Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » Vaksinasi Covid-19 Murid SD Hang Tuah Makassar Diawali dengan Sosialisasi


Pedoman Karya 4:31 AM 0

SOSIALISASI VAKSINASI. SD Hang Tuah Makassar melakukan Sosialisasi Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun kepada para orang tua murid selama dua hari, Senin-Selasa, 24-25 Januari 2022, di sekolah yang berada di Jalan Serdako Usman Ali, Kelurahan Totaka, Kecamatan Ujung Tanah. 






-------- 

Kamis, 27 Januari 2022

 

 

Vaksinasi Covid-19 Murid SD Hang Tuah Makassar Diawali dengan Sosialisasi

 

 

Gelar Sosialisasi Vaksinasi Covid-19 kepada Orang Tua Murid

 

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Sekolah Dasar (SD) Hang Tuah Makassar akan mengadakan vaksinasi Covid-19, pada Senin, 31 Januari 2022. Sebelumnya, sekolah ini pernah melakukan swab antigen dan GeNose bagi murid-muridnya.

Sebelum mengadakan vaksinasi, pihak sekolah terlebih dahulu melakukan Sosialisasi Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun kepada para orang tua murid selama dua hari, Senin-Selasa, 24-25 Januari 2022, di sekolah yang berada di Jalan Serdako Usman Ali, Kelurahan Totaka, Kecamatan Ujung Tanah.

Kepala SD Hang Tuah, Arpin SPd MPd, mengaku gembira melihat orang tua yang sangat kooperatif dan mendukung kegiatan selama dua hari ini, yang terbukti ruang pertemuan terisi semua, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Sekarang, tidak ada lagi orang tua yang diminta bertanda tangan. Yang penting mereka tahu jadwal vaksin dan anaknya diajak,” kata Arpin.

Sosialisasi dibawakan oleh Letda Laut (K/W) Aprillia Winda Rahmawati SFarm Apt, Paur Kestra Diskes Lantamal VI Makassar.

Aprillia mengakui tantangan yang dihadapi, karena harus membangun persepsi yang sama antara orang tua dan tenaga kesehatan (nakes), apalagi ini menyangkut kesehatan untuk anak.

Padahal, lanjutnya, orang tua dan keluarga perlu diperkuat. Dengan begitu, akan membentuk herd immunity di masa pandemi ini. Herd immunity dimaksud adalah ketika sebagian besar populasi kebal terhadap penyakit menular tertentu.

“Ini tantangan nakes, soal kesadaran dan penyamaan persepsi. Sehingga vaksinasi akan berjalan baik,” kata Aprilia.

Sejauh ini, respons yang diberikan orang tua dinilai positif. Ini bisa dilihat dari banyaknya orang tua yang bersedia mengikutkan anaknya pada kegiatan vaksinasi, tapi PR bagi para nakes, katanya, harus memastikan bahwa anak yang akan ikut vaksin kondisi klinisnya baik dan sehat.

Kesiapan dan dukungan orang tua memang sangat diperlukan. Orang tua diharapkan bisa mendampingi anaknya saat vaksin. Juga anak mesti diperhatikan bahwa dia sudah sarapan pagi agar kondisinya fit.

Selain di SD Hang Tuah, Aprillia dan jajaran Diskes Lantamal VI Makassar, juga melakukan hal yang sama ke sekolah-sekolah yang bernaung di bawah Yayasan Hang Tuah, yakni SMP Hang Tuah dan SMA Hang Tuah.

Kegiatan Sosialisasi dan Vaksinasi Covid-19 merujuk pada Surat Kementerian Kesehatan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor: SR.01.02/4/3309/2021 Perihal Penyampaian Keputusan Menteri Kesehatan Tentang Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 pada Anak Usia 6-11 Tahun, tanggal 13 Desember 2021.

Surat itu ditujukan kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi se-Indonesia dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota se-Indonesia. Dalam surat itu antara lain disebutkan bahwa kegiatan vaksinasi sudah dimulai sejak Januari 2021.

Sampai saat ini, vaksinasi telah menyasar masyarakat berusia 12 tahun ke atas. Perluasan kelompok sasaran perlu dilakukan untuk memberikan perlindungan yang lebih menyeluruh kepada masyarakat. (rus)


-----

Baca juga:

Murid SD Hang Tuah Makassar Tampilkan Musikalisasi Puisi pada HUT Yayasan Hang Tuah 

SD Hang Tuah Makassar Juara I Lomba Pentas Seni

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply