iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » Belum Terbentuk, Koperasi IKA UNM Sudah Miliki Modal Rp2 M


Pedoman Karya 8:51 PM 0


PENGUKUHAN. Rektor UNM Prof Husain Syam mengukuhkan Pengurus IKA UNM periode 2019-2023 yang dipimpin Nurdin Halid sebagai ketua umum, di Hotel Claro, Jl AP Pettarani, Makassar, Rabu, 03 April 2019. (ist)






--------

Kamis, 04 April 2019


Belum Terbentuk, Koperasi IKA UNM Sudah Miliki Modal Rp2 M

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Koperasi Ikatan Keluarga alumni (IKA) Universitas Negeri Makassar (UNM) baru dalam tahap rencana pembentukan, tetapi koperasi yang belum terbentuk tersebut sudah memiliki modal awal sebesar Rp2 miliar.

“Koperasi alumni (IKA UNM) ini hebat. Baru dimulai sudah memiliki dana Rp2 miliar. Saya Rp1 miliar, Pak Rektor Rp500 juta, dan Pak Yasin Rp500 juta,” kata Ketua Umum IKA UNM Nurdin Halid, pada acara Rapat Kerja dan Pengukuhan Pengurus IKA UNM masa bakti 2019-2023, di Hotel Claro, Jl AP Pettarani, Makassar, Rabu, 03 April 2019.

Pernyataan Nurdin Halid tersebut langsung disambut tepuk-tangan meriah dari para pengurus dan undangan yang hadir, termasuk Rektor UNM Prof Husain Syam, dan beberapa mantan Rektor UNM.

Rencana pembentukan Koperasi IKA UNM itu diputuskan dalam Rapat Kerja Pengurus IKA UNM dan merupakan salah satu program unggulan IKA UNM di bawah kepemimpinan Nurdin Halid.

Nurdin Halid yang juga Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), mengatakan, Koperasi IKA UNM akan mengabadikan dana untuk keperluan alumni dan bukan untuk keperluan pengurus IKA UNM yang dipimpinnya.

“Saya tegaskan, dana yang diserap dari iuran anggota IKA tidak untuk pengurus IKA, tetapi diperuntukan khusus untuk alumni. Untuk mengabadikan dana dari anggota IKA, kita kelola melalui koperasi alumni,” tegas Nurdin Halid yang juga mantan Ketua Umum PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia).

IKA UNM, katanya, akan mengembangkan jejaring dan pemberdayaan alumni, serta saling sinergi dan menguatkan dengan almamater. Sejumlah hal juga akan dikoneksikan dalam hal mewadahi diaspora alumni UNM yang dituntut memberikan kontribusi serta peran-peran yang strategis.

IKA-UNM diharapkan menjadi organisasi yang memiliki arti penting untuk mendorong perbaikan kulitas alumni dan kualitas kampus dan penciptaan lapangan kerja.

“Kita sedang menggodok kampus dengan Konsep Kampus Maritim Millenial. Di tengah tantangan zaman yang semakin berat, alumni memiliki peran strategis mendorong brand dan market value, sehingga menciptakan nilai khas yang kuat dan dapat mewujudkan alumni yang berdaya saing di tingkat global. Kita punya logo Kapal Pinisi, itu simbol maritim,” tutur Nurdin Halid yang juga mantan Calon Gubernur Sulsel.

Selain memaparkan sejumlah proyeksi stategis bagi IKA dan kampus UNM, Nurdin juga berharap capaian UNM yang telah diraih makin ditingkatkan. Baginya ketika trend universitas berkelas dunia muncul, keinginan untuk menjadi bagian terbaik dalam dunia pendidikan, harus mendorong UNM masuk dalam deretan universitas bertaraf internasional.

UNM yang dulunya dikenal dengan nama IKIP Ujungpandang, memiliki jumlah alumni hingga 129.995 orang. Sebagian besar alumninya menjadi pendidik, namun juga tidak sedikit yang berkiprah di tempat lain yang tersebar di berbagai pelosok dan kota di Indonesia dan belahan dunia. (met)

----
Artikel terkait:

IKA UNM Diharapkan Jembatani Kampus dan Alumni 

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply