Takalar Canangkan Gerakan Menanam Cabe dan Sayuran

GERAKAN MENANAM CABE DAN SAYURAN. Pj Bupati Takalar Setiawan Aswad, dan Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Takalar, serta beberapa pejabat lainnya menanam cabe dan sayuran, di Dusun Kasuarrang, Desa Sawakong, Kecamatan Galesong Selatan, Takalar, Kamis, 04 Mei 2023. (ist) 

 


-------

Rabu, 10 Mei 2023

 

 

Takalar Canangkan Gerakan Menanam Cabe dan Sayuran

 

 

TAKALAR, (PEDOMAN KARYA). Pemerintah Kabupaten Takalar mencanangkan Gerakan Menanam Cabe dan Sayuran di Pekarangan Rumah Warga.

Pencanangan dilakukan Pj Bupati Takalar Setiawan Aswad, bersama Pj Ketua TP PKK Takalar Sri Astuti Thamrin Setiawan, di Dusun Kasuarrang, Desa Sawakong, Kecamatan Galesong Selatan, Takalar, Kamis, 04 Mei 2023.

Pencanangan Gerakan Menanam Cabe dan Sayuran ditandai dengan penyerahan Bantuan Alat Pertanian (Alsintan) Dana Desa Tahun Anggaran 2023, berupa pompanisasi dan handsprayer.

Pj Bupati Takalar, Pj Ketua Tim Penggerak PKK Takalar, serta Ketua DPRD Takalar, Sekda Takalar, dan Perwakilan Forkopimda Takalar melakukan penanaman cabe dan sayuran, disaksikan para Pimpinan OPD Kabupaten Takalar, para Camat, Kepala Desa se-Kabupaten Takalar dan para Ketua TP PKK Kecamatan dan Desa.

Pj Bupati Takalar Setiawan Aswad mengatakan, kegiatan Gerakan Pencanangan Cabe dan Sayuran dilakukan sebagai penguatan ekonomi dan sebagai upaya dalam mencegah inflasi dengan melonjaknya harga.

Karena itulah, masyarakat diajak menanam cabe dan sayuran di pekarangan rumah masing-masing untuk membantu mengurangi pengeluaran sehari-hari.

“Dengan kita menanam sendiri cabe dan sayuran, maka kita bisa menghasilkan sayuran yang segar sehingga sehat untuk dikomsumsi, dengan mengkomsumsi makanan dan sayuran yang sehat dan bergizi, terutama terhadap anak, maka kita dapat mencegah stunting terhadap anak,” kata Setiawan.

Pencanangan Gerakan Menanam Cabe dan Sayuran juga dilakukan serentak di Kantor OPD-OPD lingkup Pemkab Takalar, di tingkat sekolah se-Kabupaten Takalar, Desa, Kecamatan, dan di masyarakat, sehingga dapat menghasilkan hasil produksi pertanian sendiri.

Setiawan yakin jika seluruh komponen masyarakaat serius dalam memanfaatkan lahan secara bagus, maka akan menjadi salah satu pilar ekonomi yang baik.

“Saya berharap beberapa bulan ke depan, kita sudah bisa melihat hasilnya, dan diharapkan setiap kecamatan ada satu lokasi yang menjadi sentra penanam cabe dan sayurnya dan akan saya monitor. Kita juga akan mencari lahan yang bisa dikelola dan dimaksimalkan sebagai bank sayur yaitu pusat pembibitan dan pengelola hasil produksi,” kata Setiawan.

Dia berharap dengan gerakan akan memberi langkah-langkah ke depan yang lebih progresif dalam rangka penguatan mengatasi inflasi, ekonomi, kemiskinan ekstrem dan stunting.

 

Sehat dan Tingkatkan Ekonomi

 

Pj Ketua TP PKK Kabupaten Takalar, Sri Astuti Thamrin Setiawan, dalam sambutannya menyampaikan, menanam cabe dan sayuran memiliki banyak manfaat. Selain bisa menikmati sayuran yang segar, juga dapat melakukan kegiatan yang sehat dengan menyiram dan merawat setiap hari.

“Melalui gerakan menanam ini, warga kita menjadi sehat dan ekonomi keluarga bisa ditingkatkan. Mari kita mengedukasi masyarakat desa untuk memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam cabe dan sayuran,” kata Sri Astuti. (Hasdar Sikki)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama