iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » » » BJ Habibie Orang Gorontalo atau Orang Parepare?


Asnawin Aminuddin 11:17 PM 0


Mana yang benar? BJ Habibie orang Gorontalo atau orang Parepare? Orang Gorontalo menganggap bahkan mengklaim BJ Habibie sebagai orang Gorontalo, karena nama Habibie sangat identik dengan orang Gorontalo. Di sisi lain, orang Sulawesi Selatan, khususnya Kota Parepare juga menganggap BJ Habibie sebagai orang Parepare, karena BJ Habibie memang lahir di Parepare, pada 25 Juni 1936.





------
PEDOMAN KARYA
Kamis, 12 September 2019


BJ Habibie dalam Kenangan (2):


BJ Habibie Orang Gorontalo atau Orang Parepare?



Oleh: Asnawin Aminuddin
(Wartawan Majalah PEDOMAN KARYA)

Baharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie oleh orang Gorontalo dianggap sebagai orang Gorontalo, sementara orang Parepare, BJ Habibie juga dianggap sebagai orang Parepare, Sulawesi Selatan.

Mana yang benar? BJ Habibie orang Gorontalo atau orang Parepare? Orang Gorontalo menganggap bahkan mengklaim BJ Habibie sebagai orang Gorontalo, karena nama Habibie sangat identik dengan orang Gorontalo.

Gubernur Gorontalo saat ini bahkan juga bernama Habibie, tepatnya Rusli Habibie, dan ia tak lain adalah kemenakan dari BJ Habibie. Rusli Habibie pernah menjadi Bupati Gorontalo Utara satu periode (2008–2012), dan kemudian menjadi Gubernur Gorontalo dua periode (2012–2017, dan 2017–2022).

Ayah BJ Habibie bernama Alwi Abdul Jalil Habibie. Ia berprofesi sebagai ahli pertanian dan memang berasal dari Gorontalo, dari etnis Gorontalo, sedangkan ibunya, RA Tuti Marini Puspowardojo berasal etnis Jawa.

Alwi Abdul Jalil Habibie memiliki marga Habibie, salah satu marga asli dalam struktur sosial Pohala'a (Kerajaan dan Kekeluargaan) di Gorontalo, sedangkan RA Tuti Marini Puspowardojo adalah anak seorang dokter spesialis mata di Yogyakarta.

Marga Habibie dicatat secara historis berasal dari wilayah Kabila, sebuah daerah di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. Dari silsilah keluarga, kakek dari BJ Habibie merupakan seorang pemuka agama, anggota majelis peradilan agama, serta salah satu pemangku adat Gorontalo yang tersohor pada saat itu.

Keluarga besar Habibie di Gorontalo terkenal gemar beternak sapi, memiliki kuda dalam jumlah yang banyak, serta memiliki perkebunan kopi. Sewaktu kecil, BJ Habibie yang menetap di Parepare bersama kedua orangtuanya, pernah berkunjung ke Gorontalo untuk mengikuti proses khitanan dan upacara adat yang dilakukan sesuai syariat Islam dan adat istiadat Gorontalo.

Pemerintah Provinsi Gorontalo saat ini telah menginisiasi dibangunnya Monumen B.J. Habibie, di depan pintu gerbang utama Bandar Udara Djalaluddin, di Kabupaten Gorontalo.

Selain itu, masyarakat Provinsi Gorontalo pun sempat mengusulkan nama B.J. Habibie digunakan sebagai nama universitas negeri setempat, menggantikan nama Universitas Negeri Gorontalo yang masih digunakan saat tulisan ini dibuat.

Monumen Cinta Sejati

Di sisi lain, orang Sulawesi Selatan, khususnya Kota Parepare juga menganggap BJ Habibie sebagai orang Parepare, karena BJ Habibie memang lahir di Parepare, pada 25 Juni 1936.

Pemerintah Kota Parepare bahkan sudah lama memajang di Pintu Gerbang Kota Parepare dengan huruf kapital sebuah tulisan, yakni “Selamat Datang Kota Parepare, Di Kota ini Lahir Pemimpin Bangsa Presiden RI ke III, Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie.”

Untuk mengenang jasa-jasa BJ Habibie, Pemerintah Kota Parepare pun berencana menjadikan rumah kelahiran Habibie menjadi sebuah museum. Habibie lahir di kota tersebut saat ayahnya berdinas di Parepare sebagai seorang pakar pertanian.

Jalan yang menjadi lokasi rumah dinas itu juga sudah diganti namanya menggunakan nama ayah dari Habibie yakni, Jalan Alwi Abdul Jalil Habibie. Sang ayah meninggal dunia saat BJ Habibie berusia 14 tahun.

Pada 12 Mei 2015, juga sudah diresmikan sebuah patung BJ Habibie bersama isterinya, Hasri Ainun Besari, yang diberi nama Monumen Cinta Sejati. Monumen Cinta Sejati itu dibuat untuk mengenang cinta Bacharuddin Jusuf Habibie kepada istrinya, Hasri Ainun Besari, dan untuk menginspirasi warga Parepare.

Selain itu, Monumen Cinta sejati Ainun Habibie juga merupakan kado ulang tahun pernikahan BJ Habibie dan Hasri Ainun. BJ Habibie dan Hasri Ainun Besari menikah pada 12 Mei 1962, di Rangga Malela, Bandung.

Jadi, mana yang benar, BJ Habibie orang Gorontalo atau orang Parepare. Melihat latar belakang keluarganya, ternyata dua-duanya benar, karena ayah BJ Habibie memang berasal dari Gorontalo, dan BJ Habibie lahir di Parepare. Dengan demikian, tidak penting diperdebatkan, apakah BJ Habibie orang Gorontalo atau orang Parepare. (bersambung)

Keterangan:
- Artikel ini diramu dari berbagai sumber, antara lain wikipedia.com.

-------
Artikel terkait:

Tokoh Langka, BJ Habibie Pernah Menjabat Wapres Lalu Jadi Presiden

Baca juga:

Kepergian Seorang Pemimpin, Kerap Diiringi Kesedihan

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply