iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » Makassar Terapkan Pendidikan Bebas Pungutan


Pedoman Karya 5:06 AM 2


BEBAS PUNGUTAN. Pemerintah Kota Makassar bukan hanya melaksanakan pendidikan gratis, melainkan sudah menerapkan pendidikan bebas pungutan. Uang Komite dihapuskan dan tidak ada lagi pungutan yang dibebankan kepada para siswa. (Foto: Asnawin Aminuddin)






-----------
Selasa, 29 Desember 2015


Makassar Terapkan Pendidikan Bebas Pungutan


MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Pemerintah Kota Makassar bukan hanya melaksanakan pendidikan gratis, melainkan sudah menerapkan pendidikan bebas pungutan. Uang Komite dihapuskan dan tidak ada lagi pungutan yang dibebankan kepada para siswa.
“Yang ada hanya sumbangan sukarela. Dananya langsung masuk ke rekening sekolah dan itu bisa langsung dicek oleh Walikota. Jadi kalau ada sumbangan sukarela dari masyarakat dan dilaporkan kepada saya, maka saya sebagai walikota dapat langsung mengecek ke rekening sekolah,” kata Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, pada acara Refleksi Akhir Tahun Pemerintah Kota Makassar 2015, di Hotel Sahid Makassar, Selasa, 29 Desember 2015.
Jika ada sekolah yang meminta dana dari siswa di luar sumbangan sukarela, katanya, maka masyarakat dapat melaporkannya kepada Walikota Makassar.
Pada kesempatan tersebut, Dhanny Pomanto–sapaan akarab Mohammad Ramdhan Pomanto–juga mengungkapkan keinginannya untuk menampung dan memberi fasilitas khusus kepada anak-anak berprestasi secara akademik tetapi berasal dari keluarga kurang mampu.
“Kalau perlu kita bikin satu sekolah khusus bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu tetapi memiliki prestasi bagus dalam bidang akademik,” ungkapnya.
Dia mengimbau kepada masyarakat yang mampu secara ekonomi agar memasukkan anak-anak mereka ke sekolah swasta yang berkualitas, untuk memberi kesempatan kepada masyarakat kurang mampu memasukkan anak-anak mereka ke sekolah negeri.
“Anak saya juga masuk ke sekolah swasta, karena saya ingin anak-anak dari keluarga kurang mampu tetapi cerdas dan berprestasi, dapat tertampung di sekolah-sekolah negeri,” kata Dhanny. (as)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

2 comments Makassar Terapkan Pendidikan Bebas Pungutan

  1. Sepanjang masih ada uang sukarela maka pungutan akan jalan terus. Biasanya pihak sekolah memungut dg alasan sukarela

    ReplyDelete
    Replies
    1. smbangan sukarela, tapi sudah ditentukan besarannya dan wajib dibayar, ha..ha..ha...

      Delete