) foto bersama Rektor Unismuh Dr Abdul Rahman Rahim (keempat dari kiri), dekan pertama Fakultas Kedokteran Unismuh Prof Budu (kedua dari kiri), pencipta lagu Mars Fakultas Kedokteran Unismuh dr H Abdul Sjafar MKes, serta beberapa pendiri Unismuh, pada Gala Dinner peringatan milad ke-10 Fakultas Kedokteran Unismuh Makassar, di Lantai 12 Hotel Remcy, Jl Boulevard, Makassar, Sabtu malam, 04 Agustus 2018. (Foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)



-------

Ahad, 05 Agustus 2018


Pendiri Fakultas Kedokteran Unismuh Terima Penghargaan

-          Prof Budu Minta Dibuatkan Buku Sejarah Fakultas Kedokteran Unismuh



MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Para pendiri dan orang-orang yang berjasa atas berdirinya Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menerima penghargaan pada acara Gala Dinner peringatan milad ke-10 Fakultas Kedokteran Unismuh Makassar, di Lantai 12 Hotel Remcy, Jl Boulevard, Makassar, Sabtu malam, 04 Agustus 2018. 

Penghargaan diserahkan oleh Dekan Fakultas Kedokteran Unismuh dr H Mahmud Ghaznawie PhD, kepada beberapa pendiri yang hadir, yaitu Prof Budu (dekan pertama Fakultas Kedokteran Unismuh, kini Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar), Dr H Abdul Rahman Rahim (mantan Wakil Rektor 1 Unismuh, kini Rektor Unismuh Makassar).

Selain itu, Asri Jaya SE MM (mantan staf karyawan Unismuh, kini Wakil Dekan 2 Fakultas Kedokteran Unismuh), Abdul Gafur SE (staf karyawan Unismuh Makassar), dan dr Ummu Kalzum Malik (dosen Fakultas Kedokteran Unismuh). 

Dekan Fakultas Kedokteran Unismuh Mahmud Ghaznawie juga memberikan penghargaan kepada dr H Abdul Sjafar MKes atas pengabdian dan dedikasinya sebagai pencipta lagu Mars Fakultas Kedokteran Unismuh Makassar. 

Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Unismuh Makassar Dr H Muhammad Syaiful Saleh dalam sambutannya mengatakan, Fakultas Kedokteran Unismuh dirintis berdirinya ketika almarhum KH Djamaluddin Amien menjabat sebagai Ketua BPH Unismuh dan Prof Irwan Akib menjabat sebagai Rektor Unismuh. 

“KH Djamaluddin Amien pada saat menjabat Ketua BPH Unismuh, ada-ada saja yang dilakukannya demi berdirinya Fakultas Kedokteran Unismuh, termasuk melakukan hal-hal yang tidak biasa dia lakukan, yang untuk ukuran beliau mungkin saja tergolong makruh, tapi bagi kita itu biasa-biasa saja,” ungkap Syaiful Saleh. 

Rektor Unismuh Abdul Rahman Rahim pada kesempatan yang sama mengemukakan bahwa awal mula berdirinya Fakultas Kedokteran Unismuh Makassar berasal dari diskusi yang panjang antara dirinya dengan Prof Budu, belasan tahun silam di Masjid Bukit Baruga Antang, Makassar. 

“Saya selalu berdua di masjid bersama Prof Budu. Waktu itu Prof Budu belum profesor dan belum dekan, dan saya juga belum rektor. Sekarang beliau jadi Dekan Fakultas Kedokteran Unhas dan sebelumnya sempat menjabat Wakil Rektor Unhas, dan saya sekarang sudah jadi Rektor Unismuh,” kata Rahman Rahim sambil tersenyum. 

Setelah melakukan diskusi yang intensif bersama Prof Budu, lanjutnya, ia akhirnya mengusulkan berdirinya Fakultas Kedokteran Unismuh Makassar. 

Usul tersebut tidak langsung diterima dengan berbagai macam alasan, namun setelah dirinya meyakinkan bahwa Fakultas Unismuh Makassar bisa didirikan, usulan tersebut akhirnya dibahas dalam berbagai pertemuan. 

Dirinya selaku Wakil Rektor 1 kemudian ditugaskan bertemu Dekan Fakultas Kedokteran Unhas yang waktu itu dijabat Prof Irawan Yusuf, lalu bertemu Menteri Pendidikan yang waktu itu dijabat Bambang Soedibyo. 

“Setelah melalui proses yang cukup panjang, akhirnya izin pembukaan Fakultas Kedokteran Unismuh Makassar dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan waktu itu, dan sekarang sudah berusia 10 tahun, dan sudah menghasilkan 199 orang dokter,” kata Rahman Rahim. 

Prof Budu selaku salah satu pendiri dan dekan pertama Fakultas Kedokteran Unismuh mengharapkan agar sejarah berdirinya Fakultas Kedokteran Unismuh Makassar dibukukan dan dirinya menyatakan siap membantu. 

“Saya berharap sejarah Fakultas Kedokteran Unismuh dibukukan. Saya masih punya foto-foto persiapan pembukaan Fakultas Kedokteran Unismuh,” kata Prof Budu, seraya menyebut beberapa nama yang juga sangat berperan atas pendirian Fakultas Kedokteran Unismuh Makassar, antara Dr Ifayani Haanurat selaku ketua tim pendiri. 

Acara Gala Dinner 10 Tahun Fakultas Kedokteran Unismuh Makassar turut dihadiri beberapa undangan antara lain Direktur Program Pascasarjana Unismuh Dr H Darwis Muhdina, serta para dosen, karyawan, dan mahasiswa Fakultas Kedokteran Unismuh Makassar. (zak)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply