Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » Unismuh Makassar Resmi Buka Penerimaan Maba 2022


Pedoman Karya 12:57 AM 0

TALKSHOW. Rektor Unismuh Prof Ambo Asse (kedua dari kiri) dan para Wakil Rektor Unismuh, tampil dalam acara Talkshow ‘Satu Jam Bersama Unismuh Makassar’ dalam rangka Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2022/2023,  yang disiarkan secara langsung dari Studio TVRI, Jl Padjonga Dg Ngalle, Makassar, Sabtu, 1 Januari 2022. (ist)


 



-----

Ahad, 02 Januari 2022

 

 

Unismuh Makassar Resmi Buka Penerimaan Maba 2022

 

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar secara resmi membuka penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2022/2023.

Seremonial penerimaan maba digelar dalam bentuk Talkshow ‘Satu Jam Bersama Unismuh Makassar’ yang disiarkan secara langsung dari Studio TVRI, Jl Padjonga Dg Ngalle, Makassar, Sabtu, 1 Januari 2022.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor dan para Wakil Rektor Unismuh secara bergantian mengemukakan keunggulan Unismuh Makassar. Acara ini dipandu Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Unismuh, Maharida SPd MPd.

Rektor Unismuh Prof Ambo Asse menyatakan bahwa Unismuh lahir sejak tahun 1963. Saat ini Unismuh membina 7 Fakultas dan Program Pascasarjana. Secara keseluruhan, Unismuh membina 48 Program Studi, baik D3, S1, S2, S3 dan Program Profesi.

Salah satu keunggulan Unismuh, kata Ambo Asse, karena alumni-alumninya cepat terserap ke dunia kerja. Nakhoda Unismuh ini melanjutkan, Unismuh mengusung semboyan maju, unggul, dan mandiri.

“Unismuh bukan hanya menyiapkan mahasiswa dengan bekal keterampilan, melainkan juga dengan sikap dan karakter yang dibina khusus selama menjalani proses perkuliahan,” jelas Ambo Asse.

Pernyataan Rektor diperkuat Wakil Rektor I Unismuh Dr Abd Rakhim Nanda. Menurutnya, alumni Unismuh bukan hanya terserap di dalam negeri, melainkan juga di luar negeri.

“Tahun 2021, Unismuh memperoleh penghargaan dari LLDikti sebagai institusi dengan alumni terbanyak yang bekerja di luar negeri,” tukas Rakhim.

Pencapaian itu bukan tanpa alasan, lanjut WR I Unismuh Makassar ini. Unismuh menyiapkan beberapa fase pembinaan.

“Diawali dengan membangun kepercayaan diri mahasiswa, lalu memperkuat potensi akademik, selanjutnya penguatan keterampilan profesi pada semester lima. Setelah itu, kita latih membangun networking dengan dunia luar,” kata mantan Dekan Fakultas Teknik Unismuh.

Saat ini, meskipun dalam masa pandemi COVID-19, Unismuh tetap menjaga kualitas pembelajaran.

“Alhamdulillah pada tahun 2021, kami kembali mendapat pengakuan sebagai Lembaga dengan pembelajaran daring terbaik di LLDIKTI Wilayah IX,” pungkas Rakhim.

Di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat, Unismuh juga sering mendapatkan kepercayaan untuk mengelola dana hibah dari Kemdikbudristek Republik Indonesia. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir, Unismuh merupakan penerima dana hibah terbesar dalam lingkungan LLDIKTI Wilayah IX.

Wakil Rektor II Unismuh Makassar Dr Andi Sukri Syamsuri menyatakan bahwa Unismuh memiliki lebih dari 700 dosen yang memiliki keterampilan mengajar berbasis teknologi informasi.

“Dosen tersebut ada yang sudah profesor, banyak yang sudah doktor, minimal magister. Jadi masuk di Unismuh, akan dibimbing oleh dosen professional,” kata Pak Andis, sapaan akrab Andi Sukri.

Andis menambahkan, Unismuh juga menyiapkan beasiswa melalui jalur prestasi akademik, hafidz Quran, dan bibit unggul persyarikatan Muhammadiyah.

“Beasiswa ini terbuka untuk semua Prodi yang ada di Unismuh. Beasiswa hafidz misalnya, juga terbuka bagi mahasiswa kedokteran. Jika hafal 30 juz dengan baik, bisa bebas biaya kuliah selama 8 semester,” jelas Mantan Dekan FKIP Unismuh Makassar ini.

Keringanan untuk mahasiswa bukan hanya dalam bentuk beasiswa, melainkan juga memberi keringanan dalam mengangsur biaya kuliah. “Unismuh ini bukan hanya lembaga pendidikan, melainkan juga lembaga dakwah,” jelas Wakil Rektor Bidang Keuangan ini.

 

Prestasi Mahasiswa

 

Wakil Rektor III Unismuh Dr Muhammad Tahir mengatakan bahwa beasiswa bukan hanya yang berasal dari Unismuh, melainkan juga dari Pemerintah.

Unismuh, kata Tahir, memeroleh beasiswa UKT untuk 10.292 mahasiswa senilai Rp24 miliar, serta beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah untuk 305 mahasiswa.

Mahasiswa Unismuh juga senantiasa bersaing dalam berbagai lomba tingkat nasional yang dilaksanakan Kemdikbudristek.

Tahir mencontohkan Unismuh berhasil meloloskan enam judul proposal Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia (KBMI) dalam Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (PKMI) tahun 2021.

“Jumlah itu terbesar di Indonesia timur, bahkan mengalahkan semua perguruan tinggi negeri yang ada di Sulsel,” jelas Tahir.

Prestasi mahasiswa Unismuh, kata Tahir, menempati urutan 38 dari semua perguruan tinggi di Pusat Prestasi Nasional Kemdikbudristek.

Wakil Rektor IV Drs Mawardi Pewangi MPdI menegaskan bahwa Unismuh bukan sekadar menekankan pada penguatan prestasi akademik, melainkan pada pembinaan iman dan akhlak.

“Di Unismuh bukan hanya ada Tridharma Perguruan Tinggi, tapi Caturdharma, ada pembinaan Al-Islam Kemuhammadiyahan. Unismuh menekankan pentingnya keseimbangan iman, ilmu dan amal, kata Mawardi.

Acara ini diikuti para dekan, dan para ketua badan / lembaga tingkat universitas. Perwakilan Bank Mitra Unismuh juga sempat hadir. Empat Bank yang turut mendukung kesuksesan acara ini yakni Bank Sulselbar Syariah, Bank BTN Syariah, Bank Bukopin Syariah, dan Bank Syariah Indonesia. (zak)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply