Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » » Andi Noor Zaelan Ketua Forum Daerah Aliran Sungai Takalar


Asnawin Aminuddin 7:05 AM 0

FORUM DAS. Perwakilan berbagai elemen masyarakat membentuk Forum DAS Kabupaten Takalar, di Takalar, Senin, 06 Desember 2021. (ist)





-----

Selasa, 07 Desember 2021

 

 

Andi Noor Zaelan Ketua Forum Daerah Aliran Sungai Takalar

 

 

- Bansuhari Said Wakil Ketua

- Wahyuna Malik Sekretaris

 

 

TAKALAR, (PEDOMAN KARYA). Anggota DPRD Takalar, Andi Noor Zaelan, diberi amanah sebagai Ketua Forum Koordinasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Kabupaten Takalar Periode 2022-2027, sedangkan Kepala Bidang PPMPI Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah Kabupaten Takalar, Bansuhari Said dipercayakan wakil ketua, sedangkan Wahyuna Malik sebagai sekretaris.

Andi Noor Zaelan dan Bansuhari dipilih dalam Rapat Koordinasi Pembentukan Forum DAS Kabupaten Takalar, yang diadakan Bidang PPMPI Badan Perencanan  Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Takalar, di Ruang Pertemuan Nyigiru Kalampa Pattallassang, Kabupaten Takalar, Senin, 06 Desember 2021.

Sekda Talalar, Muhammad Hasbi, dalam sambutannya pada pertemuan itu menekankan pentingnya penguatan kelembagaan Forum DAS agar dapat menjadi fasilitator program yang sifatnya membantu masyarakat mensosialisasikan kegunaan dan pemanfaatan sumber daya alam yang ada di sekitar tempat tinggal masing-masing.

“Juga dapat mengkoordinasikan permasalahan yang akan timbul sekaligus mengedukasi pentingnya menjaga pelestarian lingkungan di sekitarnya,” kata Hasbi.

Sekda Takalar juga menginginkan anggota Forum DAS mengedukasi masyarakat terutama bagaimana mengetahui kondisi setempat dan mendeteksi wilayah-wilayah yang rawan terkena aliran sungai.

Andi Noor Zaelan sebagai inisiator pembentukan Forum DAS Takalar, mengaku sudah lama menginginkan adanya lembaga atau forum yang bisa bergerak menangani permasalahan sungai dan air sebagai sumber kehidupan dan juga sumber bencana, sehingga perlu ada yang mengurusi.

Kepala Bidang PPMPI Kabupaten Takalar Bansuhari Said, mengatakan, Forum DAS Kabupaten Takalar mrupakan cikal bakal penyambung dan pembuat program yang berhubungan atau kaitannya dengan aliran sungai di wilayah Kabupaten Takalar.

“Forum DAS Takalar beranggotakan masyarakat, LSM, orang media, ASN secara perorangan, yang nantinya memfasilitasi dan mengkoordinasikan kepada pihak terkait,” kata Bansuhari Said yang tampil sebagai pemateri sekaligus pemandu acara dalam kegiatan.

Kepala Balai DAS Jeneberang Saddang Provisi Sulsel, M Tahir, mengatakan perlu sinergitas program dan kegiatan di Balai DAS-HL Jeneberang dengan Pemerintah Kabupaten dan program Forum DAS Kabupaten Takalar.

Ketua Forum DAS Provinsi Sulawesi Selatan Dr Usman Arsyad, menjelaskan, peran dan fungsi Forum DAS bisa mengatasi berbagai bentuk permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat.

“Permasalahan yang bisa muncul antara lain erosi dari aliran sungai, banjir akibat penggundulan hutan, tanah longsor, abrasi, serta permasalahan hulu dan hilir. Ini semua sedapat mungkin dapat dideteksi, diinformasikan, didiskusikan, lalu dibuatkan program penanganannya,” tutur Usman. (Hasdar Sikki)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply