Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » » Harian Pedoman Rakyat dan Satu Maret


Asnawin Aminuddin 6:17 AM 0

MEMBEZUK. Sejumlah mantan wartawan Harian Pedoman Rakyat membezuk mantan Pemred Harian Pedoman Rakyat, Verdy R Baso,di Perumnas Tamalate, Makassar, Senin, 28 Februari 2022. 









-----

PEDOMAN KARYA

Rabu, 02 Maret 2022

 

 

Harian Pedoman Rakyat dan Satu Maret

 

 

Oleh: Yusuf Akib

(Mantan Wartawan Pedoman Rakyat)


Bagi yang pernah 'bernaung' di Arief Rate 31, awal Maret senantiasa istimewa. Di tanggal itu, dua tahun pasca-proklamasi kemerdekaan, tepatnya 01 Maret 1947, cikal bakal surat kabar harian Pedoman Rakyat, lahir.

Adalah Soegardo, Henk Rondonuwu, kemudian LE Manuhua dan M Basir, orang-orang spesial dalam proses perjalanan surat kabar yang pernah dijuluki “Panggung Sulsel” ini.

Awal Maret tahun (2022) ini, jika tak henti terbit di akhir tahun 2007, genaplah usia Pedoman Rakyat 75 tahun. Dan untuk menjaga silaturrahim, para mantan wartawan dan mantan karyawan secara periodik merayakan hari spesial itu.

Tahun 2022 ini terasa lebih istimewa lantaran bertepatan Hari Pers Nasional di Kendari, oleh Ketua PWI Pusat dan Dewan Pers, diresmikan Pedoman Rakyat versi daring.

Kemarin, 28 Februari 2022, kami kembali berkumpul dengan agenda mengunjungi dua sesepuh Pedoman Rakyat, Verdy Rahman Baso dan Leonard Leleng, serta ziarah ke makam LE Manuhua di Pannara dan ke makam M Basir di Panaikang, Makassar.

Di bilangan Perumnas Tamalate, senior Anwar Lakasi bernostalgia tentang cara Pak Verdy mengoreksi beritanya: “We, sudah bagusmi beritamu ini, War, tapi kalau dihilangkan sebagian, tidak mengurangi bagusnya....”

Pak Verbas (singkatan dari Verdy R Baso) memang guru yang tak terkesan menggurui. Saya cukup lama satu ruangan dengan penulis novel “Datu Museng dan Maipa Deapati” di lantai III Gedung Pedoman Rakyat.

Kemudian, kalau tak salah ingat, tiga tahun menemaninya di desk malam di Jalan Mappanyukki. Selama rentang waktu itu, saya, dan tentu juga kawan-kawan lainnya banyak menimba ilmu dan pengalamannya.

Senantiasa sehat dan panjang umurki Pak Verdy dan Pak Leo, agar tahun depan semua kita kembali bertemu dan bergembira mengenang kebersamaan yang membahagiakan ini.

 

Makassar, 01 Maret 2022


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply