Mauka’ Kuliah di Fakultas Kopi


“Itumi juga kubilang. Jadi kutanyaki’ lagi, bilang dimana itu ada fakultas kopi, nabilang presiden yang mengusulkan supaya dibentuk fakultas kopi, karena di negara kita ada jutaan hektar kebun kopi. Nabilang kemenakanku’, presiden juga mengusulkan dibentuk fakultas kelapa sawit, karena di negara ada belasan juta hektar kebun kelapa sawit,” tutur Daeng Tompo’.




--------

PEDOMAN KARYA
Jumat, 23 November 2018


Obrolan Daeng Tompo’ dan Daeng Nappa’:


Mauka’ Kuliah di Fakultas Kopi


“Dari manaki’ tadi malam?” tanya Daeng Nappa’ kepada Daeng Tompo’ saat jalan-jalan pagi seusai shalat subuh berjamaah di masjid.

“Datanga’ di rumahnya adekku’,” jawab Daeng Tompo’.

“Acara apa belah?” tanya Daeng Nappa’ lagi.

“Tidak adaji acara. Jalan-jalanja’. Sampaika’ di sana, kutanyaki itu kemenakanku’ yang masih sekolah di SMA, bilang dimanaki nanti mau kuliah, terus najawabki mauka’ kuliah di fakultas kopi,” ungkap Daeng Tompo’.

“Sembarangtong itu kemenakanta’. Mana ada fakultas kopi,” tukas Daeng Nappa’.

“Itumi juga kubilang. Jadi kutanyaki’ lagi, bilang dimana itu ada fakultas kopi, nabilang presiden yang mengusulkan supaya dibentuk fakultas kopi, karena di negara kita ada jutaan hektar kebun kopi. Nabilang kemenakanku’, presiden juga mengusulkan dibentuk fakultas kelapa sawit, karena di negarata' ada belasan juta hektar kebun kelapa sawit,” tutur Daeng Tompo’.

“Ah, sembarangtong itu presidenta’. Mudah-mudahan tidak napaksakanji lagi pembentukan fakultas kopi dan fakultas kelapa sawit,” kata Daeng Nappa’.

“Belum tentu sembarang tawwa. Siapa tau ada memang tawwa tim ahlina yang sudah kaji plus-minusnya pembentukan fakultas kopi dan fakultas kelapa sawit,” kata Daeng Tompo’.

“Kalau begitu sekalianmi bikin fakultas teh dan fakultas padi. Yang jelas, tidak masuk di akalku’,” kata Daeng Nappa’.

“Tapi masih warasjaki’ to?” tanya Daeng Tompo’ sambil tertawa.

“Ya, waraslah,” kata Daeng Nappa’ juga sambil tertawa dan keduanya pun tertawa-tawa. (asnawin)

Jumat, 23 November 2018

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama