Kami Berikan kepada Musa Kitab dan Furqan

"Dan (ingatlah), ketika Kami memberikan kepada Musa, Kitab dan Furqan agar kamu memperoleh petunjuk." (QS 2 / Al-Baqarah, ayat 53)  

 


-----

PEDOMAN KARYA

Senin, 23 Mei 2023

 

Surah Al-Baqarah, Ayat 53:

 

 

Kami Berikan kepada Musa Kitab dan Furqan

 

 

wa iz aatainaa muusal-kitaaba wal-furqoona la'allakum tahtaduun

 

"Dan (ingatlah), ketika Kami memberikan kepada Musa Kitab dan Furqan agar kamu memperoleh petunjuk."

(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 53)

 

-------

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan Ingatlah oleh kalian nikmat-nikmat Kami kepada kalian ketika kami memberi Musa kitab yang memisahkan antara kebenaran dan kebatilan yaitu Kitab Taurat, supaya kalian memperoleh petunjuk setelah berada dalam kesesatan.

-----

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

Dan ingatlah salah satu dari nikmat itu ialah Kami berikan Taurat kepada Musa -'alaihissalām- sebagai pembeda antara yang hak dan yang batil, dan sebagai pemisah antara jalan yang benar dan jalan yang sesat, supaya kamu dapat menjadikannya sebagai petunjuk untuk mencapai kebenaran.

-----

Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

Dan ingatlah ketika Kami turunkan Taurat kepada Nabi kalian Musa, yang membedakan antara kebenaran dan kebatilan agar kalian dapat mendapat petunjuk dari cahaya dan hidayah-Nya.

-----

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

الْكِتَابَ

Yakni kitab taurat

وَالْفُرْقَانَ

Ada pendapat mengatakan (الفرقان) adalah dalil dan bukti berupa ayat-ayat yang diberikan oleh Allah kepada Musa seperti tongkat, tangan yang bercahaya, dan yang lainnya.

-----

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

Ingatlah ketika kami mendatangkan kepada Musa Taurat, yaitu kitab yang memisahkan antara benar-salah dan halal-haram supaya kalian mendapatkan petunjuk darinya dan dapat mengamalkan apa yang ada di dalamnya

-----

Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

(Ingatlah) ketika Kami memberi Musa kitab} Taurat {dan furqān} pembeda antara yang benar dan yang bathil, yang halal dan yang haram {agar kalian memperoleh petunjuk

-----

Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

49-54. ini adalah awal dari penyebutan satu persatu nikmat-nikmatNya terhadap Bani Israil dengan suatu perincian. Allah berfirman, “dan ingatlah ketika kami menyelamatkan kamu dari fir’aun,” maksudnya dari fir’aun, pengikut-pengikutnya dan bala tentaranya, sedangkan sebelum itu “mereka menimpakan kepadamu,” maksudnya menyiksa Bani Israil dan menimpakan kepada mereka “siksaan yang seberat-beratnya,” yaitu siksaan paling keras dengan cara “mereka menyembelih anak-anak kamu yang laki-laki,” karena khawatir akan kebangkitan kalian, ”dan membiarkan hidup anak-anak kamu yang perempuan.” Maksudnya mereka tidak membunuhnya, maka kamu sekalian dalam kondisi antara terbunuh dan terhina dengan pekerjaan-pekerjaan yang berat, yaitu dibiarkan hidup karena suatu pemberian dan kesombongannya, dan inilah puncak dari keterhinaan. Akhirnya Allah memberi karunia kepada mereka dengan keselamatan yang sempurna dan menenggelamkan musuh-musuh mereka sedang mereka melihat hal itu dengan nyata, agar hati mereka tentram. “dan pada yang demikian itu, ” yaitu pemberian keselamatan, ”ada ujian-ujian,” yaitu perbuatan baik “yang besar dari tuhanmu, ” dimana hal yang seperti ini mengharuskan kalian untuk bersyukur dan mengerjakan perintah-perintahNya.

Kemudian Allah menyebutkan karuniaNya yang lain kepada mereka dengan janjiNya kepada nabi Musa selama empat puluh hari, untuk menurunkan bagi mereka Taurat yang termasuk suatu karunia yang besar dan kemaslahatan yang menyeluruh. Tapi mereka tidak bersabar sebelum masa janji tersebut selesai, hingga akhirnya mereka menyembah anak hewan setelah itu, yaitu setelah kepergian nabi Musa, ”dan kamu adalah orang-orang yang zhalim, ” kalian mengetahui kezhaliman kalian, dimana hujjah telah tegak atas kalian, maka itu merupakan kejahatan dan dosa yang paling besar.

lalu Allah memerintahkan kepada kalian untuk bertaubat lewat lisan nabiNya, Musa alaihissalam yaitu dengan cara sebagian kalian membunuh sebagian lainnya, hingga Allah memaafkan kalian oleh sebab itu, ”agar kamu bersyukur kepada Allah."

-----

Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata :

ٱلۡكِتَٰبَ وَٱلۡفُرۡقَانَ Al-Kitabu wal Furqon : Al-Kitab yang dimaksud adalah Taurat, dan Al-Furqon maksudnya adalah mukjizat-mukjizat yang diberikan oleh Allah untuk memisahkan antara kebenaran dan kebathilan.

تَهۡتَدُونَ Tahtadun : Kalian (Bani Israil) mendapat petunjuk untuk mengetahui kebenaran dalam setiap urusan agama maupun dunia.

Makna ayat :

Keempat, Allah telah memuliakan nabi yang diutus kepada Bani Israil yaitu Musa ‘alaihissalam dengan menurunkan taurat, dimana berisi petunjuk, cahaya, dan mukjizat yang melawan kebathilan Fir’aun dan membenarkan dakwah yang dibawa oleh Musa ‘alaihissalam.

Nikmat-nikmat yang sudah disebutkan sebelumnya adalah kandungan ayat yang kelima, mengetahui berbagai nikmat itu maka dapat memahami secara global kecuali pada ayat pertama yang berbunyi,”Dan pada demikian itu merupakan cobaan yang besar dari Tuhanmu” merupakan berita bahwa adzab yang diperoleh Bani Israil dari Fir’aun merupakan ujian dan cobaan dari Allah Ta’ala kepada mereka.

Pelajaran dari ayat :

Hikmah dari pengutusan rasul serta diturunkannya kitab adalah sebagai petunjuk bagi manusia untuk mengenal TuhanNya dan tata cara mendekatkan diri kepadaNya untuk beribadah dan menyempurnakan serta membuat bahagia di dunia dan akhirat.

 

Referensi: https://tafsirweb.com/354-surat-al-baqarah-ayat-53.html

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama