iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » Ibu-ibu pun Belajar Jurnalistik


Pedoman Karya 10:54 PM 0


BELAJAR JURNALISTIK. Dua-puluhan ibu-ibu pengurus Aisyiyah dari seluruh kabupaten dan kota se-Sulsel mengikuti Pelatihan Pengelolaan Sistem Informasi Aisyiyah yang diadakan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Aisyiyah (LPPA) Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sulsel, di Gedung Serbaguna Aisyiyah Sulawesi Selatan, Jl Bulusaraung, Makassar, Sabtu, 01 April 2017. (Foto: Muhammad Nurwahid)





-------
PEDOMAN KARYA
Senin, 03 April 2017


Ibu-ibu pun Belajar Jurnalistik


Pengetahuan dan keterampilan jurnalistik bukan hanya diperuntukkan bagi para calon wartawan atau mahasiswa yang mengambil program studi jurnalistik, melainkan bagi siapa saja yang berminat atau membutuhkannya, tidak terkecuali ibu-ibu.
Buktinya, dua-puluhan ibu-ibu pengurus Aisyiyah dari seluruh kabupaten dan kota se-Sulsel mengikuti Pelatihan Pengelolaan Sistem Informasi Aisyiyah yang diadakan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Aisyiyah (LPPA) Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sulsel, di Gedung Serbaguna Aisyiyah Sulawesi Selatan, Jl Bulusaraung, Makassar, Sabtu, 01 April 2017.
Mereka bahkan tampak sangat antusias mengikuti pelatihan tersebut. Lebih menarik lagi, karena mereka semua membawa laptop dan lengkap dengan modem masing-masing. Sungguh merupakan pemandangan yang “terasa lain” dari biasanya.
Saya yang membawakan materi “Teknik Penulisan Berita” pada Sabtu pagi itu, tentu saja merasa sangat senang. Bukan karena merasa “paling gagah” di antara ibu-ibu, melainkan karena  melihat semangat mereka belajar jurnalistik.
Mereka mengikuti materi dengan penuh perhatian, mereka bertanya, mereka meminta diperlihatkan contoh penulisan berita, dan juga meminta diperlihatkan cara memasukkan beita dan foto ke dalam website.
Tentu saja materi yang bawakan benar-benar harus berangkat dari materi dasar yakni pengertian berita, kriteria berita yang baik, sumber berita, unsur-unsur atau rumus berita, konstruksi berita, serta teknik penulisan berita, yang dilanjutkan dengan praktek menulis berita.
Maka durasi waktu dua jam untuk materi “Teknik Penulisan Berita” pun terasa begitu singkat. Sebagian peserta bahkan masih asyik praktek menulis berita ketika saya mengakhiri materi dan pamit untuk pulang.
Ketua LPPA Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sulsel, Dr Mahmudah MHum, mengatakan, para peserta diharapkan mampu menulis berita dan juga mahir memasukkan berita ke dalam website Aisyiyah, karena Aisyiyah sudah memiliki website utama (www.aisyiyah.or.id) yang sub-domainnya ada pada tingkatan kepemimpinan pusat (Pimpinan Pusat), wilayah (Pimpinan Wilayah), hingga daerah (Pimpinan Daerah).
Perempuan berkacamata yang sehari-hari merupakan dosen Universitas Negeri Makassar (UNM) berharap, setelah mengikuti pelatihan tersebut, para pengurus Aisyiyah Sulsel dan pengurus Aisyiyah kabupaten dan kota se-Sulsel dapat lebih bergairah meramaikan pemberitaan di website masing-masing. (Asnawin Aminuddin, Pemred Majalah PEDOMAN KARYA / Wakil Ketua Majelis Pustaka dan Informasi Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply