Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » » » » Sejarah Piala Eropa (2): Henri Delaunay Sang Penggagas Piala Eropa


Pedoman Karya 5:34 PM 0

GAGASAN HENRI. Kejuaraan sepakbola antar-negara se-Benua Eropa atau Piala Eropa digagas pertama kali oleh Henri Delaunay (inzet kanan bawah). Gagasan itu ia kemukakan pada 1927. Gagasan tersebut sempat tenggelam seiring munculnya perhelatan Piala Dunia 1930 di Uruguay.





--------- 

PEDOMAN KARYA

Kamis, 01 Juli 2021

 

Sejarah Piala Eropa (2):

 

 

Henri Delaunay Sang Penggagas Piala Eropa

 

 

Oleh: Asnawin Aminuddin

(Wartawan Pedoman Karya)

 

Kejuaraan sepakbola antar-negara se-Benua Eropa atau Piala Eropa digagas pertama kali oleh Henri Delaunay. Gagasan itu ia kemukakan pada 1927. Gagasan tersebut sempat tenggelam seiring munculnya perhelatan Piala Dunia 1930 di Uruguay.

Henri saat itu menjabat Sekretaris Jenderal Federasi Sepak Bola Prancis (FFF). Ia merupakan salah satu sosok berpengaruh dalam persepakbolaan dunia dan Eropa. Bersama Jules Rimet, Delaunay ambil bagian mendirikan FIFA (Federasi Sepakbola se-Dunia) yang pada akhirnya lebih dulu menggelar Piala Dunia 1930 di Uruguay.

Pada 15 Juni 1954, Delaunay menjadi wakil Prancis saat pembentukan UEFA yang juga digagas negara Belgia dan Italia. Sayangnya, baru setahun menjabat sebagai Sekretaris Jenderal UEFA, mantan pemain dan wasit itu wafat dan posisinya kemudian diambil alih sang putra, Pierre Delaunay.

Pada 1957, UEFA menggelar kongres di Stockholm, Swedia. Untuk menghormati jasa Delaunay, seluruh peserta kongres pun sepakat menggelar kejuaraan sepak bola se-Eropa seperti ide Delaunay pada 1960, dengan nama European Cup of Nations atau Henri Delaunay Cup di Prancis.

Namun, tiga negara anggota UEFA, Jerman, Italia, dan Inggris, menolak bergabung. Alhasil, European Cup of Nations, diikuti 17 tim.

Henri Delaunay yang kelahiran Paris, 15 Juni 1883, awalnya adalah pemain sepakbola. Ia bermain untuk tim Paris Étoile des Deux Lacs. Setelah pensiun jadi pemain, ia beralih menjadi wasit.

Ia kemudian mengundurkan diri sebagai wasit menyusul insiden selama pertandingan antara AF Garenne-Doves dan ES Benevolence. Saat itu, bola menghantam wajahnya dan pluit yang berada dimulutnya tertelan dan dua giginya patah.

Dia memulai karirnya sebagai administrator pengurus asosiasi sepakbola pada tahun 1905 ketika dia menjadi presiden Étoile des Deux Lacs.

Setelah itu, ia tepilih menjadi Sekretaris Jenderal Comité Français Interfédéral (CFI), yang merupakan cikal bakal Federasi Sepak Bola Prancis. Ketika CFI menjadi Federasi Sepak Bola Prancis pada tahun 1919, Henri tetap sebagai sekretaris jenderal.

Henri juga aktif menjadi pengurus FIFA. Bersama Jules Rimet, dia adalah seorang arsitek awal dari Piala Dunia FIFA. Ia juga merupakan pendukung awal dari Piala Champions Eropa, pada awal 1920-an.

Henri tetap menjabat sebagai Sekjen UEFA hingga meninggal dunia pada 09 November 1955 dalam usia 72 tahun, di Paris, Perancis. Posisinya sebagai Sekjen UEFA kemudian digantikan oleh putranya, Pierre Delaunay. (bersambung)

 

----

Sumber:

Sejarah Piala Eropa 1960: Berawal dari Mimpi Henri Delaunay

--- https://www.bola.com/dunia/read/2402888/sejarah-piala-eropa-1960-berawal-dari-mimpi-henri-delaunay

--- Dikutip pada Rabu malam, 30 Juni 2021

Henri Delaunay

--- https://id.wikiqube.net/wiki/Henri_Delaunay

--- Dikutip pada Kamis pagi, 01 Juli 2021


----

Artikel sebelumnya:

Sejarah Piala Eropa (1): Berdirinya UEFA dan Kejuaraan yang Diselenggarakan

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply