iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » » » Gelar KKN Tematik di Gowa, Unismuh Gandeng BKKBN Sulsel


Pedoman Karya 7:54 AM 0


KKN TEMATIK. Rektor Unismuh Dr Abdul Rahman Rahim (kedua dari kanan), foto bersama Kabid Pengendalian Penduduk Drs Djalaluddin Abdullah (paling kiri), Ketua LP3M Unismuh Dr H Abubakar Idhan (paling kanan), serta dua perwakilan mahasiswa KKN Novia Sasmita (kedua dari kiri), dan Nur Sandi Marsuni. (Foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)



------
Jumat, 03 Agustus 2018


Gelar KKN Tematik di Gowa, Unismuh Gandeng BKKBN Sulsel 


MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggandeng Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Sulawesi Selatan dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik, di Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa.

“Kami terus-menerus melakukan inovasi dalam pelaksanaan KKN dan kali ini Unismuh Makassar menggandeng BKKBN Sulsel untuk pelaksanaan KKN Tematik di Kabupaten Gowa,” kata Rektor Unismuh Makassar Dr H Abdul Rahman Rahim.

Hal tersebut ia sampaikan saat memberikan kata sambutan pada acara pelepasan Mahasiswa KKN Tematik Unismuh Makassar, di Aula Lantai 2 Menara Iqra Kampus Unismuh, Jl Sultan Alauddin 259, Makassar, Jumat, 03 Agustus 2018.

Sesuai tema yang diusung pada KKN Tematik kali ini, Rektor Unismuh berharap mahasiswa Unismuh Makassar mensosialisasikan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga.

“Sebagai mahasiswa Unismuh Makassar, adik-adik juga diharapkan selalu menjaga nilai-nilai Al-Islam dan ke-Muhammadiyah-an, antara lain dengan selalu melaksanakan shalat wajib lima waktu di masjid atau mushallah selama berada di lokasi KKN,” kata Rahman Rahim.

Harapan yang sama dikemukakan Kepala Perwakilan BKKBN Sulsel yang diwakili Kabid Pengendalian Penduduk Drs Djalaluddin Abdullah MM.

“Peningkatan peran mahasiswa KKN dalam mensosialisasikan Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga, akan memberikan manfaat ganda, yaitu bagi mahasiswa sendiri menjadi lebih memahami isu kependudukan, serta bagi masyarakat di lokasi KKN yang mendapatkan penjelasan dari mahasiswa KKN,” tutur Djalaluddin.

Kampung KB 

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP3M) Unismuh Makassar, Dr H Abubakar Idhan, mengatakan, pelaksanaan KKN Tematik baru pertama kali diadakan oleh Unismuh Makassar.

“Untuk pelaksanaan KKN tematik yang pertama ini, Unismuh Makassar menggandeng BKKBN Sulel yang merupakan tindak-lanjut dari perjanjian kerjasama yang telah ditandatangani kedua pihak,”  jelas Abubakar.

Dia mengatakan, Unismuh Makassar memilih Kecamatan Bajeng untuk pelaksanaan KKN Tematik bekerjasama dengan BKKBN Sulsel, karena di Kecamatan Bajeng terdapat Kampung KB.

Selain itu, lanjutnya, Kecamatan Bajeng merupakan salah satu daerah yang menjadi wilayah binaan persyarikatan Muhammadiyah

“Jumlah mahasiswa yang mengikuti program KKN Tematik di Kecamatan Bajeng yaitu sebanyak 136 orang dan mereka akan berada di lokasi KKN selama satu bulan penuh,” papar Abubakar, seraya menambahkan bahwa ke-136 mahasiswa tersebut berasal dari tiga fakultas, yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), dan Fakultas Pertanian.

Acara pelepasan mahasiswa KKN Tematik ditandai dengan pemasangan baju rompi KKN kepada perwakilan mahasiswa KKN, atas nama Novia Sasmita (mahasiswa Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis), dan Nur Sandi Marsuni (mahasiswa Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis).

Turut hadir pada acara tersebut, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unismuh Makassar Erwin Akib PhD, Kepala Bidang Pengabdian pada Masyarakat LP3M Unismuh Dr H Idham Halid, Sekretaris Bidang Pengabdian pada Masyarakat LP3M Unismuh Dr Muhammad Yunus, dan Sekretaris Bidang HAKI LP3M Unismuh Dr H Munir Kondongan. (zak)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply