iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » » » » Obor Api Asian Games “Malam Minggu” di Bulukumba


Pedoman Karya 11:44 PM 0


OBOR ASIAN GAMES. Obor api Asian Games (Torch Relay) akan ber-Malam Minggu, di Bulukumba, Sabtu, 28 Juli 2018. Daerah berjuluk “butta panrita lopi” terpilih sebagai salah daerah yang dilintasi parade Torch Relay Asian Games ke-18 atau relay obor api Asian Games ke-18 Jakarta-Palembang Tahun 2018. Inzet: Ali Saleng, Kepala Dinas Pariwisata Bulukumba.



------- 
Rabu, 25 Juli 2018



Obor Api Asian Games “Malam Minggu” di Bulukumba


-          Hadirkan Band Naff dari Jakarta
-          Bakar-bakar Ikan Sambil Nonton


BULUKUMBA, (PEDOMAN KARYA). Obor api Asian Games (Torch Relay) akan ber-Malam Minggu, di Bulukumba, Sabtu, 28 Juli 2018. Daerah berjuluk “butta panrita lopi” terpilih sebagai salah daerah yang dilintasi parade Torch Relay Asian Games ke-18 atau relay obor api Asian Games ke-18 jakarta-Palembang Tahun 2018 .
Kepala Dinas Pariwisata Bulukumba, Ali Saleng, kepada “Pedoman Karya”, Rabu, 25 Juli 2018, mengatakan, obor api Asian Games ke-18 akan dijemput di perbatasan Bantaeng-Bulukumba, kemudian diarak oleh komunitas mobil dan motor menuju Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Bontobahari.
“Masyarakat dan para pelajar akan menyambut arak-arakan obor api Asian Games tersebut di sepanjang jalan menuju PPI Bontobahari,” kata Ali Saleng.
Di PPI Bontobahari, rombongan akan disambut tarian adat, kemudian naik ke sebuah perahu Pinisi dan kemudian berlayar menuju Pantai Tanjung Bira.
Dinas Pariwisata Kabupaten Bulukumba, katanya, telah menyiapkan tiga buah perahu Pinisi yang akan mengantar rombongan Torch Relay. Selain itu Pinisi akan dikawal dengan 45 kapal lainnya yang berbobot 25 GT sampai 45 GT.
“Jumlah 45 kapal itu merupakan simbol dari jumlah negara peserta Asian Games. Setiap kapal akan dihias dan menampilkan bendera masing-masing negara,” jelas Ali Saleng.

Musik dan Bakar-bakar Ikan

Menyambut para tamu yang mengawal obor api Asian Games, kata Ali, pihaknya akan membuat acara bakar-bakar ikan dan makan bersama, sambil menikmati hiburan tari kolosal dari para penari sejumlah sanggar tari yang ada di Bulukumba.
“Acara akan ditutup dengan penampilan penyanyi band Naff dari Jakarta. Hiburan musik band Naff akan menjadi acara pamungkas pada malam Minggu nanti,” kata Ali Saleng.

Ajang Promosi Wisata

Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto, secara terpisah mengatakan dirinya berharap momentum ini menjadi ajang promosi untuk daya tarik pariwisata Kabupaten Bulukumba di mata internasional.
“Belum tentu ke depan Bulukumba mendapatkan kesempatan langka seperti ini menjadi titik parade Obor Api Asian Games, sehingga saya meminta semua pihak saling mendukung dan bahu membahu menyukseskan kegiatan ini,” kata Tomy.
Tomy pun telah meminta agar jalanan pada setiap kecamatan yang akan dilintasi oleh Kirab Obor Asian Games, agar dipasangi umbul-umbul, baliho dan banner.
“Itu kami lakukan agar masyarakat merasakan demam Asian Games,” kata Tomy.

Naik Kapal Perang ke Makassar

Setelah be-malam Minggu di Pantai Bira Bulukumba, obor api Asian Games akan dibawa kembali ke Makassar, Ahad, 29 Juli 2018. Di Kota Daeng, sebutan khas untuk Kota Makassar, kirab Obor akan dibawa ke dua tempat, yakni di Lantamal VI, dan di Pantai Losari untuk menjalani berbagai prosesi adat istiadat.
“Makassar dikenal sebagai kota wisata pantai. Jadi, prosesi pawai obor Asian Games 2018 diawali dengan upacara adat Makassar di dermaga Lantamal dan anjungan Pantai Losari,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar, Achmad Hendra Hakamuddin.
Setelah itu, Parade Obor Asian Games itu akan dibawa untuk berkeliling Kota Makassar dan melintasi sejumlah jalan arteri di ibukota Provinsi Sulawesi Selatan itu.
Ada 10 mantan atlet berprestasi Sulawesi Selatan yang mendapat kehormatan mengawal Api Obor ini. Mereka adalah Malik Faisal (mantan atlet layar), Andi Pallawarukka (mantan atlet sepak takraw), Kusuma Wardhani dan Suherman (mantan atlet panahan), Hendro Salim dan Arif Taufan (mantan atlet karate), serta Haerullah dan Isnawati Idar (mantan atlet anggar).
“Arak-arakan Api Obor Asian Games akan berhenti sejenak di Lapangan Hasanuddin, dan selanjutnya akan dibawa berlari oleh Walikota Makassar, Bapak Danny Pomanto, menuju rumah jabatan Gubernur Sulsel. Di sana, api obor akan diterima Penjabat Gubernur Sulsel, Bapak Soni Sumarsono. Kemudian api obor Asian Games akan diinapkan semalam di rumah jabatan Gubernur Sulsel,” tutur Hendra. (lom)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply