Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » » » » » Sejarah Piala Eropa (4): Spanyol Tundukkan Juara Bertahan Uni Soviet


Pedoman Karya 5:44 PM 0

Pemain tim nasional Spanyol, Jesús María Pereda, mencetak gol pembuka melawan Uni Soviet, pada laga final Piala Eropa 1964, di Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, 21 Juni 1964. (Foto: UEFA)

 




------ 

PEDOMAN KARYA

Ahad, 04 Juli 2021

 

Sejarah Piala Eropa (4):

 

 

Spanyol Tundukkan Juara Bertahan Uni Soviet

 

 

Oleh: Asnawin Aminuddin

(Wartawan Pedoman Karya)



-----

Pelatih Spanyol, Jose Villalonga Llorente (memegang piala) saat merayakan keberhasilannya meraih trofi Piala Eropa 1964 usai mengalahkan Uni Soviet 2-1, di Santiago Bernabeu, 21 Juni 1964. (Foto: UEFA) 

----


Spanyol yang pada Piala Eropa pertama di Perancis tahun 1960, mengundurkan diri saat akan berhadapan dengan Uni Soviet, ditunjuk sebagai tuan rumah putaran final Piala Eropa kedua tahun 1964.

Jika pada Piala Eropa pertama hanya 17 timnas yang bertanding, maka pada Piala Eropa 1964 jumlah timnas yang bertanding bertambah menjadi 29 tim. Namun, Yunani mengundurkan diri sebelum bertanding melawan Albania (karena kedua negara tersebut sedang berkonflik), sehingga timnas yang bertanding menjadi 28.

Juara bertahan Uni Soviet juga turut bertanding, sementara Jerman Barat kembali absen. Sekadar informasi, pada waktu itu Jerman masih terbagi dua negara, yaitu Jerman Barat dan Jerman Timur.

Uni Soviet, Austria, dan Luksemburg mendapat bye alias tidak bertanding pada putara pertama dan langsung melangkah ke putaran kedua. Tim-tim memainkan laga kandang-tandang sampai semifinal.

Empat tim terakhir yang bertahan melaju ke babak semifinal, masing-masing berpeluang menjadi tuan rumah, karena tuan rumah dipilih dari empat tim yang melaju ke semifinal.

Ke-4 tim yang melaju ke semifinal yaitu juara bertahan Uni Soviet, Spanyol, Hongaria, dan Denmark. Dari hasil pemilihan, Spanyol terpilih sebagai tuan rumah.

Pada babak semifinal, juara bertahan Uni Soviet bertemu dengan Denmark, sedangkan Spanyol bertemu dengan Hongaria. Pertandingan antara Uni Soviet versus Denmark dilangsungkan di Stadion Camp Nou, Barcelona, sedangkan pertandingan antara Spanyol versus Hongaria digelar di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid. Kedua pertandingan tersebut dilangsungkan pada hari yang sama yaitu pada 17 Juni 1964.

Dalam pertandingan antara Uni Soviet versus Denmark yang dipimpin wasit Concetto Lo Bello (Italia), juara bertahan Uni Soviet berhasil unggul dengan dengan skor 3-0. Tiga gol kemenangan Uni Soviet dicetak oleh Voronin (menit ke-19), Ponedelnik (menit ke-40), dan Ivanov (menit ke-87).

Pada pertandingan lain, tuan rumah Spanyol berhasil menundukkan Hongaria dengan skor tipis 2-1 lewat perpanjangan waktu. Pertandingan perpanjangan waktu dilakukan setelah kedua tim bermain imbang 1-1 dalam 2x45 menit.

Spanyol terlebih dahulu unggul lewat gol yang dicetak Jesús María Pereda, pada menit ke-35. Hongaria menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-84 lewat gol yang dicetak Ferenc Bene.

Pada pertandingan perpanjangan waktu 2x15 menit, Spanyol berhasil unggul 2-1 melalui gol yang dicetak oleh Amancio Amaro pada menit ke-115. Pertandingan dipimpin wasit Arthr Blavier dari Belgia.

 

Perebutan Juara ke-3

 

Pertandingan perebutan juara ketiga antara Hongaria versus Denmark dilangsungkan di Camp Nou, Barcelona, pada 20 Juni 1964. Pertandingan dimenangkan Hongaria dengan skor 3-1 lewat perpanjangan waktu setelah kedua tim bermain imbang 1-1 pada 2x45 menit.

Hongaria terlebih dahulu unggul 1-0 lewat gol yang diciptalan Ferenc Bene pada menit ke-11. Denmark menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-82 berkat gol yang dicetak Bertelsen.

Pada perpanjangan waktu, Hongaria mencetak dua gold an mengubah kedudukan menjadi 3-1. Dua gol kemenangan Hongaria tersebut dicetak oleh Dezső Novák pada menit ke-107 dari titik putih penalty, dan pada menit ke-110).

 

Babak Final

 

Alhasil, Uni Soviet bertemu dengan tuan rumah Spanyol pada babak final. Pertandingan babak final dilangsungkan di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, pada 21 Juni 1964, dan dipimpin wasit Daniel Mellet dari Swiss.

Jika pada empat tahun sebelumnya, penguasa diktator Spanyol, Jenderal Fransisco Franco, tidak mengizinkan Spanyol bertanding melawan Uni Soviet, maka kali ini ia membolehkannya, apalagi pertandingan dilangsungkan di Spanyol.

Pada babak final, Spanyol berhasil mengalahkan juara bertahan Uni Soviet dengan skor tipis 2-1. Spanyol terlebih dahulu unggul lewat gol yang dicetak Jesús María Pereda pada menit ke-6, dan dua menit kemudian disamakan Uni Soviet berkat gol yang dicetak oleh Galimzyan Khusainov.

Spanyol menentukan kemenangannya lewat gol yang dicetak Marcelino Martínez pada menit ke-84.

Dengan kemenangan tersebut, Spanyol menjadi negara kedua yang menjarai Piala Eropa yakni pada Piala Eropa kedua tahun 1964.

Pemain Spanyol pada partai final terdiri atas José Ángel Iribar, Feliciano Rivilla, Isacio Calleja, Ignacio Zoco, Ferran Olivella, Josep Maria Fusté, Amancio Amaro, Jesús María Pereda, Marcelino Martínez, Luis Suárez, dan Carlos Lapetra. Manajer: José Villalonga.

Pemain Uni Soviet, Lev Yashin, Viktor Shustikov, Albert Shesternyov, Eduard Mudrik, Valery Voronin, Viktor Anichkin, Igor Chislenko, Valentin Ivanov, Viktor Ponedelnik, Aleksei Korneyev, dan Galimzyan Khusainov. Manajer: Konstantin Beskov.

 

Pemain Pilihan UEFA

 

Sebagai bentuk penghargaan, UEFA memilih 11 pemain pilihan yang disebut UEFA Team of the Tournament.

Ke-11 pemain tersebut terdiri atas penjaga gawang: Lev Yashin (Uni Soviet), pemain bertahan: Feliciano Rivilla (Spanyol), Dezső Novák (Hongaria), Ignacio Zoco (Spanyol), Fernando Olivella (Spanyol), gelandang: Amancio Amaro (Spanyol), Valentin Ivanov (Uni Sovyet), Luis Suárez (Spanyol), serta penyerang: Ferenc Bene (Hongaria), Spanyol Jesús María Pereda (Spanyol), dan Flórián Albert (Hongaria).

 

Sepatu Emas

 

Penghargaan Piala Sepatu Emas diberikan kepada pencetak gol terbanyak, dan dalam putaran final Piala Eropa 1964, ada tiga pemain yang mendapatkan Piala Sepatu Emas, yaitu Ferenc Bene (Hongaria), Dezső Novák (Hongaria), dan Jesús María Pereda (Spanyol). (bersambung)

 

------

Sumber referensi:

 

Piala Negara Eropa UEFA 1964

---- https://id.wikipedia.org/wiki/Piala_Negara_Eropa_UEFA_1964

---- Dikutip pada Jumat sore, 02 Juli 2021

Final Piala Negara Eropa UEFA 1964

---- https://id.wikipedia.org/wiki/Final_Piala_Negara_Eropa_UEFA_1964

---- Dikutip pada Jumat sore, 02 Juli 2021


------

Artikel sebelumnya:


Sejarah Piala Eropa (3): Piala Eropa I Dijuarai Uni Soviet

Sejarah Piala Eropa (2): Henri Delaunay Sang Penggagas Piala Eropa

Sejarah Piala Eropa (1): Berdirinya UEFA dan Kejuaraan yang Diselenggarakan



 


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply