Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » » Unibos Makassar Peringkat 60 UI GreenMetric World University


Asnawin Aminuddin 7:48 AM 0

 

Jumat, 11 Desember 2020

 

Unibos Makassar Peringkat 60 UI GreenMetric World University

 

-         Unhas Peringkat ke-2, Umpar Peringkat ke-67, dan Uncokro Palopo Peringkat 88

 

Uncokro Palopo 88 1025

89 pt

GreenMetrik

UNIBOS MASUK 60 BESAR SEBAGAI GREEN METRIC WORLD UNIVERSITY

 

Universitas Bosowa kembali menunjukan perkembangannya. Kali ini Tim Universitas Bosowa (Unibos) masuk 60 besar UI Green Metric World University 2020 sebagai kampus paling berkelanjutan. 

 

Kegiatan yang diselenggarakan Universitas Indonesia mengundang perguruan Tinggi Se-Indonesia untuk berpartisipasi dan diminta memberikan data numerik tentang sejumlah kriteria yang dapat memberikan gambaran tentang komitmennya terhadap penghijauan kampus serta sejauh mana menerapkan kebijakan ramah lingkungan yang mendukung kempus  keberlanjutan.

 

Kriteria tersebut mencakup informasi dasar seperti ukuran universitas, baik secara spasial maupun dari segi jumlah penduduk, lokasi kampus dan luas ruang hijau, dan juga informasi terkait penggunaan energi, transportasi, penggunaan air, serta pengolahan limbah.

 

Selain itu, upaya-upaya yang dilakukan oleh institusi tersebut menuju penetapan kebijakan Green Campus.

 

Ir. Rahmawati Rahman, M.Si selaku koordinator tim Green Campus Unibos menyampaikan beberapa upaya yang telah dilakukan Unibos untuk menciptakan kampus berkelanjutan.

 

"di antaranya mengimplentasikan Zero Waste, kampus bebas rokok dan kampus bebas sampah plastik. Selain itu kami juga bekerjasama Bosowa Peduli untuk mendirikan sekolah sampah yang mengedukasi masyarakat terkait pemilahan dan pengelolaan sampah” ungkap Ketua Tim Green Campus Unibos.

 

“Yayasan Aksa Mahmud juga sangat mendukung program-progam green kampus Unibos, ketua yayasan Melinda Aksa juga selalu turut andil dalam implementasinya dikampus.” tambahnya.

 

------

 

UI GreenMetric World University Rankings 2020 telah merilis daftar Kampus Berkelanjutan baik di peringkat dunia maupun Indonesia. Pengumuman UI GreenMetric World University Rankings 2020 dilakukan secara virtual pada hari Senin (7/12/2020) di kampus Universitas Indonesia (UI) Depok, Jawa Barat. Penilaian UI GreenMetric 2020 dilandasi atas tiga pilar, yakni Lingkungan hidup, Ekonomi, dan sosial dengan bobot indikator penilaian yang terdiri atas Keadaan dan Infrastruktur Kampus (15 persen), Energi dan Perubahan Iklim (21 persen), Pengelolaan Sampah (18 persen), Penggunaan Air (10 persen), Transportasi (18 persen), serta Pendidikan dan Riset (18 persen). Baca juga: 4 Kampus Jurusan Komunikasi Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2021 UI GreenMetric merupakan inovasi UI yang telah dikenal luas di dunia internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus. Kini, UI GreenMetric of World Universities semakin mendunia dan semakin banyak diikuti oleh perguruan tinggi di berbagai negara. Pada tahun 2020, jumlah peserta mencapai 912 universitas dari 84 negara di dunia, bertambah dari sebelumnya (2019) sebanyak 780 Perguruan Tinggi dari 85 negara. Di Indonesia, terdapat 88 Perguruan Tinggi yang telah berpartisipasi dalam UI GreenMetric. Baca juga: 5 Kampus Jurusan Ilmu Komputer Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2021 Daftar kampus terhijau Indonesia Rektor UI Prof. Ari Kuncoro menyampaikan, tahun ini kita mengalami disrupsi dalam kehidupan normal kita dengan adanya pandemi COVID-19. Selama 10 bulan, lanjut dia, kita banyak belajar tentang pandemi ini dan betapa pentingnya hidup di lingkungan yang bersih, sehat dan lestari. "Di sisi lain, pandemi ini juga memberikan kita kesempatan untuk merefleksikan dan mendefinisikan ulang cara kita mengelola perguruan tinggi serta dampak kegiatan kampus kita bagi lingkungan hidup, sosial dan ekonomi masyarakat di sekitar kita, dan di Indonesia," paparnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (12/8/2020). Baca juga: 4 Kampus Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2021 UI GreenMetric World University Rankings Network juga menunjukkan bahwa kolaborasi, saling belajar, berbagi dan bekerja sama secara nasional maupun global mampu mewujudkan kampus yang lebih lestari dan keberlanjutan lingkungan.” Berikut daftar kampus terhijau Indonesia versi UI GreenMetric 2020: 1. Universitas Indonesia. 2. Universitas Diponegoro. 3. Universitas Gadjah Mada. 4. IPB University. 5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Baca juga: Lowongan Kerja BCA Desember 2020 untuk Lulusan D3-S1 6. Universitas Negeri Semarang. 7. Universitas Sebelas Maret. 8. Universitas Islam Indonesia. 9. Universitas Telkom. 10. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "10 Kampus Terhijau di Indonesia Versi UI GreenMetric 2020", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/edu/read/2020/12/08/201231171/10-kampus-terhijau-di-indonesia-versi-ui-greenmetric-2020?page=all.

Penulis : Ayunda Pininta Kasih

Editor : Ayunda Pininta Kasih

 

--------

UI 1 8150

Unhas 29 5775

Unibos 60 3700

Umpar 67 2900

Uncokro Palopo 88 1025

89 pt

 

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply