Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita


SAHABAT UMKM. Bupati Takalar Syamsari Kitta (kiri) dan Ketua Dekranasda Takalar Dr Irma Adriani, memperlihatkan aplikasi Gerakan Sejuta Sahabat UMKM di gawainya, pada acara peluncuran Gerakan Sejuta Sahabat UMKM dan Penyerahan Sembako Bagi UMKM Terdampak Covid-19, di Takalar, Jumat, 15 Mei 2020. (ist)


Wahai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan ni’matNya bagimu, supayakamu bersyukur. (QS Al-Maaidah/5:6)


GANDENG GOJEK. IKAIE FEB Unhas Makassar kembali mengadakan program sosial “Bingkisan Lebaran” yang pengantarannya dilaksanakan di depan kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unhas, Jumat, 15 Mei 2020. (ist)


Sepintas lalu, tidak ada masalah dengan judul ini, karena pembaca umumnya akan paham apa yang dimaksud, bahwa seorang anggota polisi mendapati isterinya tidur dengan pria lain, dan polisi itu kemudian menembak isterinya dan selingkuhan sang isteri.

“Temanku bilang, jadi kalau seorang profesor menduduki jabatan di tempat lain, misalnya walikota, gubernur, menteri, atau jabatan lebih tinggi dari itu, maka sejatinya dia tidak boleh lagi disebut profesor,” kata Daeng Tompo’ menirukan ucapan temannya yang profesor.


Setelah orang tua itu pergi, Rasulullah pun berkata kepada Aisyah: “Perhatikanlah baju itu wahai Aisyah. Dengan izin dan berkah-Nya, ia telah mengkayakan orang yang miskin, menyembuhkan orang buta, memerdekakan budak, dan baju ini kembali lagi kepada kita.”



CENGKE. Penjual sayur dan pembeli biasanya hanya jongkok saat bertransaksi di pasar pagi Cambaya, Desa Jenetallasa, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, Jumat, 15 Mei 2020. Jongkok dalam bahasa Makassar disebut cengke. Inilah denyut nadi ekonomi mikro yang tak pernah terpengaruh oleh resesi maupun pandemi global. (Foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)

“Saya kira dibatalkanmi kenaikan tarifna sama Mahkamah Agung?” tanya Daeng Tompo’.
“Cocokmi. Tahun lalu pemerintah menaikkan tarif BPJS melalui Peraturan Presiden, tapi kenaikan itu dibatalkan oleh MA. Sekarang presiden bikin lagi Perpres baru tentang kenaikan tarif BPJS,” jelas Daeng Nappa’.

PANGAN MURAH. Gelar Pangan Murah Menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Tahun 2020 yang digelar Dinas Ketahanan Pangan Pemprov Sulsel, di Jl Ratulangi 47, Makassar, Kamis, 14 Mei 2020, diserbu ratusan warga. (Foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)


Penulis, Andi Mahrus (paling kanan) foto bersama beberapa seniman. Tahun 1998 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, penulis didadak memimpin doa pada pembukaan sebuah acara pementasan seni kearifan lokal. (Foto diambil dari akun Facebook Andi Mahrus)


BAGIKAN SEMBAKO. Kandidat bakal calon Wakil Bupati Bulukumba, Andi Makmur Karim, membagikan sembako kepada warga di Kelurahan Tanuntung dan Dusun Sappang Desa Borong, Kecamatan Herlang, Bulukumba, Senin, 11 Mei 2020. (ist)


“Digantimi pejabat walikotayya yang sekarang kah?” tanya Daeng Tompo’.
“Digantimi. Dosen yang gantikanki, dan dosen itu sudah bergelar profesor,” jelas  Daeng Nappa’.
“Bukanji soal profesor atau bukan, tapi walikota itu kan jabatan birokrasi pemerintahan, jadi idealnya birokrat yang isi, bukan akademisi,” kata Daeng Tompo’.


Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kamu melanggar syi'ar-syi'ar Allah, dan jangan melanggar kehormatan bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) binatang-binatang hadya, dan binatang-binatang qalaaid, dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi baitullah sedang mereka mencari kurnia dan keridhaan dari Tuhan-nya. Dan apabila kamu telah menyelesaikan ibadah haji, maka bolehlah berburu. dan janganlah sekali-kali kebencian(mu) kepada sesuatu kaum karena mereka menghalang-halangi kamu dari Masjidilharam, mendorongmu berbuat aniaya (kepada mereka). Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan taqwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertaqwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya. (QS Al Maidah/5: 2)


BANTUAN SEMBAKO. Ketua Tim Tanggap Covid-19 PWI Sulsel yang sehari-hari Wakil Ketua PWI Sulsel Bidang Cyber, Suwardi Thahir (kelima dari kiri), Marketing Manager Alfamidi, Bachry Baharuddin (keempat dari kanan) foto bersama beberapa pengurus PWI Sulsel dan tim dari Alfamidi, di Gedung PWI Sulsel, Jl AP Pettarani 31, Makassar, Sabtu, 09 Mei 2020. (Foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)


Wahai orang-orang yang beriman, penuhilah aqad-aqad itu. Dihalalkan bagi kamu binatang ternak, kecuali yang akan dibacakan kepadamu, dengan tidak menghalalkan berburu ketika kamu sedang dalam keadaan hurum. Sesungguhnya Allah menetapkan hukum-hukum menurut yang dikehendaki-Nya. (QS Al Maidah/5: 1)

DAPUR UMUM. Sebuah dapur umum dibuka untuk warga terdampak Covid-19 di Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa. Dapur umum yang dibuka Tim Penggerak PKK Kecamatan Bontomarannu, setiap harinya menyiapkan menu bervariasi. (ist)


BARU TERUNGKAP. Peristiwa yang sudah lama terjadi biasanya disebut berita basi atau berita kedaluwarsa. Namun ada kalanya peristiwa lama tetap dianggap aktual manakala peristiwa lama itu baru terungkap. Misalnya peristiwa masuknya ratusan atau ribuan tenaga kerja asing (TKA) asal China pada sebuah daerah atau pada beberapa daerah di Indonesia.