Unhas dan YKI Jalin Kerjasama Wujudkan Sulsel Bebas Kanker Payudara Stadium Lanjut


KANKER PAYUDARA. Ketua YKI Sulsel, Liestiaty F Nurdin (ketiga dari kiri) dan Rektor Unhas, Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu, menandatangani perjanjian kerjasama secara virtual, Kamis, 27 Agustus 2020.





----
Kamis, 27 Agustus 2020


Unhas dan YKI Jalin Kerjasama Wujudkan Sulsel Bebas Kanker Payudara Stadium Lanjut



MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Dalam upaya mewujudkan Sulawesi Selatan bebas dari penyakit kanker payudara stadium lanjut, Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar dan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Sulawesi Selatan menyepakati menjalin kerjasama.

Kesepakatan tersebut tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani oleh Rektor Unhas, Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu, dan Ketua YKI Sulsel, Liestiaty F Nurdin.

Kegiatan yang dirangkaikan dengan webinar online bertema “Kanker Payudara dan Riwayat Keturunan Dalam Keluarga”, berlangsung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan live streaming di kanal youtube YKI Cabang Sulsel, Kamis, 27 Agustus 2020.

Ketua YKI Cabang Sulsel, Liestiaty F Nurdin, menjelaskan pentingnya deteksi dini terhadap gejala yang merujuk pada kanker payudara. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan penanganan dan persentase sembuh lebih besar.

“Akan lebih mudah disembuhkan ketika mendapatkan penanganan di awal kasus, sehingga bebas dari kanker stadium lanjut. Selain itu, melalui kerjasama ini kami harapkan Unhas mendukung program YKI Sulsel dalam upaya preventif kanker guna meningkatkan kewaspadaan dan pengetahuan masyarakat,” jelas Liestiaty.

Menanggapi hal tersebut, Rektor Unhas Dwia Aries Tina Pulubuhu, menyatakan menyambut baik kerja sama dengan YKI Cabang Sulsel.

Dari sisi sumber daya dan sarana prasarana, Unhas siap mendukung dan berperan secara aktif dalam mengedukasi, serta memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang terindikasi kanker payudara.

“Selain mendukung proses edukasi, Unhas siap melakukan pelayanan. RSPTN Unhas memiliki layanan cancer center terbaik di Indonesia Timur. Selain itu, Unhas banyak menjalin kerjasama dengan berbagai mitra, dan melatih berbagai ners khusus enkologi. Jadi, secara umum Unhas siap menindaklanjuti kerja sama ini agar Sulsel terlepas dari kanker stadium lanjut,” tutur Dwia.

Usai penandatanganan MoU kegiatan dilanjutkan dengan mendengarkan pemaparan materi dari Doker Septiman Rachman SpB(K)Onk, selaku narasumber dalam webinar online yang diikuti kurang lebih 200 peserta. (kiya)

------
Berita terkait Unhas:

Mahasiswa KKN Unhas di Bulukumba Edukasi Aspek Hukum Covid-19 

Terpilih Ketua Kosmik Unhas, Menjadi Guru di Enrekang 

Fakultas Keperawatan Unhas Bantu Tunanetra di Makassar 

Idrus A Paturusi, Dokter di Medan Lara 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama