Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » FEB Unhas Salurkan Bantuan Dana, Fakultas Kehutanan Bantu Sembako


Pedoman Karya 6:41 PM 0


SAMBAKO DAN MASKER. Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin (Unhas) memberikan bantuan sembako dan masker kepada mahasiswa yang memilih tetap tinggal di tempat kost masing-masing dan tidak pulang kampung. (ist)


 





-----

Ahad, 12 April 2020


FEB Unhas Salurkan Bantuan Dana, Fakultas Kehutanan Bantu Sembako



MAKASAR, (PEDOMAN KARYA). Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unhas menyalurkan bantuan dana tunai kepada para pekerja, pegawai honorer, dan mahasiswa di lingkup FEB, sementara Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin (Unhas) memberikan bantuan sembako dan masker kepada mahasiswa yang memilih tetap tinggal di tempat kost masing-masing dan tidak pulang kampung.

Bantuan tersebut diberikan sebagai bentuk keprihatinan atas wabah pandemi Covid-19 alias virus corona yang menyebabkan kampus ditutup dan perkuliahan diganti dari tatap juka menjadi perkuliahan daring (online).

Dekan FEB Unhas, Prof Abdul Rahman Kadir, melalui rilis dari Humas Unhas, menjelaskan, pemberian bantuan dalam bentuk dana tunai diambil oleh pihaknya untuk menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan mahasiswa terdampak.

“Pertimbangannya yang pertama adalah pengelolaannya relatif lebih mudah, cukup ditransfer ke rekening panitia, sehingga kami mudah mengetahui jumlah dana yang terkumpul setiap saat, dan pertanggung-jawabannya juga lebih mudah,” jelas Rahman.

Berbagai elemen baik dalam lingkup Unhas maupun di luar kampus, telah mengambil inisiatif untuk membantu masyarakat terdampak dengan membagikan kebutuhan pokok.

Di sisi lain, masyarakat terdampak mungkin saja memiliki kebutuhan lain yang bervariasi. Dengan bantuan dana tunai, masyarakat terdampak dapat memutuskan sendiri pemanfaatannya.

“Kami menyalurkan dana kepada karyawan tidak tetap, cleaning service FEB, dan mahasiswa FEB Unhas yang membutuhkan. Mereka ini adalah kelompok yang paling merasakan beban ekonomi berat. Untuk mahasiswa, mereka juga harus kuliah daring. Tentu ini berpengaruh terhadap kebutuhan biaya sehari-hari,” kata Rahman.

Dana yang disalurkan FEB Unhas merupakan hasil donasi dari sivitas akademika.  Alumni FEB Unhas juga turut memberikan bantuan melalui Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi (IKAFE) Unhas.

Untuk mekanisme penyaluran dananya sendiri, terlebih dahulu dilakukan pendataan nomor rekening bagi pihak yang layak menerima. Selanjutnya dana akan ditransfer langsung kepada pihak penerima.

“Awalnya kita buka rekening untuk menghimpun dana dari dosen maupun alumni kami, setelah dana dirasa cukup, kemudian kami menyalurkan ke rekening masing-masing kepada cleaning service, pekerja honorer dan mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan pulsa mereka selama kuliah daring,” kata Rahman.

Sembako dan Masker

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Kehutanan Unhas, Dr Astuti Arif, di tempat terpisah menjelaskan, donasi sembako merupakan bentuk kepedulian dari sivitas akademika Fakultas Kehutanan Unhas guna membantu mahasiswa yang sampai saat ini masih bertahan di lingkup kampus Unhas.

“Bentuk keprihatinan kami terhadap perpanjangan masa belajar dari rumah akibat masih terjadinya peningkatan kasus Covid-19. Situasi ini berdampak pada mahasiswa dalam mengakses kebutuhan pokok. Mereka diharapkan untuk tetap tinggal di rumah, khususnya bagi mahasiswa yang kost di dalam dan sekitar kampus ataupun masih di Makassar,” jelas Astuti.

Untuk memenuhi kebutuhan paket bahan pokok tersebut, sebelumnya telah dibuka kegiatan donasi dari seluruh unsur sivitas akademika Fakultas Kehutanan Unhas.

“Kami menyiapkan sebanyak 74 paket bahan pokok, dimana kami menyalurkannya sesuai dengan pendataan terhadap mahasiswa kami yang masih ada di sekitar kampus.  Pada setiap paket kami juga menyediakan masker untuk meminimalkan penularan,” sambung Astuti.

Sebelum kegiatan ini, Fakultas Kehutanan telah melakukan penyemprotan desinfektan di rumah-rumah dosen dan pegawai. Kegiatan ini peduli dampak Covid-19 yang dilakukan Fakultas Kehutanan diharapkan dapat terus berlanjut selama masa pandemi.  Harapannya, wabah ini dapat berakhir secepatnya.

“Penggalangan dana akan terus kami lakukan, baik dari sivitas akademika maupun sumber lain. Dengan demikian, selama masa pandemi ini kami dapat terus memberi bantuan kepada pihak yang membutuhkan. Selain bantuan ini, kami mendesiminasi informasi melalui saluran komunikasi daring setiap angkatan,” ungkap Astuti.

Pembagian paket bahan pokok tersebut disaksikan langsung oleh pejabat Dekan Fakultas Kehutanan yang juga merupakan Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Hasanuddin, Prof Muhammad Restu. (kiya)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply