KH Said Shamad Terpilih Ketua Muhammadiyah Makassar, Didampingi Kiai dan Akademisi

KH Said Abdul Shamad memberikan sambutan perdana sebagai Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Makassar Periode 2022-2027, pada Penutupan Musyda Muhammadiyah Kota Makassar, di Hotel Aerotel Makassar, Ahad, 07 Mei 2023. (Foto: ist)

 


------

Senin, 08 Mei 2023

 

 

KH Said Shamad Terpilih Ketua Muhammadiyah Makassar, Didampingi Kiai dan Akademisi

 

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). KH Muhammad Said Abdul Shamad terpilih sebagai Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Makassar Periode 2022-2027, dalam Musyawah Daerah (Musyda) Muhammadiyah Kota Makassar, di Hotel Aerotel, Makassar, Sabtu dan Ahad, 6-7 Mei 2023.

Sebagai ketua, KH Said Shamad akan didampingi beberapa kiai dan akademisi, antara lain KH Sudirman, Prof Syamsir Dewang, Dr Darwis Muhdina, Dr Achmad AC, serta Dr H Muhammad Ramli Haba SH MH.

Dalam pemilihan 13 Anggota Pimpinan yang digelar Sabtu malam (06 Mei 2023) hingga Ahad dinihari (07 Mei 2023), KH Said Shamad meraih suara terbanyak dengan 263 suara, disusul KH Sudirman (262 suara), Dr Darwis Muhdina (219 suara), Gazali Abdul Rahman (194 suara), Dr Achmad AC (185 suara).

Prof Syamsir Dewang (185 suara), Dr Muzakkir (182 suara), Fahmi Jalaluddin MPd (178 suara), Dr Mujahid Abd Jabbar (174 suara), Drs Muhammad Arif H Uddin (162 suara), Abdul Azis Ilyas SAg MH (138 suara), Dr Muhammad Ramli Haba (137 suara), dan Drs Chaeruddin Hakim MPd (136 suara).

KH Said Shamad menggantikan Ketua PDM sebelumnya yakni Ustaz Drs H Nurdin Massi, yang pada Musyda berlangsung, beliau sedang dirawat di rumah sakit.

Saat menyampaikan pidato perdana sebagai ketua, KH Said Shamad menyampaikan agar kiranya ditolong jika berada dalam kebenaran dan diingatkan jika melakukan kesalahan.

“Jika saya benar, tolonglah saya dalam kebenaran ini. Jika saya dalam kesalahan, luruskan saya,” kata Said.

Ia juga berharap prinsip kepemimpinan kolektif kolegial dapat dijalankan dengan baik dalam kepengurusan lima tahun ke depan.

“Saya berharap, teman-teman pimpinan yang terpilih benar-benar membantu saya dengan keahliannya masing-masing. Karena saya sadar, saya dipilih bukan karena sayalah yang terbaik, tapi saya yakin, dengan kerja sama, inysa Allah, kita bisa mengemban amanah dengan sebaik-baiknya,” kata Said.

Menjawab pertanyaan wartawan, KH Said Shamad mengatakan dirinya akan memasifkan dakwah Muhammadiyah.

“Karena saya Ustaz, tentunya yang akan banyak saya perhatikan adalah peningkatan iman, ibadah, dan akhlak,” kata Said.

Itu karena hal tersebut merupakan dasar-dasar dari takwa. Karena Allah telah menjanjikan, orang-orang yang bertakwa akan selalu diberi jalan keluar.

“Siapa yang bertakwa, Allah akan menjadikan urusannya lebih mudah. Allah akan mengampuni dosa-dosanya dan dilipatgandakan pahalanya. Oleh karena itu, takwa ini hendaknya disebarluaskan ke seluruh anggota Muhammadiyah, malahan seluruh masyarakat,” ungkap Said.

Muhammadiyah, lanjutnya, harus berupaya mewujudkan seluruh penduduk negeri ini beriman. Karena sesuai janji Allah, jika seluruh penduduk negeri ini beriman dan bertakwa, akan dibukakan pintu berkah dari langit dan bumi.

“Inilah yang kita harapkan. Kita usahakan, pada pribadi, pada keluarga besar Muhammadiyah Makassar, dan seluruh masyarakat,” kata Said.

Ketika ditanya target perampungan struktur kepengurusan, ia menyebut, dalam waktu dekat, pihaknya akan segera mengumumkan hasilnya.

“Soal sekretaris, bendahara, tadi waktunya sempit. Insya Allah dalam waktu sesingkat mungkin,” ungkap Said.

Ia mengaku akan memetakan Anggota Pimpinan dan kader Muhammadiyah agar bisa ditempatkan sesuai dengan potensi masing-masing, serta kader yang punya waktu dalam mengurus Muhammadiyah.

“Kita juga akan lihat siapa yang ada waktu. Karena biar punya kemampuan, tapi tidak punya waktu, atau punya waktu tapi tidak punya kemampuan. Kita cari yang benar-benar punya waktu dan kemampuan,” kata KH Said Shamad. (win)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama