Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » Peluncuran Penerimaan Maba 2023/2024 Unismuh Makassar Dihadiri 155 Kepala SMA


Pedoman Karya 7:03 PM 0

TALKSHOW DI TVRI. Dari kiri ke kanan Ketua BPH Unismuh Prof Gagaring Pagalung, Rektor Prof Ambo Asse, Wakil Rektor I Dr Abdul Rakhim Nanda, Wakil Rektor II Prof Andi Sukri Syamsuri, dan Wakil Rektor IV Drs KH Mawardi Pewangi MPdI, tampil dalam acara Talkshow Peluncuran Penerimaan Maba, di Balai Sidang Muktamar 47 Kampus Unismuh, Jl Sultan Alauddin, Makassar, yang disiarkan langsung TVRI Sulsel, Ahad, 01 Januari 2023. (Foto: Herul / Humas Unismuh Makassar)

 


-----

Senin, 02 Januari 2023

 

 

Peluncuran Penerimaan Maba 2023/2024 Unismuh Makassar Dihadiri 155 Kepala SMA

 

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar Prof Ambo Asse secara resmi meluncurkan pembukaan penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024, di Balai Sidang Muktamar 47 Kampus Unismuh, Jl Sultan Alauddin, Makassar, Ahad, 01 Januari 2023.

Acara tersebut digelar dalam bentuk Talkshow berjudul “Satu Jam Bersama Unismuh Makassar” yang disiarkan langsung TVRI Sulawesi Selatan, dan dihadiri 155 Kepala Sekolah SMA/SMK/MA dari se-Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara,, dan Sulawesi Utara.

Talkshow tersebut menghadirkan pimpinan Unismuh sebagai pembicara, Ketua BPH Unismuh Prof Gagaring Pagalung, Rektor Prof Ambo Asse, Wakil Rektor I Dr Abdul Rakhim Nanda, Wakil Rektor II Prof Andi Sukri Syamsuri, dan Wakil Rektor IV Drs KH Mawardi Pewangi MPdI.

Ketua Lembaga Pengembangan Bahasa Kerjasama dan Urusan Internasional (LPBKUI),  Maharida MPd, selaku moderator, memandu para narasumber untuk mengungkapkan keunggulan-keunggulan yang ada di Unismuh Makassar.

Ketua Unit Pelaksana Teknis (UPT) Penerima Mahasiswa Baru (PMB) Unismuh Makassar Dr Bahrun Amin, mengungkapkan, pendaftaran mahasiswa baru sejak tahun 2014 telah melakukan pendaftaran melalu sistem one day service.

“Sekali masuk ke link lakukan pendaftaran ikuti tes, maka akan langsung tahu lulus atau tidak,” jelas Bahrun.

Ia juga mengungkapkan semakin berkembangnya teknologi maka sistem pendaftaraan di Unismuh juga telah diperbarui.

“Tanpa datang ke Unismuh, asalkan memiliki jaringan internet, sudah bisa melakukan pendaftaran secara online,” kata Bahrun.

Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Unismuh Prof Gagaring Pagalung, mengatakan, fungsi BPH yaitu mempersiapkan sarana dan prasarana untuk persiapan belajar mengajar yang ada di Unismuh.

Guru Besar Akuntansi Unhas Makassar, menjelaskan, sejumlah fasilitas dan aset yang dimiliki Unismuh Makassar, antara lain lahan hutan pendidikan Unismuh di Bissoloro, Kabupaten Gowa, seluas 75 hektar, dan lahan Pusdiklat Unismuh di Bollangi, Kabupaten Gowa seluas 13 hektar.

Gagaring juga mengungkapkan bahwa selain di Jalan Alauddin, Unismuh Makassar juga memiliki gedung kampus di Jalan Ranggong, yang digunakan Prodi Keperawatan.

Saat ini, Unismuh juga sedang dalam proses pembangunan Gedung Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) setinggi 12 lantai di Jalan Tun Abd Razak, Kabupaten Gowa.

 

Akreditasi Unggul

 

Rektor Unismuh Prof Ambo Asse, menambahkan, Unismuh Makassar saat ini sedang menargetkan pencapaian akreditasi institusi unggul.

“Unismuh Makassar mengembangkan caturdharma yang sedikit berbeda dengan perguruan tinggi yang lainnya, yaitu pertama mengembangkan pendidikan dan pengajaran, kedua penelitian dan pengembangan, ketiga, pengabdian kepada masyarakat, dan yang keempat adalah pengembangan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan,” rinci Ambo Asse.

Wakil Rektor I Dr Abd Rakhim Nanda mengungkapkan sejumlah keunggulan Unismuh yaitu Unismuh mendapatkan Hibah PPKM Liga 1 yang senilai Rp8 miliar, dan menjadi juara satu nasional kepatuhan administrasi program wirausaha merdeka.

Ia juga menjelaskan program yang dilakukan secara internasional di antaranya menyusun standar ISO 21001:2018, dan penerimaan mahasiswa asing yang sekitar 325 dari berbagai negara dalam waktu dekat.

Wakil Rektor II Unismuh Makassar Prof Andi Sukri Syamsuri menambahkan, Unismuh menyiapkan beasiswa untuk mahasiswa baru, baik dari Pemerintah, maupun yang diberikan pihak Unismuh.

“Tahun 2022 kemarin, Unismuh Makassar menerima 1.059 mahasiswa penerima KIP kuliah dengan nilai hampir sembilan miliar tiap semester,” kata Andis, sapaan akrab Andi Sukri Syamsuri.

Pada program magister (S2), Unismuh memiliki pengkategorian yaitu bagi alumni S1 Unismuh Makassar dan melanjutkan S2 di Unismuh Makassar mendapatkan beasiswa 2.500.000 per semester.

Andi Sukri Syamsuri menambahkan, untuk mahasiswa baru yang memiliki prestasi atau merupakan Hafidz Al-Qur’an bisa mendapatkan beasiswa di Unismuh Makassar sampai selesai.

Wakil Rektor IV Unismuh Makassar Drs Mawardi Pewangi MPdI mengungkapkan bahwa Unismuh Makassar sangat memperhatikan pembelajaran yang terkait dengan ke-Islam-an.

“Pada bulan Juli lalu, Unismuh Makassar mendapatkan penghargaan dari Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah sebagai kampus Islami terbaik dalam lingkup perguruan tinggi Muhammadiyah se-Indonesia,” kata Mawardi.

Dia menambahkan, salah satu pembeda antara perguruan tinggi Muhammadiyah dengan perguruan tinggi lainnya,

dalam pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) adalah mata kuliah wajib yang harus diprogram oleh mahasiswa program sarjana (S1) selama 8 semester.

Unismuh Makassar saat ii memiliki delapan fakultas yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Agama Islam (FAI),  Fakultas Teknik (FT), Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakulas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Pertanian (FAPERTA), serta Fakultas Hukum, dan Program Pascasarjana.

Pendaftaran Maba Unismuh dibuka mulai 01 Januari hingga 30 September 2023. Proses pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui: https://pmb.unismuh.ac.id/. (zak)


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply