Biro Adpim Setda Sulsel Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas SDM

BIMTEK CAPACITY BUILDING. Puluhan ASN dan non-ASN lingkup Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Setda Provinsi Sulsel mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (Capacity Building), di Hotel Maxone, Makassar, Sabtu, 26 November 2022. (ist)


 

------

Ahad, 27 November 2022

 

 

Biro Adpim Setda Sulsel Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas SDM

 

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Setda Provinsi Sulsel menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (Capacity Building), di Hotel Maxone, Makassar, Sabtu, 26 November 2022.

Bimtek yang dibuka Kepala Biro Adpim Setda Provinsi Sulsel, Andi Winarno Eka Putra, diikuti ASN dan tenaga non-ASN lingkup Biro Adpim Setda Provinsi Sulsel. Pemateri yang dihadirkan yaitu Agus Haruna dan Hilman Wirawan.

Kepala Biro Adpim Setda Provinsi Sulsel, Andi Winarno Eka Putra, dalam sambutannya mengatakan, Bimtek Capacity Building diharapkan lebih meningkatkan kedisiplinan, semangat kerja, profesionalitas dan solidaritas sebagai satu kesatuan Tim Work yang solid, baik rekan-rekan ASN maupun Tenaga Non ASN yang ada di lingkungan Biro Administrasi Pimpinan.

Semangat itu, katanya, sejalan dengan Visi Misi Bapak Gubernur Sulawesi Selatan yaitu “Pemerintahan yang berorientasi melayani, inovatif, dan berkarakter”, yang hanya dapat dicapai melalui peningkatan kapasitas dan kompetensi SDM Aparatur yang terarah dan berkesinambungan pada setiap level tingkatan unit kerja maupun Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Sumber daya manusia memiliki peran yang sangat penting dalam suatu instansi atau OPD untuk mencapai keunggulan yang kompetitif. Perkembangan teknologi dan perubahan lingkungan menjadikan SDM sebagai faktor yang penting dalam menentukan keberhasilan suatu OPD.

“Potensi yang dimiliki oleh SDM juga sangat berpengaruh terhadap upaya suatu organisasi dalam mencapai target atau tujuannya. Meskipun, teknologi semakin maju dan terus berkembang, penyebaran informasi semakin mudah dan cepat, serta berbagai sarana dan prasarana yang semakin memadai tapi tanpa adanya SDM yang berkualitas maka tujuan atau keberhasilan suatu OPD sulit untuk tercapai,” tutur Andi Winarno.

Secara umum, lanjutnya, dapat diartikan sebagai proses meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan (skills), sikap (attitude) dan perilaku (behaviour) individu di dalam suatu organisasi.

Proses tersebut dapat dilakukan antara lain melalui pelatihan yang berkesinambungan dalam aspek-aspek penting, seperti kemampuan berkomunikasi, motivasi diri, kemampuan problem solving, kreativitas, dan kepemimpinan.

“Saya menekankan kepada rekan-rekan, khususnya kepada para Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan, pejabat struktural maupun staf terkait, untuk lebih mengoptimalkan dan memaksimalkan lagi pelaksanaan program maupun kegiatan, serta serapan dan realisasi anggaran, dengan tetap berpedoman kepada norma-norma serta kaidah peraturan perundang-undangan yang berlaku,” urai Andi Winarno.

Dalam rangka penegakan disiplin pegawai dilingkungan Biro Administrasi, ia mengimbau kepada para pejabat struktural untuk senantiasa mengevaluasi kinerja secara berkala dan melaksanakan pembinaan secara proporsional terhadap PNS maupun Tenaga Non ASN yang berada di bawah kewenangannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Saya berharap kepada ASN maupun Tenaga Non ASN yang ada di Biro Administrasi Pimpinan agar dapat menyikapinya dengan bijak dan objektif. Tetap bekerja dan melaksanakan tupoksi dengan baik dan profesional, tentunya sebagai bawahan kita senantiasa harus mendukung dan mengikuti setiap kebijakan pimpinan yang bersifat positif,” kata Andi Winarno.

Ia yakin pimpinan sebelum memutuskan dan mengambil suatu kebijakan, pasti telah melalui kajian serta proses pertimbangan yang panjang, matang dan mendalam, baik dari aspek teknis maupun pertimbangan-pertimbangan objektif lainnya.

“Saya berharap kegiatan ini diikuti dengan sungguh-sungguh oleh seluruh pegawai yang ada dilingkungan Biro Administrasi Pimpinan agar dapat memberikan nilai dan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kita,” kata Andi Winarno. (fit)

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama