Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » » » » » Guru SD se-Kecamatan Bangkala Barat Jeneponto Tatap Muka dengan Panitia dan Trainer POP


Pedoman Karya 8:59 PM 0

FOTO BERSAMA. Peserta dan panitia Diklat Literasi dan Numerasi, Program Organisasi Penggeraknya (POP) Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud-Ristek RI Tahun 2021, foto bersama di SD 235 Resetlmen II, Kecamatan Bangkala Barat, Jeneponto, Senin, 13 Desember 2021. (ist)





------ 

PEDOMAN KARYA

Kamis, 16 Desember 2021

 

Catatan dari Kunjungan Tim POP Intelektual Madani ke Jeneponto (1):

 

 

Guru SD se-Kecamatan Bangkala Barat Jeneponto Tatap Muka dengan Panitia dan Trainer POP

 

 

Oleh: Asnawin Aminuddin

(Wartawan Pedoman Karya)


Kurang lebih empat bulan lamanya Diklat Literasi dan Numerasi dilangsungkan secara daring, para guru (171 orang) dan kepala sekolah (20 orang) dari 20 SD se-Kecamatan Bangkala Barat, Kabupaten Jeneponto, Provinsi Sulawesi Selatan, akhirnya bertatap muka dan bersuka-cita dengan panitia pelaksana (dari Perkumpulan Intelektual Madani Indonesia) dan trainer (dosen dari beberapa perguruan tinggi), di Jeneponto, Senin, 13 Desember 2021.

Para guru tersebut telah mengikuti Diklat Literasi dan Numerasi, Program Organisasi Penggeraknya (POP) Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud-Ristek RI Tahun 2021, mulai akhir September hingga pertengahan Desember 2021.

Program Organisasi Penggerak adalah program pemberdayaan masyarakat secara masif melalui dukungan pemerintah untuk peningkatan kualitas guru dan kepala sekolah berdasarkan model-model pelatihan yang sudah terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa.

Pelaksanaan Program Organisasi Penggerak (POP) dilakukan dengan melibatkan sejumlah Organisasi Kemasyarakatan yang bergerak di bidang pendidikan, terutama organisasi-organisasi yang sudah memiliki rekam jejak yang baik dalam implementasi program pelatihan guru dan kepala sekolah, dengan tujuan meningkatnya kemampuan profesional para pendidik dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa.


Tim panitia Penyelenggara Diklat POP Intelektual Madani bertemu dengan para guru dan kepala sekolah di SD Inpres 137 Bontomanai, dan kemudian dilanjutkan di SD 235 Resetlmen II, Kecamatan Bangkala Barat, Jeneponto.

Suasana gembira mewarnai pertemuan yang sudah cukup lama diharapkan itu. Rombongan panitia penyelenggara dan trainer yang dipimpin Direktur Perkumpulan Intelektual Madani Indonesia, Anirwan, singgah beberapa saat di SD Inpres 137 Bontomanai, untuk menyaksikan beberapa ruang kela yang telah disulap menjadi ruangan dengan nuansa literasi dan numerasi.

Setelah itu, rombongan menuju SD 235 Resetlmen II untuk bertemu dan berdialog dengan semua guru dan kepala sekolah peserta Diklat Literasi dan Numerasi.

Rombongan disambut dengan sambutan khas Makassar yakni a’ngaru oleh seorang laki-laki dewasa yang berpakaian adat dan mengucapkan kalimat penyambutan dengan suara keras dan jantan, lalu dilanjutkan dengan tari paduppa oleh anak-anak SD setempat.


Selanjutnya para guru dan panitia penyelenggara, terutama para LO (liaison officer) atau naradamping yang bertindak menjadi semacam wali kelas dari Diklat secara daring, serta para trainer, kemudian memanfaatkan pertemuan itu untuk bersalam-salaman dan foto bersama.

Suasana suka cita pun sangat terasa dalam pertemuan itu. Dialog agak terlambat dimulai karena para guru memanfaatkan pertemuan itu untuk berfoto bersama sambil berbincang santai dengan para LO dan trainer.

Dalam tiga bulan pelaksanaan Diklat secara daring, mereka bertemu dua atau tiga kali dalam sepekan dalam ruang zoom meeting, yang dipandu oleh para LO, dan mereka dibagi dalam enam kelas, yakni mulai dari Kelas A hingga Kelas F.

Para LO terdiri atas LO Kelas A, Andi Jusriadi (Andi Yusri), LO Kelas B, Irwan, LO Kelas C, Irfan Arsid, LO Kelas D, Arfah Hamzah, LO Kelas E, Dedy Herianto, dan LO Kelas F, Nurhidayat B Cottong.

Sementara para trainer terdiri atas beberapa dosen dari berbagai perguruan tinggi dan pejabat struktural pada Dinas Pendidikan Kabupaten Jeneponto.

Para trainer tersebut ialah Dr Asdar MPd (dosen FMIPA Universitas Negeri Makassar / UNM), Dr Jafar MPd (dosen / Dekan FKIP, Universitas Pancasakti Makassar), Dr Andi Mulawakkang Firdaus MPd (dosen FKIP, Universitas Muhammadiyah / Unismuh Makaddar), Drs Ridzan Djafri MSi (Kemenag / UIN Alauddin Makassar), serta Asrinan SPd MPd (dosen FKIP Universitas Muhammadiyah Parepare / Umpar).

Trainer dari struktural Dinas Pendidikan Kabupaten Jeneponto, yaitu Mukhlis Mukhtar SSos MM, Drs Nur Alam MSi, Katli SE, dan Oskar Baso SH MPd.

Dari penyelenggara hadir Ketua Tim Penyelenggara Andi Azhar Aljurida SIP MAP, Sekretaris Akbar Taufik SPd MPd, dan Bendahara Umum Renny Puteri Harapan SIPem MAP, serta beberapa anggota tim.

Juga hadir Kordinator Wilayah Kecamatan Bangkala Barat Dinas Pendidikan Kabupaten Jeneponto, Drs H Safir SPd, dan Pendamping Lapangan POP Intelektual Madani, Haeruddin Usra SPd MPd.

“Mantappp, memang panitia penyelenggara POP IM LO dan trainer selain cerdas, cakep-cakep, ramah, dan hebat-hebat, kungai nakke jeka,” tulis salah seorang guru peerta Diklat Literasi dan Numerasi, Andi Herawati, dari SD 183, Bangkala Barat, melalui WhatsApp (WA) kepada LO Kelas E, Dedy Herianto.

“Itu karena pesertanya, khususnya di Kelas E, yang sangat antusias mengikuti kegiatan bu, makanya kami juga semangat dampingiki’,” balas Dedi Herianto. (bersambung)

 

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply