Ngopi Gratis, Senam dan Pasar Rakyat di Masjid Khadijah Binti Khuwailid Pallangga Gowa

PASAR RAKYAT KHADIJAH. Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Khadijah Binti Khuwailid, H Alauddin Habib, memberikan sambutan pada pembukaan kegiatan Pasar Rakyat Khadijah, di halaman Masjid Khadijah Binti Khuwailid, Ahad, 26 September 2021. (Foto-foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)
 

 



-------

Ahad, 26 September 2021

 

 

Ngopi Gratis, Senam dan Pasar Rakyat di Masjid Khadijah Binti Khuwailid Pallangga Gowa

 


GOWA, (PEDOMAN KARYA). Pengurus dan jamaah Masjid Khadijah Binti Khuwailid, Kompleks Bumi Pallangga Mas 1, Jalan Poros Pallangga, Gowa, tak henti-hentinya melakukan terobosan untuk memakmurkan masjid dan sekaligus memakmurkan warga sekitar.

Setelah menyediakan dispencer, kopi, teh, susu, dan gula pasir secara gratis untuk jamaah dan warga yang ingin beristirahat di masjid tersebut, pengurus kini mengadakan Pasar Rakyat Khadijah yang diramaikan kegiatan olahraga senam, di halaman Masjid Khadijah Binti Khuwailid, Ahad, 26 September 2021.

Pasar Rakyat Khadijah pada pekan pertama tersebut diikuti 37 lapak yang menjajakan berbagai macam jenis jualan, mulai dari makanan ringan, makanan berat, hingga pakaian serta parfum dan perhiasan.

Warga Kompleks Perumahan Bumi Pallangga Mas 1 dan Perumahan Griya Pallangga Mas pun tumpah ruah di halaman masjid.

Selain untuk berbelanja dan bersilaturrahim, sebagian warga juga mengikuti olahraga senam jantung sehat yang dilanjutkan senam aerobik, senam maumere, dan senam poco-poco yang diadakan oleh Majelis Taklim Masjid Khadijah Binti Khuwailid.


Pasar Rakyat Khadijah dimulai sejak pukul 05.30 Wita dan berakhir pada sekitar pukul 09.30 Wita.

Acara diawali dengan pembukaan Pasar Rakyat Khadijah oleh Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Khadijah Binti Khuwailid, H Alauddin Habib, dan dihadiri langsung Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Gowa, Dr Hasan Hasyim, Ketua RW 03 Dusun Manyampa, Desa Bontoala, Kecamatan Pallangga, Andi Kasim Alwi, serta warga setempat.

“Kita ingin menghidupkan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di kompleks kita, jadi khusus pada hari Ahad, kita berjualan dan berbelanja di kompleks kita, sekaligus bersilaturrahim antar-sesama warga Bumi Pallangga Mas 1 dan Griya Pallangga Mas,” kata Alauddin Habib.

Ketua RW 03, Dusun Manyampa, Desa Bontoala, Andi Kasim Alwi, dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi Pasar Rakyat Khadijah dan berharap kegiatan yang dilaksanakan setiap hari Ahad ini dapat berjalan lancar dan rutin setiap pekannya.


“Saya sangat mengapresiasi pengurus masjid yang berinisiatif mengadakan kegiatan Pasar Rakyat Khadijah. Bukan hanya bisnisnya yang kita kejar, tapi juga silaturrahim. Saya selaku Ketua RW sangat berterima-kasih kepada pengurus dengan terlaksananya kegiatan ini,” kata Andi Kasim.

Ketua DMI Gowa, Hasan Hasyim, juga memberikan apresiasi dan mengatakan kegiatan Pasar Rakyat yang diadakan oleh pengurus Masjid Khadijah Binti Khuwailid merupakan perwujudan dari Program memakmurkan masjid dan masjid memakmurkan jamaah dan masyarakat sekitar.

“Ini yang selalu didengungkan oleh Pak Jusuf Kalla selaku Ketua DMI Pusat, gerakan memakmurkan masjid dan masjid memakmurkan jamaah dan masyarakat sekitar. Inilah mungkin Pasar Rakyat pertama yang diadakan oleh pengurus masjid di Indonesia,” kata Hasan Hasyim.

 

Taklim dan TLima Kali Sepekan

 

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Khadijah Binti Khuwailid, H Alauddin Habib, yang di sela-sela kegiatan Pasar Rakyat mengatakan, khusus untuk pembinaan jamaah, pengurus mengadakan taklim atau ceramah sebanyak lima kali dalam sepekan, yaitu tiga kali sepekan kultum subuh, satu kali taklim spesial subuh, dan satu kali ceramah magrib-isya.

Selain itu, juga ada pengajian khusus ibu-ibu dan remaja putri yang diadakan pengurus Majelis Taklim Khadijah Binti Khuwailid, Dirosa atau belajar mengaji / memperbaiki bacaan Qur’an khusus bagi orang dewasa, serta takfidz akhir pecan untuk anak-anak dan remaja. (asnawin)


------

Obrolan sebelumnya:

Masjid Khadijah Binti Khuwailid Pallangga Gowa Sediakan Kopi, Teh, dan Susu Gratis untuk Jamaah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama