iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » » Pasar Cekkeng, Pasar Rakyat di Kampungku


Asnawin Aminuddin 10:59 PM 0


PASAR CEKKENG yang terletak di pinggir pantai kota Bulukumba, awalnya hanya pasar pagi dan para pedagang hanya jongkok di pinggir jalan raya untuk menjajakan jualannya, tapi sekarang sudah jadi pasar resmi dan sangat ramai. (Foto: Emir Faisal Amjar)




----
PEDOMAN KARYA
Ahad, 17 Juni 2018

Pasar Cekkeng, Pasar Rakyat di Kampungku


Jaman old para penjual menggelar dagangannya dengan pola duduk bertinggung (CEKKENG) dengan cara menekuk kedua lutut dan menjadikan telapak kaki sebagai tumpuan, sehingga posisi bokong hampir menyentuh tanah, makanya disebut sebagai Pasar Cekkeng.

Mereka jongkok berjejer di pinggir jalanjraya sambil menjajakan dagangannya berupa kue-kue, pisang, ubi, dan sayur-sayuran.

Tapi itu dulu. Saat ini hanya terlihat satu dua pedagang yang duduk bertinggung, karena lapak-lapak mereka sudah dilengkapi dengan kursi dan meja atau lemari dagangan sebagai bentuk kemajuan peradaban.

Walau begitu, nuansa tradisional di Pasar Cekkeng ini masih sangat kental, dan para pedagang dan pengelola parkiran sangat ramah.

Ini menunjukkan bahwa masyarakat Bulukumba adalah masyarakat yang pemurah dan berbudi pekerti baik, khiyarukum ahaasinukum akhlaqa.

Bukukumba, 3 Syawal 1439 H

Emir Faisal Amjar

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply