iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » » FEB Unismuh Makassar Rintis Kerjasama Internasional dengan 4 PT di Malaysia


Pedoman Karya 4:51 PM 0


BERTUKAR CENDERAMATA. Dekan FEB Unismuh Makassar, Ismail Rasulong (kanan), bertukar cenderamata dengan pimpinan Fakultas Manajemen Teknologi dan Teknopreneurship, UTeM, Melaka, Prof Dr Juhaini binti Jabar, di Kampus UTeM, Melaka, Selasa, 06 Agustus 2019. (ist)






--------

Rabu, 07 Agustus 2019


FEB Unismuh Makassar Rintis Kerjasama Internasional dengan 4 PT di Malaysia



MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Fakultas Ekonomi dan bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, merintis kerjasama internasional dengan empat perguruan tinggi di Malaysia, yaitu Universiti Sains Islam Malaysia (USIM), Universiti Putra Malaysia (UPM), Universiti Teknikal Malaysia (UTeM) Melaka, dan Universiti Teknologi MARA (UiTM).

Rintisan kerjasama internasional itu diawali dengan kunjungan Dekan FEB Unismuh Makassar, Ismail Rasulong, ke empat kampus tersebut pada 05-08 Agustus 2019, bersama enam perguruan tinggi Muhammadiyah lainnya.

Ke-6 perguruan tinggi Muhammadiyah lainnya yaitu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Muhammadiyah Magelang, Universitas Muhammadiyah Porwokerto, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Universitas Muhammadiyah Palembang, serta Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan (ITB AD) Jakarta.

“Kami berangkat ke Malaysia atas inisiasi Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (AFEB) Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Kami (tujuh perguruan tinggi Muhammadiyah) ikut dalam kegiatan konferensi internasional dan kunjungan kerjasama dengan empat perguruan tinggi di Malaysia,” jelas Dekan FEB Unismuh Makassar, Ismail Rasulong, via WhatsApp (WA) kepada Pedoman Karya, Selasa, 06 Agustus 2019.
Rombongan tujuh perguruan tinggi Muhammadiyah yang dipimpin Rizal Yaya PhD dari UMY selaku pimpinan rombongan, mengunjungi Fakulti Ekonomi dan Muamalat USIM, Senin, 05 Agustus 2019, dan mereka diterima oleh Dekan Prof Muhammad Ridhwan Bin Abdul Aziz.

Dalam kesempatan tersebut disepakati beberapa proposal kolaborasi, meliputi student exchange atau pertukaran mahasiswa dengan sistem transfer kredit, Staff Exchange atau pertukaran dosen, Joint Conference, Joint Entrepreneurship Expo, dan Visiting Professor,” jelas Ismail.

Pada hari yang sama, rombongan berkunjung ke Fakulti Ekonomi dan Pengurusan Universiti Putra Malaysia, dan mereka diterima oleh pimpinan fakultas Prof Suhaimi Ab Rahman (Deputy Dean Bidang Research & Industry and Community Relations) didampingi oleh beberapa pimpinan fakultas, ketua program doktoral, serta Ketua Program Magister Manajemen dan Kewirausahaan.

Kesepakatan yang dapat ditindaklanjuti dari pertemuan tersebut adalah pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen, Joint Research, Joint Publication, dan Program Summer Session,” papar Ismail.



Pada kunjungan hari kedua, Selasa, 06 Agustus 2019, Rizal Yaya dan kawan-kawan berkunjung ke Fakultas Manajemen Teknologi dan Teknopreneurship dan diterima oleh pimpinan Fakultas Manajemen Teknologi dan Teknopreneurship Prof Dr Juhaini binti Jabar, didampingi para wakil dekan dan pimpinan program studi.

“Ada beberapa hal menarik terkait kolaborasi antara UTeM dengan FEB Perguruan Tinggi Muhammadiyah, termasuk dengan Unismuh Makassar, antara lain pertukaran mahasiswa dalam bidang kewirausahaan, join supervisor dalam penulisan tugas akhir, penelitian kolaborasi dalam bidang teknopreneurship, dan magang mahasiswa,” kata Ismail.

Kunjungan hari ketiga, Rabu, 07 Agustus 2019, rombongan perguruan tinggi Muhammadiyah berkunjung ke Universiti Teknologi MARA (UiTM) mengikuti Meeting dengan Pimpinan Fakultas sekaligus hadir dalam International Conference on Social Science, Science and Technology.

“Upaya internasionalisasi adalah keniscayaan bagi perguruan tinggi. Oleh karena itu, upaya membangun jejaring internasional harus dijajaki dan tidak hanya sampai pada tingkat kesepakatan saja, tapi harus ditindaklanjuti dalam perjanjian kerjasama,” kata Ismail.

--------
Baca juga:
Dukungan Pimpinan Universitas

Menyinggung harapannya setelah kembali dari kunjungan ke Malaysia, Ismail mengaku sangat bersyukur dan berharap tindaklanjut dari kunjungan tersebut mendapat dukungan penuh dari pimpinan Unismuh Makassar.

Alhamdulillah, FEB Unismuh Makassar berkesempatan dalam kunjungan kerjasama ini. Banyak hal yang segera bisa ditindaklanjuti dan kami berharap pimpinan universitas memberikan dukungan penuh dalam upaya internasionalisasi, khususnya pada tingkat program studi,” kata Ismail. (asnawin)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply